Sunday, August 28, 2005

Sedihnya Kehilangan Penyeimbang

Gw dan suami dalam banyak hal berbeda 180 derajat. Gw tumbuh dalam keluarga yang ribut, maklum aja ada empat anak perempuan yang semuanya cerewet. Gw n adik-adik biasa ngumpul, bercanda ngakak sampai berantem seru. Kalo udah ngomong timpal-timpalan, gimana nggak rame? Temen adek gw malah pernah iseng ngitung pake stop watch berapa lama adek gue ngomong tanpa berhenti. Adek gue seenaknya berkilah ama temen-temennya.."Gue segini nggak ada apa-apanya dibanding kakak gue!". Sembarangan banget!

Suami gue sebaliknya. Nggak banyak omong. Rumahnya sepi. Sama saudara-saudaranya nggak pernah teriak-teriakan kaya gw sama adik-adik gw. Awal-awal suami gw sempet bingung liat kok rumah gue rame banget. Keluarga gw jg bingung, katanya suami gw ngomongnya setaun sekali (hiperbola banget nggak sih?).
Gw anak sulung, biasa ngatur, nggak mau ngalah, sering bertindak kayak diktator. Tapi karena anak sulung gw juga biasa ngasuh, biasa jadi tempat curhat dan biasa ngadepin masalah-masalah ajaib. Waktu kuliah gw sering banget disuruh ke sekolah adek gw gara2 kelakuannya yang aneh-aneh (Siapa yang pernah dipanggil ke sekolah gara2 adeknya pake bra warna-warni tanpa kaos dalem??).
Suami gue lagi-lagi sebaliknya. Anak bungsu. Manja..suka ngerajuk..hihi.

Tapi justru karena beda banget itu gw ngerasa damai. Rasanya..jadi komplit. Coba kalau gw yang sering nggak mau kalah and ngotot ini dikasih yang setipe, bisa perang lokal terus dah.
Lucunya, banyak hal yang jadi terbalik. Gw yang keras bisa jadi manja di depan suami. Suami yg anak bungsu bisa jadi pengayom and selalu bantu gue nyelesein masalah.
Dalam soal mengurus anak, jadi aneh juga. Gw yang galak jadi pengalah banget. Suami malah lebih bisa bersikap tegas dan rasional. Gw nggak tahan banget kalo mesti marahin anak.
Sekarang ini, terpisah sama suami, gw sering kebingungan juga. Ternyata gw udah addicted banget to his advices. Gw juga agak kesulitan ngadapin anak karena susahnya buat marah. Tadi misalnya, Ikel nggak bisa diem banget. Guling-gulingan sampai akhirnya nyeruduk mata Mamanya sampai sakitnya nggak ketulungan, padahal sebelumnya udah dilarang jangan terlalu heboh. Gw marahin sebentar, gw bilang, "Berhenti loncat-loncatnya!Mama sakit, jadi Mama marah. Mama nggak mau peluk Ikel lagi." Terus gw ngebalik. Ikel langsung diem, tapi terus bolak-balik gelisah. Matanya ngeliatin gw takut-takut, tapi nggak berani ngedeketin. Asli, gw nggak tahan. Mukanya udah guilty banget. Akhirnya gw acak-acak rambutnya,"Ya udah Ikel sayang, anak baek..jangan gitu lagi ya? Sini sama Mama."
Ikel langsung loncat ke pelukan gw. Semua itu hanya dalam durasi sekitar lima menit. Kalo ada suami, pasti suami yang marah kalau gw sampai hurt gara2 Ikel maen terlalu heboh. Sayangnya ya itu..gw selalu gak tahan, pasti baru bentar jg udah gw belain lagi. Padahal gw suka protes kalo mama gw ngebelain adik gw yang salah. Kenapa susah ya buat gw lakukan sendiri? Beneran, berteori itu gampang..prakteknya yang susah.

Gara-gara kejadian tadi itu gw semakin ngerasa sedih jauh sama suami. Kaya ada yang ilang dari diri gw. Semakin sedih kalau inget gimana antusiasnya Ikel kalo liat cowok dewasa. Kakeknya, oomnya..sampai temen-temen adik gw. Gw tau dia lagi butuh figur seorang ayah. Kadang dia suka nyanyi-nyanyi sendiri..Papa, Papa, Papa. Walaupun ada gw yang selalu nemenin Ikel, tapi tetep aja beda. Kalo Ikel lagi pengen maen berantem-beranteman, gw nggak kuat layanin lama..sakit bo! Kadang Ikel naek ke punggung gw kalo gw lagi baring, nyuruh gw jadi mbek. Gw mana kuat?? Atau tiba-tiba ngalungin tangan ke leher gw terus manjat punggung, pengen ditaro di pundak..mana bisa?
Makanya gw nggak sabar nunggu minggu depan. Pengen cepet gabung lagi sama suami..melengkapi diri gw sendiri.
Miss u so.
Read more!


