Sunday, December 25, 2005

ng-ABAP vs nulis novel

Terinspirasi ama obrolan pas ketemu ama Yesha, Bong-q n Dodo..hehe..apa sih bedanya nulis novel ama mrogram?
Jelas beda. Tapi menurut gw sih ada persamaannya juga.
Bedanya jelas..nulis novel lebih bebas.
Apa nggak kagok nulis novel setelah sekian lama terbiasa nulis program ABAP?
Nggak lah..sama2 pake laptop :-D
Jadi persamaannya cuma itu?
Nggak juga..

Pertama, sama-sama mesti ngeliat big picturenya dulu sebelum masuk ke detail. Mau ng-ABAP, mau nulis novel..gw selalu come up dengan main plot dulu.
Kedua..sama-sama butuh "searching"..higs. Kalo ng-ABAP kan kadang gw mesti ngedebug transaksi, mesti mengembara dari satu table ke table lain. Nah kalo nulis novel, especially novel sci-fi, gw juga mesti mengembara cari sumber-sumber tulisan yang valid.
Ketiga..musti testing. Dan persis kaya mrogram, nulis novel buatku juga butuh testing yang serius. Tahapnya sama, pertama mesti self-test. Novelnya dibaca ulang, dicari bug2nya, terus dikoreksi. Baca lagi alurnya, kalau masih kurang pas ya rubah lagi. Gitu terus ampe gw ngerasa oke. Abis itu masuk ke test yang dilakuin orang lain..dan terus dikoreksi lagi biar tambah oke.

Nah..see?? Sama kan? :-P






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]