Wednesday, March 30, 2005

Baby and Bajay Bajuri

What's wrong between baby and Bajay Bajuri?
Ini beneran banget..soalnya ampir semua bayi yang gw kenal pada suka lagu bajay bajuri. Begitu denger lagunya langsung deh pasang mode "tertarik-dan-nggak-bisa-diganggu" sampai lagu selesai.

Termasuk Ikel, kalo denger lagunya di TV langsung deh lari ngedeketin, padahal lagi maen dimanaaa gitu. Begitu lagunya selesai pergi lagi dah. Jadi yang diliat cuma gambar bajay itu lho. Tapi berhubung ampir semua penghuni rumah penggemar bajaj Bajuri ya otomatis dia sering denger tuh kata Bajuri. Dan ternyata terbukti tadi pas jalan-jalan..As usual Ikel udah sibuk sendiri kalo lagi di mobil, nunjuk sana-sini. Teriak..truck, car, bus..eh begitu liat bajay dia teriak..JULIIII...!!
Read more!


Tuesday, March 29, 2005

Ikel did spell the word!

Aduh senengnya..Ikel udah bisa ngeja! Emang sih dia udah lama hafal alfabet, cuma I never saw him spelling before, biasanya kalo liat rangkaian kata dia cuma nunjuk and spell satu-dua huruf aja. Tapi sekarang dia lagi seneng ngeja kata apa aja yang dia liat. Dari mulai merek yang nempel di TV, sampai menu di rumah makan padang. Kaget juga pas liat dia baca SONY di TV, eS..Oww..eNN..waaaYY. Kayanya udah mulai bisa geser ke belajar rangkaian huruf kali yah..Mungkin dikit2 dulu, agak ragu juga soalnya masih tiga bulan lebih lagi Ikel sampe umur 2 taun. Emang memory-capacitynya masih gede banget, tapi masih takut aja rasanya ama sisi emosinya. I myself could not believe he could do that, soalnya selama ini I never forced him to learn.

Ikel juga seneng baca rangkaian angka, liat nomor mobil dibaca..tapi dilebihin. Kalo ujungnya 7, dia baca taten (seven,red), terus diterusin sama eight, nine, ten! Lucunya kalo in English dia bisa baca sampe ten, kok kalo Indonesian dia cuma ampe sembilan :(..sepuluhnya harus dicontohin terus.
Terus seneng banget, waktu Ikel liat mamanya buka Qur'an, dia ikut ngaji..Alif, ba, ta,tsa sampai kho. Biar cuma tujuh huruf kan lumayan..hehe. Nggak tau kenapa susah banget ngajarin da, dza. Begitu dicontohin beberapa kali dia baca sendiri alif sampai kho, langsung ke ro, sho, dlo, ain, iya (yang paling gampang diapal gara2 sama ama nama mamanya). Malah pake ditambahin segala..bukan iya, tapi mama iya :-(

Tapi Ikel itu ya..subhanallah..ngototnya luar biasa, hehe..kata orang2 sih mirip banget mamanya kalo udah gitu. Heuras adatnya. Udah beberapa kali ngotot2an sama mamanya sendiri. Waktu itu soal gambar motor sama truck, kemaren soal flower sama leaf. Gara2nya dia liat daun di teras, terus dia bilang flower. I corrected him, it's a leaf not flower. Leaf. Ikel kept saying.."FLOWER!", and I kept saying "LEAF!". I showed him a picture of flower then supaya dia bisa bedain..tapi Ikel tetep aja keukeuh. But I know, dia keukeuh saat itu doang, kaya kasus motor sama truck. Biar dia ngotot terus bilang itu truck waktu dikoreksi that itu motor, besoknya dia bener bilang itu gambar motor. Weleh..I really need his daddy nih..buat jadi penengah..:-)
Read more!


