Wednesday, May 24, 2006

Ocehan Supir Taksi

Pertama2, buat Echi & Donna, Iya lagi compile posting tentang therapinya Ikel..sabar yah.

Gw pernah baca di Reader's Digest, tulisan seorang penumpang yang sering banget dikuliahin supir taksi. Waktu itu gw ketawa bacanya, karena emang lucu dan karena gw juga sering mengalami hal yang sama. Setiap naik taksi agak jauh dikit, nggak di Singapur nggak di Jakarta, akhirnya pasti ngobrol ngalor-ngidul sama supirnya. Eh, di KL ini sama juga. Dan biasanya obrolannya klise.


Di SG dan di KL, supir taksi begitu tahu kita orang Indonesia biasanya langsung nyerocos tentang pemerintahan Indonesia yang begini-begitu. Korup lah, beginilah begitulah. Di KL ini pake plus, mereka juga ngomongin pemerintahan mereka yang katanya sami mawon. Entah udah berapa taksi yang gw naikin disini curhatnya sama, ketidakpuasan dengan pemerintah sini. Mereka compare sama Singapur. Klise kan? Di Jakarta yang nggak puas compare ke negara lain, Malaysia misalnya. Nah di Malaysia juga ternyata banyak yang nggak puas dan compare ke yang lebih maju. Itu sih pada dasarnya emang sifat manusia aja yang nggak pernah merasa puas kali ya?
Satu kali gw pernah naik taksi disini yang supirnya wiser. Dia juga sama aja sih, ngomongin kejelekan pemerintah sini pemerintah sana. Tapi terus dia juga bilang setiap pemerintahan punya masalah masing-masing. Indonesia yang terlalu besar dan terlalu banyak penduduknya misalnya. Dia open mind, dan gw lebih suka berdiskusi dengan orang macam ini.

Dan seperti gw pernah post sebelumnya, gw punya riwayat pertemanan juga sama supir taksi..hehe. Sopir taksi luar biasa yang mengakui gw like his own daughter waktu di Chicago, juga sopir taksi ramah yang offer his limo for budgeted price kapanpun gw telepon waktu di SG, bikin gw selalu hormat sama supir taksi.
Tapi tadi gw ketemu supir taksi yang bikin gw bete!!

Dia memang baik, ngasih tau jalan tercepet dari sekolah Ikel sampai rumah. Tapi bener-bener nggak bisa diajak bicara with open mind.
Pertama dia attack keputusan gw bawa Ikel sekolah di usia dini. Ngapain bawa-bawa dia sekolah sekarang, nanti dia bosen, males sekolah. Gw jelasin that's why gw juga pilih sekolah nggak begitu aja. Gw cari yang model belajar lewat bermain, kaya montessori.
Dia masih keukeuh dan state hal yang sama, dia pasti bosen nanti pas besar. Fed up. Buang-buang duit segala lagi.
Gw bilangin lagi, sekolah cuma tiga jam. Lagipula dia suka sekolah. Dia perlu temen.
Dia terus keukeuh dan maksa gw menyetujui pendapat dia. Gw coba sabar dan kepaksa ngomong bahwa Ikel perlu sekolah. Dia telat bicara dan salah satu bentuk terapi adalah masukin dia ke sekolah, karena cara bicara orang besar berbeda dengan anak kecil.
Nah..udah gitu dia tiba-tiba nyerang persoalan pribadi gw. Dia nanya, emang kamu kerja? Ngga kan? Ngapain kamu di rumah? Mending juga ajarin anak kamu jadi anak baik, ajarin ini itu, ajarin bicara. Aduh, bete banget gw. Badan gw lagi cape banget, lagi mumet, diomongin gitu lagi. Emang bawa anak sekolah itu nggak butuh pengorbanan apa? Jelas aja gw jadi ikutan nyolot. Gw bilang, dia di rumah sepulang sekolah sampai paginya lagi n of course I teach him! Tapi gw nggak bisa provide temen!
Diomongin gitu dia tetep nggak berusaha menghargai pendapat gw, dia bilang temen sih ntar juga di tadika (kindergarten) ada. Iiiih...gemes banget. Kan tadi udah gw bilang gw pengen nyediain temen buat bagian terapi dia supaya cepet bicara, kalau nunggu tadika berarti gw mesti nunggu dua taun lagi? Akhirnya gw cape sendiri. Ngelayanin orang yang nggak bisa open mind sama pendapat orang lain bisa jadi perang tanpa akhir. Daripada gw bete nggak perlu mendingan gw diem aja lah.

Setiap orang punya pandangan masing-masing dan walaupun nggak perlu kita menerima apa yang dipandang orang benar sebagai benar, at least hargailah pandangan orang lain. Orang lain juga punya akal dan hati buat menentukan yang terbaik buat dirinya.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]