Monday, January 23, 2006

A busy night

Tadi malem entah kenapa tiba-tiba ide dateng ngebrujul kaya banjir, nggak bisa ditahan..ngalir terus, setelah sehari sebelumnya kena block. Ke kamar mandi dapet ide, duduk di kasur dapet ide..pengennya sih langsung gerak cepat nuangin semua ke laptop, tapi apa daya..duty as mommy came first. Ikel udah minta bobo setelah sebelumnya maen loncat-loncat di kasur. Dia kesenengan banget dikasih kasur yang masih mantul kalo dia loncat-loncat, padahal beberapa kali gw ingetin.."Please Ikel, itu kasur bukan trampolin. Nanti aja kalau main trampolin lagi loncat-loncatnya yaaa???" Yah..seperti bisa ditebak, mamanya dicuekin.
Akhirnya Ikel udah mulai bisa merem dikit, keliatan matanya udah berat. Mamanya juga jadi ikutan ngantuk.
Tapi tiba-tiba..

Tiba-tiba Ikel bangun, duduk, terus matanya nggak lepas dari ruang baju yang pintunya ke kamar tidur emang cuma dibatesin gordyn tipis. Feeling gw udah mulai gak enak, kayanya kejadian lagi nih, batin gw.
Bener aja, Ikel langsung mengkeret, matanya ngikutin gerak something yang gw nggak liat. Sorot matanya ketakutan udah gitu langsung meluk gw. Ikel nggak tantrum, nggak nangis, tapi dia keliatan ketakutan. Gw baca-baca sambil ngusapin matanya. Ikel ngotot minta keluar, dia buka pintu sendiri terus lari ke luar dengan kepala nunduk nggak mau liat kiri kanan.
Gw ikutin ke luar, gw bawa ke kamar maenannya. Tapi matanya tetep gerak kaya ada yang ngikutin dan ngga mau disitu juga.
Bingung, akhirnya gw bawa keatas. Pengalaman sebelumnya dia waktu dibawa keatas bisa bobo. Dan ternyata dia langsung baringan di kasur (padahal di kamar sebelumnya dia nolak baringan), langsung meluk guling dan udah berat matanya. Fuihh, tapi berat buat gw, gak ada AC..panas.
Nggak lama tiba-tiba Ikel bangun lagi..matanya ngeliatin pintu, terus kembali kaya sebelumnya, matanya gerak ngikutin something. Mukanya ketakutan lagi terus ngerengek minta digendong sambil nyembunyiin muka. Gw bawa lagi ke kamar bawah, hasilnya sama.
Desperate, gw bangunin asisten2 perempuan yang lagi pada tidur nyenyak. It was 00.30 am. Barengan kita berdoa.
Satu2nya tempat Ikel mau berbaring akhirnya cuma di karpet ruang keluarga. Itu pun pas salah satu asisten gw buka pintu kamar mau ambil sesuatu dia langsung ngelonjak lagi dan histeris. Langsung lari nutup pintu kamar. Udah gitu Ikel narik tangan gw, ngajak keluar rumah. Jelas aja ngga gw kasih.
Asisten gw yang cowok bangun. Kebetulan asisten gw yang satu itu bisa "liat", terus dia buka pintu kamar maen Ikel. Ikel loncat lagi, marah-marah sama asisten gw itu, ngelarang buka pintu. Asisten gw itu jg keliatan kaget banget.
Udah gitu kayanya something itu ngedeketin Ikel yang lagi duduk di pangkuan gw. Ikel bangun, ketakutan, nunjuk2..tapi terus minta gendong entah sama apa itu. Gw terus aja bacain doa sambil ngencengin pelukan.
Udah lebih dari jam satu malem, gak tahan ngantuk..kasian Ikel..akhirnya gw ngungsi ke rumah mama. Sebelumnya berdoa dulu mudah2an something itu nggak ngikutin terus.
Ini udah kejadian keberapa kali, tapi tadi malem itu yang paling heboh. Mungkin karena Ikel jg udah semakin gede. Alhamdulillah di rumah mama Ikel langsung tidur nyenyak.
Sebenernya dari sebelumnya Ikel udah keliatan maen sendiri, ngomong sendiri..sama temen khayalannya. Tapi yang tadi malem itu jelas2 ngeganggu. I know itu bukan yang biasa maen sama Ikel. Kata asisten gw, something itu ngikutin Ikel dari rumah lain.
Deja vu...
kejadian semalem bikin gw deja vu sama kejadian-kejadian sembilan-sepuluh tahun lalu, waktu gw sering begadang sampai shubuh nemenin adik yang kemasukan (dan anehnya cuma mau dideketin gw). Adik gw jg dulu suka nunjuk2 ke something yang gw nggak bisa liat..dan gw cuma bisa iya-iya aja sambil berdoa.
Sekarang, ternyata Ikel jg gitu. Ampir di setiap tempat Ikel selalu nunjukkin dia ngeliat sesuatu yang gw gak liat. Ada yang diajaknya maen..ada juga yang ngeganggu. Baru beberapa minggu kejadian yang sama terjadi di uber, tapi waktu itu diajak pindah kamar dia mau.
Ada yang bilang, aura Ikel sama ama aura adik gw. Kata orang itu, gw mesti bisa membiasakan diri dan siap ngedampingin dia begitu dia cukup dewasa buat tau apa yang dia liat beda ama yang kita liat. Katanya Ikel menarik buat makhluk2 itu, gak tau apanya.
Sebagai orang yang yakin bahwa segala sesuatu pasti ada maksudnya, mau nggak mau gw menghubungkan kejadian Ikel sama kejadian adik gw dulu. Apa gw memang udah lebih dulu ditempa buat siap ngedampingin Ikel di saat2 gini? Wallahu alam.
Ternyata ada untungnya juga Ikel belum bisa ngomong lancar, at least gw nggak perlu jawab pertanyaan kaya kakak ipar gw ditanya sama anaknya..
Anak: "Ibu, Tuhan itu kaya gimana sih?"
Ibu: "Tuhan itu nggak keliatan sama kita, tapi bisa liat kita."
ANak: "Kaya yang putih itu ya Bu, yang melayang2 gak punya kaki, yang adek bisa liat tapi ibu nggak?"






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]