Friday, August 26, 2005

Book comment: P.S. I Love You

Belum baca buku ini? I recommend this one, terutama buat para wanita yang sudah menikah..hehe. Buku ini memang chicklit, yang katanya alurnya segar, ceria. Tapi chicklit yang satu ini sedikit beda, bisa bikin terharu! Ini chicklit pertama yang bikin air mata gw nggak ketahan buat keluar :-P

Ngga salah kalau Warner Brothers mau memfilmkan chicklit ini. I'll watch it of course, pasti bagus.
P.S. I Love You bisa membuat emosi jungkir balik, dari ketawa seru sampai tiba-tiba nangis sedih, maki-maki gemes..dan terpukau takjub. Kekonyolan-kekonyolan yang muncul kerasa wajar karena jadi bagian dalam cerita (kebetulan sebelumnya baru baca satu teenlit yg banyak bab2 yang loncat keluar dari main story).
Buku ini bercerita tentang Holly, seorang wanita yang baru saja ditinggalkan suaminya yang meninggal karena tumor otak. Ternyata suaminya meninggalkan seamplop pesan yang harus dibukanya satu demi satu setiap bulan, dan setiap pesan adalah kejutan baginya. Hidup Holly jadi lebih bergairah, dan suddenly (seperti kata seorang tokoh di bagian akhir) pesan2 suaminya jadi seperti kitab suci baginya.
Yang membuat gw terpukau adalah gambaran emosi Holly. Bagaimana dia menghadapi omongan dan sikap orang-orang, dari yang over-kasihan, sampai yang sinis ketika melihatnya mulai jalan dengan pria lain. Belum ditambah karakter-karakter dalam keluarganya yang berbeda-beda dan teman-teman dekatnya yang sama gilanya.
Salut buat Cecilia Ahern..dari fotonya sang author ini cantik deh.
Beneran deh, sejak baca Ayat-Ayat Cinta gw belum pernah nangis lagi gara2 baca novel..sampai baca yang satu ini.
Kenapa ya? Mungkin karena novel ini bikin gw kangen banget sama suami..hehe.
I miss u my hubby, I'll bring this novel for you.
Read more!


Wednesday, August 24, 2005

Ikel loves singing

I love singing. I always sing while playing with Ikel. Singing nursery rhymes, Indonesian kids songs and even shalawat.
And now I'm amazed with Ikel's singing ability. It doesn't take long time for him to hear one song and recite it. Even his spelling is sometime difficult to understand, but it's quite clear though..and sound cute.

This is his version of Rockebye Baby:
lokebai beibi on de titoooop, wen de win boooow de kedel wilock
wen de bobe de kedel wifol, don kam beibi kedel en ooool..
While the right version should be:
rockebye baby on the tree top, when the wind blow the craddle will rock
when the bough break the craddle will fall, down will come baby craddle and all

This is his version of On Top of Spaghetti (which he always sings when I'm eating noodle):
otop of spahetiiii..ol kavey cisss..
dededede miboooolll..wennanani nis..haaaatsyiiihhh..
While the right version should be:
on top of spaghetti, all covered with cheese
i drop my pour meatball, when somebody sneezed...haaatchii...

This is his version of ABC:
abcdefghijooooop..qrstuv debeyu x y en zi..now ai sing may abc..net taim woyusing wimi..

The funny thing, he always has a way to relate a song with what I say.
For example, I called him..Ayaaang!! And he sang, "Ayah bunda nang amat kutinta, boyehkah kutanyaaa..tapa olang dewasa..makan inum taat puasa."
In another occation, I said "Bangun!" and he sang "Banun ayolah banun..katanya mau banun.."
If I asked him to give something to his grandma.."Give it to Nenek!", he sang.."Nenek cudah tuaaaa..gigina tinggal duaaa!!"

