Friday, February 10, 2006

Rumah itu Jodoh-Jodohan?

Sejak gw kecil, entah udah berapa rumah yang gw tempatin. Rumah pertama ortu gw di Ujungberung, rumah BTN tipe 70. Gw barengan rumah ini sampai gw SMP kelas satu. Gw inget waktu SD rumah ini ditingkat, dibikin tambahan satu kamar tidur, satu ruang santai plus jemuran di tingkat dua. Kamar tidurnya dedicated buat gw :-) Lantainya lantai kayu. Dan gw inget banget, pas masa pembangunannya ditandai dengan melayangnya adek gw nomer tiga, Gita, dari atap.

Sebenernya masa SD gw lebih banyak dihabiskan di rumah Oma, di daerah Cipaganti. Baru lulus SD gw balik ke Ujungberung.
Terus kelas dua SMP, kita pindah ke rumah sebelah. Rumah yang dibangun delapan bulan diatas tanah yang sebelumnya dijadiin kolam ikan. Lagi-lagi gw milih kamar diatas. Sebenernya kamar pertama gw di bawah, sekarang dijadiin musholla, tapi ada kejadian yang bikin gw memutuskan pindah ke kamar atas.
Rumah ortu yang kedua ini paling banyak kenangannya. Gw disini sampai lulus kuliah, sempet jadi orangtua selama beberapa tahun karena ortu gw pindah ke Bekasi.
Lulus kuliah, gue hijrah ke Jakarta. Tinggal jauh di Bekasi di rumah kontrakan ortu. Sempet ngerasain pindah tempat tiga kali sampai akhirnya ortu beli rumah juga di Bekasi. Sempet juga gw kost di deket kantor, dapet tiga tempat :-) Pindah-pindah. Abis itu with my hubby, kita beli rumah di Bekasi juga akhirnya.
Beli rumah tahun 2001, tahun 2004 kita renovasi gede-gedean. Lucunya begitu baru selesai direnovasi, kita pindah ke KL. Disini kita tinggal di condo yang gak jauh dari KLCC.

Diluar tempat kost, rumah gw dari dulu selalu jauh dari pusat kegiatan gw. SMP-SMA gw di jalan pulau2 di Bandung..dari rumah satu jam. Kalau sekolah pagi gw naek angkot, rebut2an. Lari-lari di terminal, nyampe sekolah masih telat juga. Pernah disuruh bending gara2 telat, paling sering sih disuruh bersih-bersih either perpustakaan atau ruang guru. Pernah juga sembunyi di mushola gara2 telat pas upacara dan males banget kalau ikutan dijemur.
Waktu kuliah, gw mulai bawa mobil. Males juga sih, soalnya sering banget kena macet. Gw mulai belajar nyalip, cari-cari jalan tikus..sampai suatu hari kena semprot papa karena nggak sadar bahwa salah satu mobil yang disalip ternyata mobil papa..hihi. Paling sedih kalau udah bulan puasa terus kena macet pas mau buka :-((
Begitu tinggal di Bekasi, tiap hari gw berjuang ama yang namanya macet. Paling parah waktu lagi hamil terus gw kebelet terus. Jadinya di jalan tol terus ribut2 ke suami minta pipis. Exhausting banget. Sekitar tiga-empat jam sehari diabisin di jalan.
Nggak kerasa, itu bikin both of us trauma ama yang namanya 'driving to office' dan 'tinggal jauh dari kantor'. Dan itu juga yang jadi consideration kita pas milih tempat tinggal di KL.