Monday, March 21, 2005

Books Comment..The (Un)Reality Show!, Sihir Cinta, 2nd Chance, Sebuah Janji, Speechless & Dalam Derai Hujan

Okay..some in my lists now:
1. The (Un)Reality Show by Clara Ng
2. Sihir Cinta by Miranda (Dear Miranda,..here I give my comment :-) )
3. 2nd Chance by James Patterson
4. Sebuah Janji by Sinta Yudisia
5. Speechless-Buket Pengantin ke 13-
6. Dalam Derai Hujan by Sandra Brown


Let's start with The (Un)Reality Show!

Buku ini tebelnya nggak jauh sama serial Indiana. Gaya nulisnya juga khas Clara, yang ngocol..and asli seru abis. Gw baca ini sambil ngakak2 sendiri. Critanya reminds me a bit to Petirnya AnTV, bedanya penghuninya dipilih secara acak. Bottom line buku ini nyeritain penghuni2 yang ajaib itu with different characters and background.
Akhir ceritanya emang sangat mengejutkan and I think bisa menimbulkan dua efek buat pembaca: kagum or justru bete. Unfortunately buat gw efeknya justru yang kedua. Honestly gw ngerasa keganggu ama akhirnya yang rasanya terlalu kemanaaa gitu. Emang mengejutkan, and very good idea, cuma rasanya memutus aliran cerita yang udah kebentuk di benak gw pas baca. Tapi buat hiburan, buku ini menyenangkan banget, kocak and gila abis.

Sihir Cinta by Miranda
Gw udah ngincer buku ini even sejak belum terbit..hehe..sejak teaser2nya muncul di blognya sang pengarang. Begitu liat di Gramed, langsung samber deh. Gw suka gaya bahasanya Miranda sejak baca novel Dara Manisku. Enak diikutin, and pilihan katanya bagus..
As what I've expected, gw dapetin hal yang sama dari Sihir Cinta. Novel ini enak banget dibaca, membius..kaya suaranya Anwar Robinson..mencengangkan..kaya penampilannya Bo Bice, and have a consistent beautiful flow kaya suaranya Carrie Underwood (hehe..ketauan penonton setia AI :-P). Ide-idenya magnificent, bayangin aja..ada a talking cat like Nimbus. Dari sisi ide cerita global sih agak bisa ketebak, tapi it's still a sweet love story. Yang paling gue suka dari novel ini justru bukan ceritanya, bukan alurnya, bukan dialognya..tapi keindahan bahasanya. Salut for Miranda. And gw setuju sama Adhit, u only need a good marketing strategy.

2nd Chance by James Patterson

Always become one of my favorite authors, James thrilled me once more with this book. I still love his Alex Cross series more, but this one is okay lah.
Masih dengan empat jagoan wanita yang muncul di 1st To Die, ide ceritanya bagus. I'm sure it needed quite a deep survey. Pembunuhannya sadis2..and cerita tentang gang rasial di penjara, bikin gw amaze.
Seperti biasa, James bikin gw nggak bisa naro bukunya sebelum tamat. Penasaran.
Ngga banyak surprise di bukunya, jadi bikin a bit boring. Tapi buat penggemar James Patterson yang kangen ama tipikal cerita thrillernya, menghibur banget kok.

Sebuah Janji by Sinta Yudisia

Pertama, novel ini pemenang lomba novel islami GIP. I expect much from this novel.
Kedua, yang ngarangnya Sinta Yudisia yang udah bikin gue terkagum2 sama buku2 sebelumnya.
So..gw yakin buku ini bagus. And I got it.
What a wonderful story and surprising idea. Novel ini juga bikin gw terbius, nggak tahan naronya barang bentar aja.
Kisahnya yang berlatar belakang kerajaan Mongol bikin gw serasa nonton film Kungfu yang emang kesenengan gw..hehe..
Sayangnya..gue ngerasa novel ini nggak selesai. Gw pengennya sih terus ngikutin kisah Takudar, nggak cuma sampai di titik pas dia ketemu anaknya Syaikh aja. Jadi kalo ada Sebuah Janji 2, gw beli deh..hehe..