My favorite is if he starts to sing shalawat..alohuma colli ala Mumamat..ya mumamat..ya mumamat..I've told him it should be Muhammad, not Mumamat..but still he can't spell it well :-)

These are songs that he have recited (update for my lovely hubby):
English:
Old Mac Donald, Baa baa black sheep, Twinkle2 Little Star, Rockebye Baby, On Top of Spaghetti, ABC, One Two Buckle My Shoe, Happy Birthday, Head Shoulder Knees and Toes
Indonesian: Topi Saya Bundar, Burung Kakaktua, Naik2 ke Puncak Gunung, Bintang Kecil, Potong Bebek Angsa, Tik tik tik bunyi hujan, Matahari Terbenam (atau Burung Hantu?), Balonku, Satu-Satu, songs from CD Islamic Songs, Nina Bobo (changed to Dede Bobo), what else? I forget..

This version has made me mad:
Tatu tatu aku tayang ayah
Dua dua tuga tayang papa
Tiga tiga tayang kakak-kakak
Tatu dua tiga tayang muanya..

See?? Where did he put his mommy????
Read more!


Pesta Rakyat, Setelah Bertahun-Tahun Tanpa Arti

Waktu gw kecil, libur 17 Agustus selalu gw sambut antusias. Di kompleks tempat gw tinggal, 17-an diisi acara bazaar aneka makanan, lomba-lomba dan pentas seni di malam harinya. Sejak sebulan sebelumnya aneka kejuaran olahraga juga digelar, ada tenis meja, volley ball, bulutangkis dan sepakbola.
Lucunya, setiap tambah tahun acara 17-an semakin nggak ada maknanya di hati gw. Semakin kesini libur 17-an buat gw jadi sekedar tanggal merah. Apalagi pas udah kerja, libur 17-an cuma sekedar libur buat rehat doang.

Tahun lalu gw ngerayain 17 Agustusan di kompleks perumahan gw di Bekasi. Suasana 17-an masih terasa, tapi jauh lebih sepi dibanding waktu di Bandung dulu. Pagi-pagi nemenin anak ikut sepeda santai, malamnya nyanyi-nyanyi. Biasa aja rasanya. Walaupun ada pesta nyanyi-nyanyinya tapi kesan yang tertinggal ya sekedar pesta, bukan pesta kemerdekaan.
Kenapa ya waktu kecil gw selalu nunggu libur 17-an dan sekarang nggak lagi? Apa karena waktu kecil gw sendiri masih bisa ikut aktif di lomba-lomba dan olahraga? Apa karena waktu kecil yang gw lihat di pentas seni adalah orang-orang yang gw kenal? Yang jelas dulu gw masih bisa ngerasain semangat 17-an. Gw masih bisa nyanyi Hari Merdeka with feeling, nggak sekedar nyanyi. Apa orang semakin tua semakin terkikis semangatnya menikmati hari kemerdekaan? Atau apakah buat orang-orang, buat gw khususnya, merdeka atau tidak bukanlah suatu masalah?

