Thursday, March 09, 2006

Confession of a mommy

Gw seorang perfeksionis. Gw tau itu sejak dulu banget. Sejak masa-masa sekolah dulu waktu gw nggak bisa tidur kalau belum nguasain bahan ulangan/ujian. Waktu gw beneran cuma tidur bentar padahal lagi EBTA gara-gara ngapalin isi buku Sejarah. Waktu gw bikin jadwal belajar buat lulus umptn dan bener-bener ngerjain sesuai plan. N honestly, kalo sekarang gw inget masa-masa itu gw nggak abis pikir kok gw bisa sampai segitunya?? Beberapa bulan sebelum UMPTN gw udah UMPTN sendiri tiap malem dari buku SKALU yang lebih tebel dari Harry Potter 4 ituh. Gw itung hasilnya n grafiknya dipajang di dinding buat motivate gw.
Tapi gw nggak cuma perfeksionis dalam bidang akademik..

Gw gregetan kalau things nggak berjalan sesuai keinginan gw. Gw gemes kalo liat warna yang nggak matching..(termasuk warna sofa di furnished-condo gw sekarang yang garis2 ijo-putih dilengkapin sama sofa ungu corak batik!!). Gw pusing kalau liat rumah berantakan (yang menjelaskan kenapa sekarang gw sering pusing..karena rumah gw berantakan tiap hari!). Gw nggak bisa tidur kalau ada kerjaan yang belum gw kerjain.
Waktu masih kerja kantoran, gw maintain satu file di desktop gw yang isinya THINGS TO DO TODAY. Semua target yang mesti gw capai hari itu gw tulis disitu. N in the end of the day, semuanya HARUS tercapai. Kalau nggak, mending gw lembur.
YES, it is tiring to be perfectionist. Jadi sebenernya, gw nggak suka jadi perfeksionis. Cape sendiri. Tapi tuntutan buat melakukan sesuatu dengan sempurna selalu muncul di hati gw setiap gw mau memulai sesuatu. Mungkin karena gw udah terbiasa?
Tapi beberapa hari ini terjadi banyak perubahan dalam diri gw.
Dimulai dari kisah lama. Peran gw sebagai seorang ibu. Ketika tau gw hamil dulu, gw udah bertekad buat jadi a perfect mother. Gw belajar banyak dari buku-buku bayi. Gw ajak bayi gw ngomong, dengerin musik, dengerin Qur'an..(mmm..tapi have to admit, gw agak nyeleneh karena pas lagi hamil gw tiba-tiba suka banget slow rock. I forced myself several times to play classical music for Ikel, but I think he heard more slow rock than classic..). Gw minum susu ibu hamil dengan rajin, gw ikut senam hamil walau akhirnya nggak guna karena gw ngelahirin caesar.
Begitu Ikel lahir, gw ikutin panduan buku2 n Internet. Gw hindari semua penyebab SIDS. Sayangnya gw nggak bisa kasih ASI eksklusif, cuma sampai 5 bulan doang.
Tapi terus gw stress. Karena ketika gw balik kerja, gw nggak bisa sepenuhnya melaksanakan plan gw. Gw berenti kerja bukan karena menurut gw ibu yang tinggal di rumah itu lebih baik daripada yang bekerja kantoran, tapi selain karena gw nggak tahan jauhan ama anak gw juga karena gw stress nggak bisa ngawasin sendiri everything about my son. Satu ketidakberuntungan punya maid yang udah kaya keluarga adalah keberaniannya untuk tidak melaksanakan yang kita inginkan. Itu yang waktu itu gw alamin. Gw nggak bisa bikin menu yang pasti dikasihin ama anak gw. Gw bilang no salt, ternyata pas pulang kantor my mom and my maid bilang 'tadi dia seneng banget dikasih bubur pake garem banyak, kasian banget dikasih makanan nggak ada rasa terus!". Padahal udah diganti keju!
Gw bilang no pampers di siang hari, ternyata dipakein seharian. Gw nggak bisa maksa jangan karena bukan gw yang mesti ngepel bekas pipisnya. Gw bilang no pacifier, gw juga nggak bisa maksa karena bukan gw yang mesti nenangin kalau dia nangis. Disitu gw memutuskan, kalau gw pengen anak gw dibesarin dengan cara gw, harus gw sendiri yang ngasuh.
Akhirnya gw resign dan mulai hari-hari gw sebagai housewife dengan antusias. Gw ikutan PESAT pertama yang berjalan enam bulan buat belajar soal kesehatan anak. Gw bikin menu makan anak gw tiap hari. Gw ajarin Ikel macem-macem. Gw fight prinsip2 gw soal penanganan penyakit anak sama orang2 yang nggak setuju. For years, gw selalu yakin dengan diri gw, apalagi dengan dukungan suami gw.
Dan setelah hampir tiga tahun, ternyata anak gw terlambat ngomong. Ikel bisa ngomong, tapi dia belum bisa ngomong lancar dua arah. Suddenly, gw tiba2 ngerasa down banget. Gw ngerasa gagal. Gw yakin gw udah kasih cukup stimulasi. Terus apa yang salah? Sisi perfeksionisme gw terusik.
Then my hubby said..you have done your best. Masalah bisa ngomong atau nggak itu bukan karena usaha orang tua aja, tetapi juga ada kehendak Allah. Gw terhibur..tapi tetep masih ngerasa gagal.
Setelah gw konsul ke dokter, dokter bilang yang jadi masalah emang karena anak gw nggak punya temen anak kecil lagi. Dia dilingkungi orang dewasa yang semuanya manjain dia. Agak lega juga, berarti anakku nggak bermasalah dari sisi fisik dan mental.
Terus gw baca satu artikel di majalah..tentang perfeksionisme dalam menjadi seorang ibu. Artikel itu bilang..tak ada ibu yang sempurna di dunia ini, cukuplah menjadi seorang ibu yang baik. Artikel yang bagus banget (ntar gw terjemahin deh) dan bener2 membangkitkan semangat gw.
Gw perhatiin lagi, gw compare lagi..gw nggak gagal. Gw cuma perlu lebih sabar dan lebih giat lagi. Ikel emang terlambat bicara, tapi dia excel di hal lain. Dia bisa gambar bagus, bisa ngeja lancar, bisa nulis huruf-huruf latin n Arab, bisa nyanyi lebih dari 50 lagu. Gw cuma nggak boleh kehilangan kepercayaan diri n juga kepercayaan gw sama anak gw.
Today gw bacain cerita sama Ikel..
"Barney lagi makan cereal n minum orange juice. Baby Bop lagi makan roti. Kucing lagi minum susu. Grandma lagi lempar-lempar apples."
Terus gw bacain beberapa halaman..nggak lama Ikel balik lagi ke halaman depan, ngikutin gerakan tangan gw nunjuk2 buku..
"Barney makan, minum orange. Baby Bop roti. Miaw mi milk. Ma owing apples.."
Gw terbelalak. Ini pertama kali dia bisa ngikutin omongan gw sepanjang itu. Gw terharu banget. N semangat gw bertambah.
You know what...gw nggak mau jadi a perfect mom lagi..gw mau jadi ibu yang baik aja..yang berusaha sebaik-baiknya buat anaknya. That's enough.
Karena dalam soal ngurus anak, no one is perfect. Inget Bree Van Der Kamp?






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]