Friday, December 22, 2006

Baca berita bikin sesek...

Berita heboh di Indonesia ini emang cepet berganti. Dalam sebulan ini aja udah terus2an ganti dari kasus video syur YZ & ME, poligami Aa Gym sampai kematian Alda. Semua infotainment ribut cari2 info dan bikin tambah heboh.
Yang ironis, berita2 penting lain jadi tertutup sama berita2 heboh diatas. Kalau gw lagi di KL, mungkin berita-berita lain ini nggak akan nyampe.

Misalnya tentang cara-cara rakyat mencari alternatif lain dari makan nasi karena harga beras yang semakin tidak terjangkau.
Pertama, muncul nasi aking yang banyak dikonsumsi rakyat di Brebes. Menyedihkan sekali melihat di TV, ada yang menangis karena berhari-hari nggak bisa makan. Nasi aking jadi pilihan karena murah. Buat yang nggak tahu nasi aking, nasi aking ya nasi basi yang dikeringkan. Pengkonsumsi nasi aking ini mengaku banyak diantara mereka yang terus sakit perut sejak mengkonsumsi nasi aking. Obatnya? Cukup jambu biji.
Terus, ada yang makan oyek doang sebagai pengganti nasi. Tahu oyek nggak? Kalau orang Singaparna pasti tahu rangginang oyek.
Terus lagi, ada berita tentang rakyat yang sudah lupa rasanya ayam. Yah, jangankan ayam, beras aja nggak kebeli.
Ada juga yang sanggup beli beras, tapi selalu dibuat bubur biar jadinya banyak. Dimakan tanpa lauk :-(
Terakhir di koran beberapa hari lalu, bikin perut gw tambah sakit, hati tambah ngilu. Rakyat mulai banyak yang beralih ke roti bulukan. Mereka nyari roti bulukan ke toko-toko dan rumah-rumah. Gimana juga caranya makan roti bulukan? Otak manusia memang kreatif, apalagi kalau sedang terdesak. Jamur dari roti bulukan itu dibersihkan dulu, baru roti tersebut dikukus.
Masih bisa enak makan membaca berita seperti itu? Ya Allah, ampuni gw yang kurang bersyukur.

Berita yang juga nggak kalah heboh sama kasus Alda, Aa Gym & YZ-ME adalah kasus semakin banyaknya korban smackdown. Yang paling miris terakhir ada anak usia SD yang ngebunuh anak balita (umur 4 tahun). Entah itu karena smackdown atau bukan, tapi cara membunuhnya memang ala smackdown.

Terus semakin bikin geleng2nya kasus kelakuan manusia, apalagi wakil rakyat. Setelah YZ-ME, ada kasus foto2 syur dua orang PNS Bekasi, eh terakhir ada gosip anggota DPRD Sumedang (?) yang ketangkep di mobil bergoyang...ah! Yang lucu ada juga wakil rakyat yang akhirnya mengaku poligami, pakai tambahan kata2 "Saya poligami bukan dengan model, bukan dengan selebriti...". Nyindir Aa Gym maksudnya? Yah, Aa Gym biarpun istri keduanya model tapi prosesnya juga lebih bersih, nggak pake acara ngamuknya istri pertama sampai nangis2 :-P Nggak pake proses "selingkuh". Mungkin kaum pria perlu dikasih penegasan ya, SMS2an, curhat2an, jalan berdua, walau tanpa hubungan seksual, tetep aja namanya selingkuh!

Baca koran di Indonesia emang beda...hehe. Di KL artis jambak2an sama artis lain jadi headline, lho! Di kita yang digetok pake high-heels aja nggak sampe jadi headline :-)
Read more!


Monday, December 18, 2006

Masih Soal Macet di Bandung

Gw orang yang terbiasa sama macet, tapi tetep aja giliran nyetir sendiri waktu macet bawaannya bete. Tapi yang jelas macet di Bandung masih lebih beradab daripada macet di jalan tol dalam kota Jakarta. Lebih beradab lagi macet di KL yang bikin gw bingung, segini aja dibilang macet.
Yang bikin pusing nyetir di Bandung sekarang buat gw sebenernya bukan macetnya. Yah, macetnya masih jalan gitu lah, still can be handled. Yang bikin pusing adalah seliweran motor yang menguasai jalanan. Di kiri, kanan, depan, belakang, semua motor!