That was my theory. Tapi ternyata, saudara-saudara gw yang tinggal di desa masih begitu antusias menyambut 17 Agustus.
Honestly, gw penasaran. Seheboh apa sih 17-an di desa sampai saudara-saudara gw yang udah tinggal di kota pun memutuskan pulang kampung buat 17-an? Terakhir gw nikmatin 17-an di desa adalah waktu SD. Terlalu lama buat diingat. Nothing I remember except my own performance on stage :-D
Tahun ini rupanya gw dikasih kesempatan buat kembali ber17-an di tempat kelahiran mama di Tasik.
Begitu gw dateng di H-1, gw takjub liat tumpukan hadiah yang ternyata disediakan buat peserta jalan santai. Gw juga takjub liat kesibukan orang-orang di dapur yang bener-bener kaya Lebaran. Ternyata di hari H-nya, gw dibikin lebih takjub lagi.
Very early in the morning, orang-orang udah sibuk mondar-mandir. Makanan ringan, sirup dan rujak tersaji di meja-meja. Makanan ringannya juga nggak cuma satu dua macem, gw itung ada kali 7 makanan basah dan macem-macem kripik plus kue kering. Nasi-nasi di kardus siap juga. Eh, masih ditambah hidangan prasmanan di meja makan. Ini 17-an atau Idul Fitri sih?
Terus acara pawai dimulai. Pawai diikuti oleh setiap RT n sekolah..jadi kebayang kan panjangnya tu pawai? Tiap RT saling adu kreatif menampilkan yang terunik di pawainya. Ada yang bikin bajay, ada yang bikin mesjid raksasa, ada yang bikin ojeg raksasa, ada yang bawa ular hidup, ada yang bikin miniatur sawah plus tikus raksasa, ada yang bikin meriam boongan tapi beneran bisa meledak, ada drumband, ada calung..seru banget! Jalanan macet total, sempet deadlock juga gara-gara ada rombongan pawai dari arah sebaliknya dateng.
Udah seru nonton pawai, orang-orang pada siap-siap buat jalan santai. Jalanan penuh merah putih dari training pesertanya.
Abis jalan santai orang-orang pada ngerubungin panggung buat penarikan undian hadiah. Musik kemerdekaan plus dangdut terus mengalun dari panggung. Hadiahnya..jangan salah, biar di desa tapi sponsornya lumayan banyak. Hadiah utamanya kulkas Panasonic 1 pintu. Terus ada juga 2 TV berwarna, sepeda, VCD, dispenser n banyak lagi.
Acara penarikan hadiah selesai sekitar jam 2 siang, terus masing-masing orang pulang ke RTnya masing-masing buat ikut lomba yang digelar terpisah. Malamnya bakal ada pentas seni di tiap daerah. Bener-bener nggak ada abisnya.
Tapi gw bener-bener takjub liat antusiasme orang-orang yang ikut acara. Ini baru yang namanya pesta rakyat. Rakyat yang gembira, yang buat sebentar melupakan masalah-masalah mereka buat menikmati pesta kemerdekaan. Rakyat yang memanfaatkan pawai untuk mencurahkan keluh kesah mereka, soal gagal panen yang dilambangkan dengan miniatur sawah dan tikus, soal langkanya minyak yang dilambangkan dengan miniatur tanki-tanki minyak yang ditulisi sindiran-sindiran.
Gw bahagia banget ngelihat wajah-wajah bahagia di acara 17-an kemarin. Yang gw nggak tau, apakah setelah pesta itu rasa cinta terhadap negeri pun meningkat kembali?
Apakah pesta kemarin hanya sekedar pesta juga?

At least, not for me. Tujuh belasan tahun ini bisa membuat gw berpikir ulang. Membuat gw mensyukuri lagi nikmat yang namanya kemerdekaan. Gw nggak bisa bayangin gimana kalo gw hidup di masa negeri ini belum merdeka. Mungkin gw nggak akan pernah bisa mengecap apa yang namanya pendidikan. Sayangnya, di masa merdeka ini pun pendidikan masih jadi barang mewah untuk banyak orang.
Gw diingatkan lagi sama perenungan gw dulu, pasti ada alasan khusus kenapa Allah menempatkan gw di negeri ini. Gw pengen banget bisa nyumbang sesuatu buat negeri tempat gw lahir n dibesarkan ini. Kalaupun sekarang gw pergi, gw yakin one day I'll be back, karena buat gw the best place in the world is my own home town.
Mudah-mudahan gw masih punya umur buat nyumbang sesuatu.
Gw mungkin nggak bisa melakukan hal besar, nggak bisa menghentikan korupsi, kolusi dan nepotisme yang terlanjur merajalela, nggak bisa bikin pendidikan semurah mungkin, nggak bisa naikin gaji guru, nggak bisa naikin UMR, nggak bisa nurunin harga barang-barang..
Setidaknya sekarang gw bisa nyumbang doa. Tulus.
Demi mereka yang sudah berkorban buat kemerdekaan..
demi mereka yang meneruskan..
demi anak cucu kita..
mudah-mudahan ultah negeri kita bisa menumbuhkan kembali semangat masing-masing
buat mengisi kemerdekaan dengan hal positif.

Happy birthday my beloved motherland.

Read more!