Speechless
Just another chicklit.
Buat gw chicklit satu ini ketebelan, kebanyakan cerita kesana-kesini and fontnya keciiil banget. Cerita utamanya tentang kisah kasih si tokoh ama Tim malah nggak terlalu bisa gw tangkep esensinya. Satu2nya yang bikin gw nggak tinggalin buku ini di tengah jalan adalah hiburan cerita seru Libby di kantor yang dapet boss and temen kerja yang rese, agak kaya cerita Devil wears Prada or Fashionista.

Dalam Derai Hujan by Sandra Brown

Pernah beli buku karena covernya? Ini yang gw lakukan begitu ngeliat buku ini di Gramed. Cover ijonya yang lembut with gambar bunga bener2 menarik hati. Liat cerita belakangnya kayanya lumayan ya ambil aja. Ternyata ceritanya sih standar banget..Sandra Brown gitu, romantis. Jadi yg gw lakuin sambil and stelah baca, ya cuma memandangi cover ijo manisnya itu..hehe..
Read more!


Sunday, March 20, 2005

Jaga anakmu baik-baik

Waktu Ikel sekolah hari Jum'at kemarin, gw udah bawa handycam, ceritanya mau ngerekam activity dia di sekolah. Eh..akhirnya rencananya gatot, gara-gara gw malah terlibat obrolan seru sama ibu-ibu yang laen. Ternyata hari sebelumnya, ada anak TK disebelah sekolah Ikel yang nyaris diculik. Udah diculik sebenernya, cuman keburu keliatan and dikejar rame-rame. Anak itu udah dibawa jalan jauh. Dan katanya penculiknya keren banget, asli ngga bertampang kriminal..(perasaan kriminal sekarang bukannya banyaknya begitu yah?). Padahal TK itu bagus, teachernya banyak banget, mana baby sitter2nya pada nunggu di luar. Ajaib banget masih bisa kecolongan. Serem banget nggak sih?
Apalagi sebelumnya gw baru baca di majalah tentang seorang ibu yang anaknya diculik udah gitu ketemu2 lagi anaknya udah jd pengemis di daerah Sudirman and lupa sama ortunya.
Salah seorang ortu temen Ikel punya cerita lebih serem, katanya tetangga saudaranya juga anaknya diculik pas lagi jalan-jalan, ditarik gitu sama orang yang bawa motor. Untungnya kekejar and yang nyulik itu ditangkep terus diinterogasi. Ternyata kebongkarlah semua, penculik itu anggota sindikat penculik..mereka nyewa satu rumah yang begitu digeledah isinya anak kecil semua. Anak kecil2 itu dikasih makan banyak, tapi muka mereka jadi hampa gitu. Ternyata mereka diculik buat diambil darah, diambil ginjal dsb. Sadistis.
Kok ada yang tega kaya gitu ya? Gw nggak abis pikir.
Gw langsung ceramahin maid panjang lebar, ati2 kalo ngajak maen anak ke luar. Gw sendiri jadi rada over cemas, kalo Ikel nggak keliatan bentar langsung ribut. Abis serem sih..
Ya Allah...lindungi aku dari hal-hal yang demikian...
Read more!