Fenomena menjamurnya motor ini emang nggak cuma di Bandung. Di Bekasi juga sama aja. Lihat deh lampu merah depan mall Metropolitan Bekasi. Siapa yang berbaris di garda depan? Berlapis-lapis motor yang siap maju walau lampu belum berubah hijau.
Di Bandung juga sama, mobil2 rasanya jadi susah bergerak karena jalanan dipenuhi motor. Pagi tadi sampai ada tiga jalur dalam satu arah, dua mobil dan satu motor. Motor di satu jalur itu nggak cuma sebaris, tapi ada sampai tiga baris. Belum lagi motor2 yang ada di tengah-tengah dan sisi lainnya. Sooo crowded! Gw ngeliat motor & mobil di jalanan ini jadi kaya balatentara raksesa Alengka dikerumunin barisan wanara dari goa Kiskenda. Kaya gajah dikerubunin semut.
Yang jelas membanyaknya jumlah motor ini memunculkan masalah baru buat dinas perhubungan & polisi lalu lintas. Macet, so pasti. Kecelakaan, lebih banyak lagi. Pelanggaran, gak keitung kali. Satu masalah, yaitu angkot yang suka berhenti & ngetem sembarangan, belum selesai, udah nambah masalah baru.
Tapi siapa yang bisa disalahin? Perusahaan/dealer motor yang bikin harga motor murah? Dealer yang ngasih kebijakan DP rendah, terus bisa dicicil lagi? Yah, namanya juga bisnis. Pembelinya? Yah, kalo transportasi umum di Bandung udah enak ngapain juga orang beli motor. Kalo sekarang sih kan cuma ngandelin angkot yang waktu ngetemnya aja bisa dipake nambah-nambah waktu tidur :-P
Lingkaran setan. Selama transportasi umum belum layak orang bakal terus mencari alternatif angkutan mudah & murah. Untuk sementara ini, motor. Tapi kalau nunggu Bandung punya LRT, monorail dan sebagainya sih, mesti nunggu sampai kapan? Jakarta aja masih RENCANANYA selesai tahun 2010. Gw rasa sih Bandung perlu lebih banyak jalan layang. Pasopati sangat membantu mengatasi kemacetan yang sebelumnya terjadi di banyak titik. But still, UUD...ujung2nya duit, duitnya dari mana?? :-D

Yah, I can't blame anybody. Buat para pengendara mobil, ya ekstra hati-hatilah dan ekstra sabar tentunya. Buat para pengendara motor, please hati2 di jalan, jangan mentang2 kecil terus jadi asyik pindah2 jalur tanpa liat kiri-kanan nyaingin bajaj di Jakarta. Gw yang nggak sepanjang waktu di Bandung aja udah terlalu sering ngedenger cerita serem seputar kecelakaan yang semuanya melibatkan motor. Dalam dua bulan ini aja anggota keluarga gw mengalami kecelakaan2 lalu lintas:
1. Adik ipar gw dua kali tabrakan pas mengendarai motor, sekarang masih bengkak2 tuh.
2. Adik bungsu gw tabrakan beruntun di Simpang Dago, dan korban paling parah adalah pengendara motor yang motornya masuk ke kolong mobil.
3. Adik ipar gw satu lagi alhamdulillah selamat dari kecelakaan fatal di Ciamis mengingat mobilnya ancur. Padahal mobilnya lagi diem tenang nunggu antrian macet waktu tiba2 ada mobil boks melayang menghantam mobilnya. Ternyata mobil boks itu tabrakan sama motor, dan ngebanting diri sedemikian rupa.

Read more!


Friday, December 15, 2006

Layakkah Anda Berkendara di Bandung?

Dasar uji coba kelayakan mengendarai mobil di Bandung ini adalah dua faktor: TEKNIK dan EMOSI.
Jadi selain dari teknik berkendara, kemampuan menahan emosi juga berpengaruh.

Cara mengujinya?
Sederhana saja. Kendarailah mobil di jalanan Bandung yang dilalui angkot pada jam pergi dan pulang kerja. Sekitar pukul 7.30 pagi dan 5 sore. Sebaiknya coba jalur padat seperti Cicaheum-Suci.

Lalu isilah pertanyaan berikut:

1. Berapa kali Anda berhasil tidak menabrak angkot yang berhenti tiba-tiba?
2. Berapa kali Anda berhasil menghindari manuver motor yang berbelok tiba-tiba?
3. Berapa kali Anda berhasil mempertahankan posisi mobil dari angkot atau motor yang berusaha menyabot jalan Anda?
4. Berapa kali Anda berhasil membuat rombongan motor di hadapan Anda menyingkir dan memberi Anda jalan?
5. Berapa kali Anda berhasil untuk menahan diri agar tidak mengumpat?

Kalau jawaban Anda semuanya diatas tiga...congrats, Anda layak menyetir mobil di Bandung!

*yaps, kuis iseng doang, buah dari kegeraman setiap pagi nyetir di Bandung! Perasaan dulu nggak segininya :-( Kenapa sekarang motor lebih berkuasa di jalan daripada mobil? Bukan cuma dari sisi jumlah, tapi gaya berkendaranya juga. Keep di tengah gitu lho!*

Yang jelas gw masih belum lulus gara2 nomer lima :-D Good side, gw jd tau, nanti kalo gw beli rumah di Bandung nggak boleh jauh dari tempat beraktivitas ah. Udah keasikan hidup di KL yang notabene gak terlalu macet.
Read more!


Thursday, December 07, 2006

Bandung 9 Desember 2006: CATET YA!

