Wednesday, May 03, 2006

Preschool hunting 2: Checklist

Yap..as I'm perfectionist, I maintained a list for preschool hunting. Tapi gw yakin ortu yang lain jg banyak yang melakukan hal yang sama, ditulis atau nggak ditulis. Inti dari trial sewaktu hunting kan "bikin perbandingan" juga.
Ini faktor-faktor yang gw amatin setiap kali trial di preschool:
1. Konsep pendidikan
2. Jarak dari rumah
3. Guru
4. Fee
5. Balance
6. Keamanan
7. Kebersihan
8. Waktu belajar
9. Interaksi anak2
10. Permainan luar ruangan
11. Field Trip
12. Rasio anak dan guru
13. Musik

Konsep pendidikan Yang gw cari, learning by playing. Gak harus montessori. Yang penting nggak maksa anak duduk belajar. Kurikulum/syllabusnya juga gue compare.
Jarak dari rumah. Jelas penting, kalau bisa sedekat mungkin supaya Ikel nggak kecapean di jalan n gw nggak males nganter :-D
Guru. Ini juga faktor penting. Guru yang paling banyak ngaruh ke anak nantinya. Sebagus apapun principalnya tapi kalau gurunya nggak oke, efek ke anaknya kan beda.
Dan gw surprise bahwa banyak principal n syllabus sekolah yang oke, sayangnya gurunya nggak mendukung.
Yang gw expect dari gurunya, dia mesti care sama anak asuhnya. Sang guru mesti bisa pay attention individually. Dan gw juga expect guru yang ceria, yang banyak senyum, yang sabar dan kreatif.
And believe me..not easy to find one!
Di satu preschool, ada guru yang teriak2 ke anak didiknya kaya suasana militer gitu. Mukanya galak banget n anak didiknya takut semua. Ini preschool, bukan sekolah calon perwira! Dia teriak2..kalo nggak duduk nanti nggak saya pasangin film! A threat?
Guru yang lain di sekolah yang sama, better tapi menurut gw nggak kreatif. Anak2nya di kelas nangis nyari ibunya, dia kabur..Terus anak2nya sampai pada tidur gara2 bosen. Gimana nggak bosen, dia kasih satu kerjaan n gak kasih kerjaan lain buat anak2 yang udah selesai. Mukanya juga ditekuk terus sepanjang pelajaran, kaya yang stress. Preschool ini langsung gw coret dari daftar. Padahal principalnya bagus. Facilitynya juga lengkap. Harganya murah. Bukan montessori, tapi nggak terlalu maksa.
Di preschool terakhir yang gw ikutin trial, gw langsung fall in love. In house facilitynya mungkin gak lengkap2 amat, gak ada kolam renang, gak ada sand pit, tapi gurunya perfect. Principalnya oke. Gurunya care sama tiap anak. N gw seneng liat dia nari2 n nyanyi bareng anak2.
Fee. Definitely, it's important. Satu preschool langsung gw coret dari daftar trial karena bayarannya perbulan 800RM! SMP aja gw gak akan mau. Dan yang penting dari fee ini gw ngeliat apa bayarannya sesuai ama yang dia tawarin. Fee mahal, I expect it's montessori, in house facilitynya lengkap n ada program2 tambahan. Less than that, less facilities..gw ngerti lah.
Balance. Indoor and outdoor playingnya mesti seimbang. Gw pengen anak gw banyak ngerasain maen di rumput bareng temen2nya. Jadi sekolah2 yang lokasinya di shoplot udah langsung gw coret.
Keamanan. Di satu sekolah, anak gw bisa lolos sendiri sampai keluar. Untung gw bawa asisten gw yang nunggu di depan. Kalo nggak anak gw bisa keluar terus sampe jalan raya! Tapi gw liat most of the schools yang pakai rumah sih aman.
Kebersihan. Nggak perlu dijelasin..:-)
Waktu belajar. Gw mau maksimum 4 jam, termasuk istirahat n snack time. Satu sekolah juga gw coret dari daftar karena 6 jam.
Interaksi anak-anak. Ini satu faktor tambahan aja. Gw appreciate preschool yang mendukung anak2nya buat interaksi satu sama lain. Kalau anak2nya main sendiri2 sih sama aja boong, tujuan gw buat bikin Ikel keekspos ke anak2 lain nggak nyampe.
Permainan luar ruangan. Faktor tambahan juga, plus point kalau fasilitas permainan luar ruangannnya banyak.
Field Trip. Nggak perlu dijelasin juga kayanya..:-)
Rasio anak dan guru. Buat gw ini penting karena kita jadi bisa kira2 gimana attention guru ke anak. Kalau satu guru megang kebanyakan anak, dia jadi nggak merhatiin kalau anak kabur. Dan jadinya nggak bisa tau perkembangan anak itu.
Musik. Ini juga point plus. As Ikel seneng musik, gw lebih suka preschool yang ada program musik atau at least banyak nyanyi.

Pada akhirnya emang nggak mungkin semua isi checklist gw ini bisa dipenuhin sama satu preschool. Tapi at least sangat2 bantu gw bikin keputusan.
I'm almost in the end of the search.
Mudah2an keputusan gw oke..for Ikel especially.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]