Friday, August 12, 2005

It's so ironic

Just few weeks ago my part-time-maid told me that her child had enrolled to one public school. I asked her how much she had to pay. Happily, she said that she did not have to pay enrollment and basic fee. She only needs to pay SPP for 15rb a month.
I was so amaze and happy to hear that. Means that the policy about free schooling has been started succesfully. It really helps those who want to taste education but get financial problem.
Then yesterday she told me...it was a total lie. They didn't need to pay basic fee, but after they enrolled they had to pay for many things. To build toilets, praying room, etc. One month only..and they have already paid about 500rb rupiah! That's silly!
I think "nothing is free" is very relevant to this situation.
I'm not sure whether the amount that parents need to pay will go directly to the building. Each student paid 500rb, means if there are 200students..it's 100jt. More than enough to build toilets and praying room. Let's see.
Why do I have that negative thought? Cause I know someone who works as headmaster of one junior high school. He got rich drastically after becoming headmaster. And one day his own son boasted to everybody..
"My daddy is very-very cleaver in business!" he said.
"What do you mean?", asked somebody else.
"He can make all his students paid 100rb rupiah for computer fee, but then it will be his. He can propose 100jt rupiah for one program, while actually it only costs 60jt rupiah. Smart right?"
"That's not smart. That's corruption!"
"No it is not! It's business!!"
Perhaps before he decided to take other people's money for his own good, he had to teach his children to differentiate corruption and business. Imagine our future if all parents teach their children that way.
Just can't understand..why can people live happily on top of other's difficulty?
Read more!


Sunday, August 07, 2005

The Story of Jilbab

Aduh senengnya, baru dapet kiriman buku Jilbab Pertamaku dari Mbak Ria. Yang autographed version lagi..hehe..Thanks Mbak Ria!
Bukunya bagus, jadi inget masa pertama-tama jilbaban dulu. Ternyata cerita tiap orang di balik masa pertamanya berjilbab beda2 yah, dan seru juga.

Jadi inget hari pertama pake jilbab ke sekolah, pake rok abu2 panjang hasil beli di pasar yang jahitannya ampe bawah! Otomatis susah banget jalan. Jadi kaya putri keraton gitu jalannya. Udah jalan anggun (kepaksa) kaya putri keraton, eh bawahnya pake sepatu olahraga model cowok! Bener-bener deh gak enak diliat.
Waktu itu jilbab nggak serame sekarang, jadinya mau pake jilbab tuh ijinnya susah banget. Dengan terpaksa, saat itu daku ngelawan ortu, dan tetep mutusin untuk b'jilbab. Resikonya..yah..seadanya aja :-P
Semasa sekolah n kuliah, jilbab bukan barang aneh lagi. Udah banyak yang berjilbab.
Lucunya justru pas kerja. Di multinational company tempat gue pertama kerja, bossnya kebingungan gitu pas liat gue with jilbab. Dia terus2an nanya, are you sure to go abroad with that suits?? Will it be okay? Won't you feel strange?
Gue jawab..what's wrong? It's a common thing. I still can work and I don't care what people say. Terus gue tried my best to show them that I still can work well with jilbab. Kayanya mereka cukup puas and gak nanya2 lagi.
One day gue dapet assignment ke Dominican Republic yg 99% penduduknya Roman Catholic. Udah gitu kita ditempatin di kota wisata, di pinggir pantai. Jadilah gue bahan tontonan. Di tengah2 orang-orang berbikini, even topless, gue muncul dengan busana muslimah gitu lho! Kebayang nggak sih!
Ampir setiap gue jalan2 ada yang nanya..dari mana kamu, baju model apa ini..Malah ada yang amaze banget and nanya, baju kamu model baru ya? Dapet darimana? Bingung nggak sih? Paling sering sih ditanya apa gue kepanasan atau nggak.
Pernah gw pulang malem, ketemu orang2 yang baru mabok keluar dari bar..one of them yelled.."Bunda Maria!!" pas liat gue! Gimana temen gue nggak ngakak?
Alhamdulillah, gw nggak pernah kesusahan dng jilbab di negeri orang. Gw masih inget ramahnya petugas2 di bandara di US..padahal di US gitu lho..malah mereka nyangka gw crew airlines gara2 gw punya dua visa US dng tipe yang berbeda n ngasih seat paling enak buat gw :-D
Sayangnya perlakuan nggak enak untuk pemakai jilbab justru gw liat di negeri sendiri. Liat deh kalo di bandara. Kalo yang pake jilbab dateng dari luar negeri,jalan sendirian, terus gak dandan gitu..pasti dibentak, dikira tkw and disuruh ke baris khusus. Makanya gw setiap mau pulang ke indo selalu pake baju kerja resmi. Tapi gw kasian deh sama tkw2 kita itu..:-(
Enaknya pake kerudung, selalu ada yang ngingetin soal makanan. Gw pernah mau makan bakmie di daerah setiabudhi, terus pelayannya kasihtau gw bahwa disitu nggak halal. Kejadian kaya gitu sering banget..Tapi yang bikin miris, kasian dong saudara2 gw yg blm pake jilbab terus makan disitu?
Ahh..kok cerita gue jadi banyak tapi-tapinya..
Anyway..inspiring book, bisa jadi reminder juga ama niat pertama dulu. Oya, jadi inget lagi..keputusan gw pake jilbab dulu emang mendadak banget. Gue dulu suka nunda2..ah ntar aja..ntar aja. Then one day, satu temen gw (laki lagi!) nanya ke gue..kapan gue mau berubah. Gue jawab nanti aja. Terus temen gw itu nanya lagi, lho..kalau kamu mati besok gimana? Gw mati kutu, gak bisa jawab..tapi asli dari situ hati gw nggak tenang banget.
To my friend whereever u are, thanks a lot. Pertanyaan itu terus jadi reminder gw sampe saat ini kalau gw berniat menunda something good. Gimana kalau gw mati besok?
Read more!