Poster yang sangat membantu

Ternyata poster-poster yang gw beli buat Ikel very-very helpful. Ikel loves them very much..and dia seneng belajar yang ada di poster-poster itu tanpa ngerasa dipaksa. Tiap pagi atau malem dia dateng with one or some of them and mulai nunjuk-nunjuk, minta ditepukin kalo yang ditunjuk ama yang diomonginnya bener :-D
Dari poster alat-alat transportasi..Ikel paling hafal pesawat, car (disebutin lengkap ama bunyinya..ngeng ngeng), bus, sepeda, horse (maksudnya delman!) and truck. Sempet ngotot2an sama mamanya gara2 Ikel ngotot bilang motor itu truck..dibilangin itu bukan truck tapi motor malah teriak Nggak!!. Dari poster alfabet alhamdulillah udah ampir apal semua, termasuk huruf M yang dibacanya emmmmeh. Dari poster buah baru nambah satu..Ikel rada2 gak gitu favoritin poster satu ini..semula taunya cuma apple sama banana, sekarang tambah papaya.
Dari poster binatang lumayan juga, ada rabbit, cat, dog, horse, elephant, singa, tiger, mbek. Lucunya buat binatang2 ini dia selalu sebutin lengkap sama bunyinya..like auuummm for singa and tiger, meong buat cat, gugug for dog and neinei for horse. Sayangnya, poster binatang yang gw beli nggak gitu bagus gambarnya. Ikel aja berulang kali salah nyebut kuda jadi emmoh.
Dari poster angka, nggak nyangka juga..perasaan gw cuma sering bacain aja one to ten, terus yang ditunjuk cuma sampai five. Ternyata yang dia hafal justru 1,2,3,4,6,0 and 9. Ikel masih belum ngerti konsep belasan, kalo ada angka 19 dia baca one nine. Kalo ada 20 dia baca two-o.
Yang bikin gw amaze, ternyata daya tangkap balita itu luar biasa..gw baru beberapa kali nunjukin poster huruf hijaiyah, krn semula gw takut dia bingung. Udah gitu gw baca alif sampai ya cepet2, and baca pelan2 alif sampai kho. Sekitar 3 hari gw do the same thing and ask my maid buat bacain kalo lagi ngajak Ikel maen. Ternyata sekarang Ikel udah bisa teriak alif ba ta tsa, nunjuk huruf alif ba ta tsa itu correctly, plus huruf kho and ain. Kayanya ain paling gampang disebutin kali ya..soalnya Ikel seneng banget teriak ain.
Udah gitu terakhir gw beli poster isi nursery rhymes..sebenernya buat gw krn ikel toh nggak bisa baca. Ternyata Ikel suka juga. Beberapa kali denger gw nyanyi skarang dia suka teriak2 dock..dock..sambil nunjuk rhymes hickory dickory dock, asking me to sing.
Gw baca di salah satu buku katanya sebaiknya mommynya pakai satu bahasa aja, kalo mau ngajar multilingual biar daddy or teachernya yang kasih bahasa lain. But it's difficult for me, apalagi daddynya lagi jauh. So gw kebanyakan bilingual, tapi lebih banyak pakai English, toh yang laen ngajak ngomong Ikel pake bhs Indonesia. Hasilnya ya itu..gw ajarin tiger and lion, jadinya tiger and singa. Maidnya yang sering bingung krn nggak ngerti Ikel ngomong apa..teriak-teriak tiger..aum.., mereka nanya..ngomong apa sih? Begitu diterjemahin baru ngeh. Atau tiba-tiba teriak mbeya (umbrella).Solusinya, gw usahain sering2 nunjuk something in English to Ikel di depan maid, biar mereka ngerti jg.
Oya, jadi inget kejadian lucu pas di skolah Ikel. Teachernya bawa boneka anjing besar warna item putih and nunjukkin sama Ikel and temennya. Ikel langsung teriak..emoooohhh..niruin suara sapi, and temennya Ikel langsung teriak juga "Sapi!". Tinggal teachernya yang bengong..kenapa dognya jadi sapi?? Hihi..kenapa juga warnanya item putih ya..mana bentuk doggienya ndut lagi, emang jadi mirip sapi.
Read more!


Thursday, March 17, 2005

Be mature dong..

Berantem lagi..berantem lagi..
Ngga abis pikir..DPR itu kan perwakilan rakyat,
hasil pilihan rakyat,
yang diharapkan membawa aspirasi rakyat,
dan dipilih karena dianggap terbaik dari yang baik.
Kenapa lagi-lagi ribut sendiri?

Menyelesaikan masalah dengan ribut..
tidak elegan..not mature..
Gimana bisa masalah-masalah besar diselesaikan?
Jangankan yang eksternal, internal aja udah ribut.
Tolong..pakai pikiran yang panjang dan hati yang jernih.
Nobody is perfect..just try to put a little respect to others.
Read more!


Wednesday, March 16, 2005

Taxi oh Taxi

Suddenly I remember some experiences with this transportation mean. Somebody asked me once, why I always got a story with taxi. I also don't know why..but I rarely take taxi now, so I don't think that I will get a lot of strange experience anymore. But the ones that I have are really unforgetable.
There are bad memories and good memories in our life, including memories between me and taxi. Let start with the bad ones first.