BLOGGING EVERYTHING!--PARADE PENULIS MUDA BLOGFAM

Dalam rangka ultah ke-3, Blogfam dot com bekerja sama dengan Common Room Bandung menggelar acara "Jumpa Penulis Blogfam II".

Saksikan peluncuran buku-buku Blogfam, bekerja sama dengan penerbit Gradien Yogyakarta:
+ "Flash! Flash! Flash!--Kumpulan Cerita Sekilas"
+ "Biarkan Aku mencintaimu Dalam Sunyi: Email Terbuka Seorang Selingkuhan"--Kumpulan Cerpen

Dimeriahkan pula dengan bazaar buku dan kerajinan tangan. Raih door prize dari buku-buku penerbit Gramedia Pustaka Utama, Mizan, Cinta, situs Indosiar dot com dan masih banyak yang lainnya.


Acaranya Gratis!

Ingin tahu apa itu nge-blog dan manfaatnya? Bagaimana bisa menerbitkan buku dari nge-blog? Dan bagaimana pengalaman penulis-penulis Blogfam?

Datang saja ke

Jl. Kyai Gede Utama 8
Bandung 40132
Jawa Barat
Phone & Fax: +62 22 250 3404
Email: info@commonroom.info


Catat waktunya!

Hari Sabtu, 9 Desember 2006
jam 10.00 - 19.00 WIB

10.00 – 19.00 Bazaar Buku

Session I
All bout Writing and Blogging!

13.00 – 13.05 Pembukaan- Moderator

13.05 – 13.15 Menebak Tren Buku 2007 (Benny Rhamdani--DAR! Mizan)
(Melihat potensi pasar dari sudut pandang penerbit dan penulis, sebagai mitra kerja sama)

13.15 – 13.25 Menulis dalam Karier dan Kehidupan (Primadonna Angela-- penulis tujuh buku, termasuk "Belanglicious" dan "QLD")
(Apakah menulis bisa menjadi karier? Bagaimana blog bisa membantu?)


13.25 – 13.35 Langkah Awal buku dari Blog ( Amril Taufik Gobel, Biarkan aku mencintaimu dalam sunyi etc)

13.35 – 13.40 Doorprize- Moderator/Panitia/Penulis

13.40 – 13.50 Bagaimana Saya harus Pede, padahal Saya Bukan Siapa-siapa? (Iwok Abqary--"Jangan jadi Cewek Cupu", "Misteri Sandal Jepit" dan lainnya.)
(Simak pengalaman Iwok yang menerbitkan hingga lebih dari empat buku hanya dalam waktu setahun, setelah menemukan kuncinya: usaha dan percaya diri.)

13.50 – 14.00 Proses Kreatif Penulisan (Isman H. Suryaman--"Bertanya atau Mati!" dan "Jangan Berkedip!")
(Bagaimana membebaskan diri dari jebakan mitos ide penulisan)

14.00 – 14.05 Doorprize – Moderator/Panitia/Penulis

14.05 – 14.15 Mimpi saya menjadi penulis (Dewi K--"Keajaiban Bunga")
(Bakat ternyata tidak penting dalam menulis! Lantas apa? Simak saja.)

14.15 – 14.25 Blog Media alternatif untuk mulai latihan menulis (Tria Barmawi--"Siapa Bilang Kawin itu Enak?" dan "Lost in Teleporter")
(Membuat tulisan bermutu melalui bantuan blog.)

14.25 – 15.00 Ngobrol Santai–-Moderator dan Para Penulis
(Tanya apa saja tentang penulisan! Mau sekalian konsultasi naskah? Kenapa tidak?)

Sesion II
Bloging Everything!

16.00 – 16.05 Pembukaan- Moderator

16.05 – 16.25 Pembahasan Blogfam and BZ Mag – Amril Taufik Gobel
(Sharing perwujudan ide dan sumber daya komunitas maya)

16.25 – 16.35 Launching buku kumpulan FF Blogfam--(Blogfam diwakili Pritha Khalida)


16.40 – 16.50 - Fun with Ceko
Proses kreatif singkat buku Aku Cinta! Kamu?
(Sebuah pengalaman pengamen yang ngeblog dan menerbitkan buku)

16.50 – 17.00 Dari blog bisa ngasilin duit ama dapet gebetan (Bram)
17.00 – 17.10 Dari Blog bisa bisnis tulisan ( Indah Juli- Flash Flash Flash)
17.10 – 17.15 Doorprize (Again!)
17.15 – 17.25 Dari blog bisa menerbitkan buku (Lili Lengkana- Magical Sweet Seventeen, Ortu Kenapa Sih?)
17.25 – 17.35 Membisniskan Usaha melalui blog ( Linda)
17.35 – 17.55 Tanya jawab – Moderator/ Penulis
17.55 – 19.00 Syukuran BF/ Potong kue

Ada juga stand bazaar lho...dari yang jual makanan, aksesoris sampai buku bekas!
Rugi banget kalo nggak dateng! Ditunggu ya...
Read more!


This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]