Monday, August 01, 2005

Imperia..ah..Imperia

Seperti buku-buku terbitan Akoer lainnya, cover Imperia dibuat menarik, dengan font silver dan warna yang sederhana tapi menimbulkan kesan mendalam. Buku ini menimbulkan kontroversi di salah satu milis yang saya ikuti. Tapi bukan itu yang membuat saya membeli buku ini.

Saya membeli buku ini karena sinopsis yang ada di bagian belakang buku. Pembunuhan yang terkait dengan seorang diva dan pejabat tinggi. Sounds political. Menarik.
So..mulailah saya membaca Imperia. Dan ternyata buku ini sukses membuat saya teramat enggan untuk berhenti.
ANB ternyata sangat piawai mengolah kata, membuat cerita terasa hidup dan menyeret pembaca ke dalamnya. Tense-nya terasa sampai akhir. Saya dibuat terus menebak-nebak apa yang akan terjadi selanjutnya.
Imperia memang kaya. Di dalamnya ada berbagai macam hal, dari soal politik, wisata sampai teknologi. Bahkan saya membaca lagi soal VRML yang pernah saya pelajari di tahun 98. Menurut saya aneka ragamnya isi buku ini bisa menjadi suatu kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihan karena buku ini bisa memperkaya il-peng kita. Kekurangan karena terlalu banyak hal membuat buku ini jadi seperti banyak maunya, kurang fokus. Sperti ingin merengkuh setiap orang yang memiliki minat yang berbeda-beda. Yang terjadi pada saya, beberapa kali saya losing focus ketika membaca. Saya seperti membaca buku Rakkaustarina/Lousiana-Lousiana-nya Mang Jamal digabung dengan Supernova-nya Dee digabung lagi dengan Memburu Kalacakra-nya Ani Sekarningsih plus ensiklopedi :-) Karena hal-hal itu beberapa bagian jadi terasa begitu panjang.
Hampir semua karakter dijelaskan jalan hidupnya. Ini membantu untuk mengenali karakter tokoh utama seperti MC, Wikan Larasati, Marendra, Rangga & Jend. Pur. Tapi even Stefan yang hanya muncul sebentar sebagai "guide" di Konstanz turut dipaparkan secara mendetail.
Bab empatnya yang kontroversial..Carmina Burana..saya akui memang cukup vulgar. Lucunya sisi vulgar ini hanya muncul begitu banyak di satu bab ini. Not like Harlequin books misalnya yang bertebaran dari awal sampai akhir. Kevulgaran ini menurut saya sih sebenarnya bisa dibuat tidak muncul dan tidak mengganggu jalan cerita secara keseluruhan, atau mungkin diperhalus. However, saya mengerti bahwa pastinya sulit bagi seorang penulis menghilangkan hasil berpikir kreatifnya begitu saja. And perhaps that's one of the author and/or publisher's way to attract the market.
But saya rasa penulis memang kebablasan dengan mencantumkan nama Asma Nadia, Gola Gong dan aktifis FLP lainnya di bagian galeri. Walaupun hanya satu bab, Carmina Burana tells about sex openly. Sekedar empati, saya bisa membayangkan reaksi yang diterima Asma Nadia ketika para pembaca setia bukunya menemukan namanya di Imperia dan berpikir bahwa AN mensupport tulisan seperti itu. Coz to be honest..we cannot expect everybody to always think positive, right? Saya yakin bahwa AN dsb pun pasti memuji ANB in term of his awesome creative writing.
Overall, Imperia is a nice story to read. Beautifully written. Satu gebrakan lagi di dunia penulisan tanah air kita.
Read more!


This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]