The first happened around 5 years ago in Dominican Republic. As in Indonesia, there are both legal and illegal taxi there. But what we didn't know was that there is a "war" between those two. It was very difficult to differentiate the illegals to the legals cause they have similar shape and both put the taxi boardname completed with the light on top of the car. In the noon we can see the difference from the name written in the body. But in the night..it's really dark, especially in Cabarete (which is like Anyer here), only forest and beach around us. And we stayed quite far from the center of Cabarete. When taking a taxi, we also did not care whether it's illegal or not as we saw many people taking illegal ones.
So one night, we stopped a taxi. Found out that it was a sharing taxi cause there were already two guys inside. We did not care as it's night already. We were three, plus the two others and the driver, so there were total of 6 people in the car. As I was the only female, I took a front seat.
Just few minutes after we got into the car, suddenly the driver fasten his speed, very high. I was surprised and wondering what's wrong. Then I saw behind, there were some taxis were chasing us, also in high speed. Still did not understand what happened, I got shocked watching the driver drove the car like crazy. The number of taxis chasing us got increased and increased as other taxi along the road also joined the chasing.
It was really like hollywood movie, like police chasing the robbers, or like when two gangs in trouble. Scarry, shocking, my heart felt like stopped. Other cabs bumped their car to ours, trying to force our cab to the side of the road. But the driver insisted. Being forced from the main road, he took the side road which was full of bush. All the passengers behind lost their voice. I screamed and kept asking the driver to stop. Unfortunately, he did not speak English. I tried to speak in Spanish, mixed it a little with English, the best as I could..but then he answered with a very long sentences in Spanish, I could not get what he said except "no puedo".
Then nothing I could do except kept praying.
Just like an answer to my prayer, the car ran out the gas. So it stopped not because the driver wanted to stop, but because he had to.
Right after the taxi stoppped, all the chasers approached our cab, pulled the driver out. I didn't know what exactly happened to him, I think they beated him. But we were left inside the cab still with a shock.
Fortunately, the chasers, though they look rude, but actually they're sweet. One of them came to us, offering us a lift and he took us home. Then he explained the "war" between legal and illegal taxis there, and advise us not to take illegal taxis anymore. We did follow his advise after that. Coz our experience that night was such a nightmare.

And like once is not enough, I got the similar experience in Singapore. But in Singapore was better coz the road was crowded. I forgot how it was started, but the cab that I took argued with another taxi. They yelled each other, and suddenly the other taxi chased ours. The driver, again, drove like crazy. Took any way he could to escape. I could not say anything..just wondering how could this thing happened to me again?? The chasing finally stopped when we arrived in front of our apartment. We ran, stayed away from the taxi. The chaser still followed the cab till our apartment, then the chaser pulled our cab's driver away, fought..(story repeated). I remember some people approached and tried to help them solving their problem.

But fortunately, though Indonesia is famous of the brutality of the drivers in the road..hehe..but I never got that kind of problem with Indonesian taxi.

Besides the bad ones, I also got pleasant experiences.
When I arrived in Chicago for training, I called a limo to pick me up. Then the limo came, the driver helped me with my stuffs. First he didn't say much, but I noticed that he paid me a very big attention, not like an ordinary driver. He looks like a Pakistanish. Then we talked and I found out that he's a moslem. He's very happy seeing a moslemah. And yes, he's not an ordinary driver, he's a 7-11 franchisee and do driving just to fill his extra time. He told me about his family, that he has a daughter in my age. He's very friendly.
Logically, we've just met so he's stranger for me, but I felt save and felt familiar with him. I had no fear nor worry. He even stopped the taxi in front of Taco Bell and bought me a pizza. Then he left me his number and asked me to come to his house in the weekend.
He picked me up in the weekend to stay with his family. His wife cooked a lot to welcome me. Then his daugher accompanied me seeing the town, taking me to some interesting places. I felt really like with my own family. I believe..that's the power of ukhuwah islamiyah.