Dari segi akses, condo sekarang lumayan enak. Tinggal jalan terus naek jembatan penyebrangan, jalan lagi dikit, udah bus stop. Mau naek taksi ke KLCC juga sekitar 5 ringgitan. My hubby nggak perlu nyetir mobil, nggak perlu kena macet.
But there's something wrong with living in condo. This condo especially.
Sebenernya tinggal di condo cocok-cocok aja dengan karakter gw yang suka ketenangan. Nggak perlu ribut-ribut sama tetangga, nggak perlu banyak keluar rumah, semua fasilitas ada...Walaupun condo ini tentu aja nggak sebagus Fraser, serviced condo tempat gw tinggal waktu tugas di SG dulu, tapi buat tinggal doang di rumah lumayan lah. Ruangannya gede juga. Pemandangannya bagus.
Tapi sekarang gw punya Ikel, n gw nggak ngerasa comfort jadiin tempat ini sebagai tempat Ikel tumbuh. Pertama, condo ini udah tua n manajemennya gak gitu bagus. Playgroundnya jelek banget. Padahal buat gw playground itu penting banget! Dimana lagi Ikel bisa maen di condo? Renang mungkin gak tiap hari, tapi maen itu wajib. Jadinya sekarang gw bikin tempat maen sendiri di dalem rumah. Satu ruangan gw amparin karpet alphabetnya Ikel, terus gw pasang tenda n terowongan. Maenan Ikel gw taro di wadahnya. Kalo mau maen yang lebih puas, gw bawa sekalian ke KLCC theme park. Kedua, Ikel ngga punya temen seumuran di condo ini. Mungkin ada, tapi jarang banget ada yang keluar rumah selain baby-baby atau malah yang udah gedean. Tambah kesepian deh.
Terus dari sisi gw sendiri, gw nggak feel-at-home di condo ini. Mungkin karena gw terbiasa hidup di rumah? Nggak juga. Gw betah waktu tinggal di Fraser dulu. Terus gw pikir2, apa masalah gw ada di choice of furnitures? Gw orang yang kebawa banget sama suasana rumah. Makanya gw desain rumah gw di Bekasi sesuai my style. Full of colors. Rumah ini serba putih, n malah bikin gw stress sendiri. Udah tembok putih, furniture serba putih. Tapi sebenernya nggak masalah juga, gw bisa hias-hias dengan aksesori sampai nggak keliatan serba putih..tapi dalem hati gw tetep nggak sreg.
Mungkin emang bener kata orang..tempat tinggal itu kaya jodoh. Gw nggak ngerasa jodoh sama rumah ini. I'm not belong to this place. Jadi begitu masa kontrak gw abis, gw minta pindah.
My hubby ngomong sama yang punya, terus dia nawarin tempatnya yang lain. Dia pikir masalah kita pengen pindah gara2 tempat itu kemahalan, terus dia nawarin apartemennya yang laen. Emang murah banget. Cuma lagi-lagi gw nggak ngerasa sreg. Tempatnya jauh lebih kecil dari yang sekarang, Ikel bisa susah kalo lari-lari di rumah. So, kita tolak lah. Dipikir-pikir, karena belum nemu tempat baru yang sreg, kita minta perpanjang dua bulan. Si yang punya rumah bilang oke, so tenanglah kita..bisa lebih nyantai nyarinya.
Eh dasar, tau2 kemaren si yang punya rumah itu nelepon terus minta kita pindah segera soalnya ada yang mau ngisi condo ini! WHAT?? Bukannya dia yang bilang kita boleh perpanjang??
Dan btw, kontrak kita kan sampai akhir Maret!! Gw udah feel nggak beres sama orang ini, karena sebelum2nya dia emang suka ngusir sembarangan penyewanya kalau ada yang mau nyewa tempatnya. Gw ngerti lah, dia pasti males nyari tenant lagi..sekarang ada tenant dia mau langsung ganti aja. Tapi nggak bisa gitu aja dong! We have a piece of paper buat bukti kita kontrak sampai akhir Maret. Dan emangnya barang2 gw bisa disulap gitu aja buat mengecil terus masuk satu tas terus pindah dengan gampang? Nggak beres banget. My hubby semula mau insist karena dia kemaren udah bilang oke kita perpanjang dua bulan, tapi I said no..Kita pindah sesuai kontrak! Kita nggak punya bukti kertas bahwa dia bersedia perpanjang kontrak, so gw nggak mau ambil resiko. Lagian toh kita emang pengen pindah. Dari yang gw tangkep kayanya dia bete gitu gw nolak apartemen yang dia tawarin. But it's my right anyway. Gw berhak milih dimana gw mau tinggal dong? Really2 annoying.
Sekarang gw mulai nyari2 lagi. And gak tau kenapa gw malah nyari yang jauh dari KLCC..hihi..tapi yang deket ke LRT. Gw nyari rumah, bukan condo or apartment. Sebenernya gw rada trauma juga sama kehidupan perumahan, dealing sama orang2 yang unbelievable, tapi gw pikir lingkungan perumahan disini enak banget buat tinggal. Ampir di tiap ujung jalan ada playground bagus. Ada mesjid. Gw tinggal jalan ke LRT buat ke mana2..ke KLCC sekali, ke Ikano malah ada shuttle bus gratis. Gw bisa ngendon di Borders baru terus kalo gitu caranya :-D Mudah2an ada yang cocok.
Alternatif laen ada apartment baru di belakang condo yang sekarang kita tempatin. Jauh lebih enak. Baru..bersih..playgroundnya bagus, and aksesnya lebih gampang. Jalan dikit langsung LRT. Jalan dikit langsung pasar malam. Weekend ini baru gw mau cek semua options.
Kalau gw milih yang rumah, berarti sekali lagi gw milih tinggal jauh dari pusat :-D Tapi disini tinggal jauh juga transportasi enak. Tapi option mana juga yang gw pilih, gw bakal mesti beli furniture sendiri. Yah..that's better for me. Gw bisa beli yang sesuai selera dan sesuai kebutuhan. Gw stress liat Ikel terus ngotorin furniture orang laen :-P
Pastinya banyak yang nanya..kenapa pengen pindah dari tempat sekarang? Bukannya susah dapet condo di pusat kota yang semurah itu?
Yaaah..thinking logically..dengan akses ke kota yang cukup gampang, dengan fasilitas condo..fully furnished lagi with 2 aircons n 2 wtr heaters..3 kamar tidur, 2 kamar mandi and 1 gudang! Kenapa harganya bisa murah? Gw dulu nggak kepikiran..sampai one day seseorang nanya ke gw..kenapa kamu tinggal disitu?
Gw bingung n nanya..why?
Apa kamu nggak takut? tanyanya lagi.
Gw diem..gw nggak takut, tapi gw juga nggak mengelak bhw condo itu 'nggak beres'.
Banyak pembunuhan disana, kamu nggak tau? Orang itu ngomong lagi, dan mengalirlah cerita tentang pembunuhan2 yang pernah kejadian disitu.
Seakan belum cukup, besoknya gw baca cerita orang di internet tentang condo itu. Dan mereka nyebut tempat ini as a haunted condo.
Hmm..that had explained my bad feeling about this place. Tapi sure gw nggak bisa bilang alesan itu kalau ditanya, apalagi sama yang punya rumah, kenapa gw pengen pindah. Bukan masalah hauntednya, I'm quite used to it..nanti gw posting cerita khusus tentang itu. Tapi feeling insecurenya itu lho..
Walau katanya sekarang far-far better..tapi 'feeling gak beres' gw masih tetep ada, dan bikin gw nggak betah. Kalo gw bukan orang yang spend much time di rumah mungkin no problem, tapi I have a lot to consider. My son especially.
Doain gw dapet tempat yang cocok ya.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]