Tuesday, January 31, 2006

Ular..ular..

Ini sebenernya cerita yang tertinggal dari my days in Bandung. Beberapa hari sebelum pulang, di suatu pagi yang cerah..cie..gw dikagetin teriakan my sissy.
"Ada uler! Ada uler!"
Ternyata ada ular di ruang tamu. Lagi namu di karpet. Ularnya kurus, cuma setebel jari telunjuk gw, tapi panjangnya sekitar tiga jengkal gw. Warnanya abu-abu, sedikit belang, mengkilat.

Pertanyaannya...ngapain uler itu di ruang tamu rumah ortu gw? Dan masuk dari mana?
Jadi back to old stories. Rumah ortu emang tanahnya bekas tanah sawah. Di belakangnya masih sawah-sawah. Jadi yang namanya cerita dengan ular udah bukan barang baru lagi disitu.
Cuma seinget gw terakhir ada ular lagi di rumah itu udah sekian taun yang lalu, lima taun kali.
Waktu rumah itu belum jadi, yaitu waktu gw masih SMP..rumah ortu itu masih berupa kolam ikan. Biasanya dari lantai dua rumah gw yang dulu, gw suka nontonin uler-uler air lagi lomba renang di kolam. Tapi ular air kan nggak berbisa.
Yang pernah gw alamin sendiri sih ngga banyak. Pernah suatu pagi gw mau pergi kuliah and ngeliat ada uler lagi ayun-ayunan di pohon kersen.
Yang paling nyeremin waktu ada uler belang gede banget, kuning item gitu warnanya, panjangnya pas lagi ngelingker aja udah menuhin beberapa ubin. Dan jaraknya cuma sekitar 40 cm dari telapak kaki gw. Dia lagi ngendon di dapur kotor rumah ortu gw, pas gw lagi mau ke dapur situ. Alhamdulillah bukan cuma gw yang takut sama uler itu, rupanya si belang itu juga takut sama gw..(atau kaget, entahlah). Yang jelas gw langsung lari, uler itu juga langsung lari. Cuma begonya, karena refleks, gue lari ke arah yang salah. Naik ke atas meja. Uler itu juga larinya nggak kemana-mana, cuma ke belakang kompor di depan meja yang gue naekin. Alhasil gw teriak-teriak minta tolong sampai akhirnya bala bantuan beberapa orang dengan senjata masing-masing dateng nolongin gw. Sang ular pun tertangkap. Dan bener..uler itu uler berbisa banget! Untung refleksnya si uler sembunyi ke belakang kompor, bukannya loncat ke arah gw.
Kejadian seru lainnya ama uler yang ngga gw alamin, tapi orang rumah yang ngalamin..waktu ada uler kobra (nah..masalah juga, dari mana datengnya uler kobra???) ikut nonton TV. Ceritanya asisten2 ortu gw lagi pada nonton TV di belakang. Pintu ke arah dapur kotor dibiarin kebuka. When suddenly one of them realized bahwa ada tamu nggak diundang ikut nonton. Lagi nonton dari pintu dapur, deket one of the assistant. Yah..seperti bisa ditebak..heboh lagi.
Dulu di kebun my grandpa di Tasik juga gw sering liat uler belang kalo lagi jalan-jalan ngiterin kebun. Tapi yah..ada uler di kebun yang kaya hutan gitu kan nggak aneh. Kalo gue teriak2 justru gw yang aneh kali ya?

Yang gw nggak abis pikir..kenapa sekarang..setelah sekian lama..ada lagi uler di rumah ortu gw? Biasanya gw nggak cerewet, soalnya gw juga ngerti ular kan nggak ada yang ngundang. Tapi sekarang beda. The most important thing is that now I have an energic child who loves to sit in the living room! Ruang tamu rumah ortu gw itu tempat favorit Ikel. Dia suka sendirian kesitu, tidur2an di karpetnya. Kebayang kan kalo hari itu bukan my sissy yang masuk ke ruang tamu duluan tapi Ikel?
Setelah diselidiki, ternyata pintu ruang tamu di bawahnya ada celah yang cukup gede buat dimasukin uler. Berarti mesti ganti pintu dong? Apalagi pas uler itu dibakar ada yang liat dan ensure bahwa uler yang ada di ruang tamu kemarin itu jenis yang galak & berbisa. Makin serem aja gw.
Kayanya mesti cari info lagi gimana mencegah uler masuk ke rumah. Pls kalo ada yang punya informasi, tolongin gw.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]