Sunday, June 04, 2006

Ngomong Dong, Say!

Masih cerita tentang Ikel dengan kesulitannya menyampaikan pikirannya lewat kalimat.
Sering gw gemes, gara-gara Ikel susah banget nemu kata-kata terus nangis atau teriak-teriak nggak jelas. Marah-marah gitu.
Sering juga akhirnya gw ketawa gara-gara pelampiasan Ikel kalau udah gitu ya nyanyi.
Jarang-jarang kan liat orang yang begitu nangis malah nyanyi ABCD, ba ba black sheep, mary had a little lamb..dsb dsb..
Begitu marah juga dia teriak tapi yang diomonginnya malah teks lagu..hujan rintik-rintik air bergelombang!


Kemaren juga gitu..ceritanya dia kejedug, tapi nggak ada yang liat. Tau-tau dia nangis keras megangin mukanya.
Ditanya kenapa dia cuma nangis sambil ngusap-ngusap muka. Oooh..kejedug, gw bilang sambil gw tiupin. Nangisnya malah makin keras. Kenapa sih? Gw tanya lagi.
Akhirnya dia berdiri, ngedeketin kursi pinky gw terus buka mulut and ngedeketin giginya ke pinggir kursi. Terus nangis semakin keras.
Ooooo! Gw baru ngerti..yang kejedug giginya toh! Gw buka mulutnya terus pegang giginya, malah digigit keras banget sampe berbekas. Terus dia berdiri lagi, sekali lagi meragain..tapi sekarang yang kena pinggir kursi idungnya. Lho?? Jadi yang bener idung toh? Tadi deketin gigi maksudnya apa?? Ya udah gw tiup2 aja idungnya. Baru mereda nangisnya.
Gemes deh..dia bisa bilang sakit, tapi kok susah banget buat bilang kena idung gitu..Sampai mesti meragain segala.
Tapi liat sisi positifnya, ini kemajuan juga dia mau bersusah payah meragain..biasanya nangis aja.
Gw amatin akhir2 ini dia lebih ekspresif. Udah lebih sering minta pake kata-kata biar cuma satu kata. Raisin! Juice! Dock! Bingung kan dock tuh apa..gw aja bingung. Dog? Gw tanya..bukan juga. Ternyata maksudnya knock! Knock the door!

Beberapa hari lalu Ikel bikin kejutan juga. Ceritanya lagi main game di komputer, tujuan gamenya sebenernya cuma ngenalin vocabulary. Gw yang nunjukin gambarnya terus Ikel sebutin namanya. Tapi sebenernya ada pilihan bergandanya di sebelah, cuma nggak gw bacain.
Begitu gw keluarin gambar spider web, Ikel malah teriak umbrella! Lah..kok? Ternyata..pilihan bergandanya a. umbrella! Ya ampun, ternyata dia malah baca kemana-mana. Terus violin! Which is pilihan b. Ternyata dia udah bisa baca yang sering dia liat. Gw coba lagi, ternyata dia udah hafal wall, apple, orange..yang dasar2 gitu. Weleh..dulu gw nggak setuju metode Glenn Domann karena gw pikir terlalu nimbunin otak anak sama kata2. Tapi buat anak visual spatial learner ternyata it's a good way to learn reading.

Skarang gw lagi coba namatin The Child with Special Needs-nya Greenspan. Bukunya baguuus banget. Cuma tebel banget juga, and mesti masuk otak nih..hehe..jadi nggak bisa baca pake kecepatan gw baca novel deh. Tapi gw udah mulai nyoba metode floor timenya. Kayanya floor time 1 bisa dilewat karena intimacy sih Ikel nggak ada masalah.
Tapi bener..lebih gampang bacanya daripada ngelakuinnya. Butuh ekstra sabar bo! Coba, nemenin Ikel maen mobil. Gw tabrak mobilnya Ikel cuma ngeliat gw dengan bete gitu, terus ngebalik..gitu terus sampai akhirnya dia bosen dulu terus keluar kamar. Gw ikutin terus, join dia maen apapun. Susah bener buat bikin dia protes dengan kata-kata gitu. Sabaaar..sabar..
Kemarin ada my lovely hubby seneng banget, bisa gantian ngajak maen dua arahnya. And Ikel seneng banget diajak maen yang ngelibatin physical activity gitu. Dia lebih ekspresif. Kalau gw sih..gak kuat, disuruh ngangkat2 Ikel..weh..
Sayang my hubby udah mesti balik lagi ke Shanghai. Ketemu lagi akhir bulan nanti..:-((






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]