Thursday, February 02, 2006

Anastasia Krupnik-Rahasia Si Gadis Kecil

Ini tentang satu buku dari Lumos-nya Dar Mizan yang berkesan banget, baru gw baca dua minggu lalu. Bukunya emang buat anak-anak, tapi orang dewasa juga pasti bisa baca. Buku ini bakal diterbitkan berseri, so pasti gw tunggu nomor-nomor berikutnya.
Anastasia Krupnik, nama tokoh utama cerita ini, adalah seorang gadis kecil berusia sepuluh tahun yang sangat kritis.

Membaca buku ini bener-bener membuat gw lupa bahwa yang ngarang bukan anak kecil. Gaya bahasa sampai proses pemikiran Anastasia terasa nyata, murni pemikiran seorang anak. Celetuk-celetukannya lucu, bikin gw ketawa sendiri..
Ide ceritanya sederhana. Anastasia membuat suatu daftar hal yang disukai dan tidak disukainya. Semuanya hal sederhana yang kalau dilihat dari kacamata orang dewasa..ngga penting banget! Tapi sebenarnya semua yang ditulisnya jadi bagian perkembangan dirinya..jadi bagian hidupnya, dan itu terasa penting begitu kita mengikuti kisah Anastasia.
Bagaimana dia memberontak ketika ibunya tiba-tiba hamil, tanpa memberitahunya terlebih dahulu. Akhirnya win-win solution, Anastasia nggak jadi marah karena ortunya memberi dia priviledge memberi nama adiknya nanti. Dan Anastasia hendak membalas dengan merancang nama yang sangat jelek!
Ortu Anastasia pun asyik banget..tipe ortu yang memberi kebebasan yang bertanggung jawab. Mereka nggak ribut waktu Anastasia keukeuh mau ganti nama.
Mungkin cerita ini bisa menyampaikan juga dalam bahasa anak, bahwa yang kita anggap jelek belum tentu jelek, dan sebaliknya. Daftar hal yang tidak disukai Anastasia berkurang satu demi satu.
Nice story..brilliant..wajar dapet penghargaan.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]