Another experience, again in Singapore. As usual I called a cab to take me to the airport in the weekend. At that time I was lucky that I got a limo cab with normal price. The driver was a Moslem Malay. We talked and he said he's happy to talk with a sister, again the power of ukhuwah islamiyah. He gave me his card and told me to always call him if I need a cab. But I felt ashamed to do so..I mean..I didn't want him to think that I use him to get a limo with low price. But funny, the next time I called the taxi office, it was him again who picked me up. So for some times I got limo services with normal cab price.

Again..referring to what my friend asked me..what's wrong with you and taxi driver??? How do I know? I think it's just an experience..a fate, or something like that. Everyone can get the same one. I just feel that those experiences above are really special.
Read more!


Friday, March 11, 2005

Inspiring Books..part two..

At first I chose Totto Chan to be reviewed, but I changed the decision as I've just read a very impressing book. Ayat-ayat Cinta by Habiburrahman El Shirazi.
The book is beautiful indeed. The sentences written in such a way that make the reader feels involved. Lot of beautiful poems. And the story is far from boring. It's very alive..interesting..and surprising.

The story is about a magister student of Al-Azhar Cairo, a modest and low profile man who was born in small village in Indonesia. Beside studying in Al Azhar, he also get a chance to become a student of a well known 'syaikh'.
This novel is love story novel. The man, with amazing personality, is loved by three women. Each brings a different story to his life. But it brings a message that love with Allah as the basic will be able to handle all obstacles. And loving someone because of Allah can make people do "unbelievable-but-very-beautiful" things.
Habiburrahman spreads Islamic thoughts through this novel, but it does not make this novel like a non-fiction book. Readers also do not feel like being taught by the writer. The story flows beautifully, make all the thoughts as part of the story itself.
In the end of the story, my heart was fulfilled by a feeling of love. Love to Allah, love to His creations and love to my family.
The book had inspired me a lot, to do more things to express my love.
And the book had made me missing my hubby more than before. I feel bad cannot be with him, cannot accompany him, giving him a spirit..
To my husband whereever you are, you are my key to paradise. Bring me to your pray, and let me be your light forever. I really thank Allah for giving me such a wonderful partner..
Read more!


Monday, March 07, 2005

Banjiiir..what a busy day

Yesterday was really a busy day..for those who live near Kali Bekasi especially.
Alhamdulillah banget I and my son lagi nginep di ortu, otherwise..nggak tau deh. Soalnya agak aneh juga, ujan nggak gede-gede amat..cuma gerimis malah asalnya..tau-tau aer udah masuk rumah. Ternyata banjir kiriman. Kalau saat itu gw di rumah, aduh..jangan sampai..soalnya my baby tidurnya kan di kasur lipet bawah..

Gw dapet kabar jam 2 pagi, ketika telepon tiba-tiba berdering and yang jaga rumahku laporan air udah masuk selutut. They were really panic..sure..soalnya pas yang jaga rumah cuma berdua, perempuan semua lagi. Barang2 elektronik udah diungsiin ke lantai atas, tapi mereka nggak kuat gotong kasur, sofa n yang berat2 lainnya. Belum lagi aliran air yang cepet banget naeknya, baru mau angkat yang satu aer udah naek lagi. Tau-tau udah sepaha. Tinggal gue yang bingung gimana caranya gw nolongin mereka kesana..Karena ternyata jam tiga itu air di jalan utama kompleks udah sedada, and yang bisa masuk cuma perahu. Bantuan belum dateng. Gue cek ternyata bantuan baru sampai Kemang yang menderita lebih parah.
Pembantunya saudara gw sampai nangis2 juga di telpon krn cuma sendirian di rumah, mana ternyata lampu mati semua. Setiap gw nelpon ke rumah yang kedenger suara orang-orang, bayi nangis..really2 desperating. Banyak yang udah ngungsi di lantai dua rumah. Yang jaga rumah masih kept trying to safe some other things.
Nothing I could do selain tetep kontrol, nelpon sana nelpon sini cari bantuan and praying of course. Akhirnya aer nggak naek lagi walau belum surut juga..and it was about 4.00 am. Gw sempetin tidur bentar..
Begitu bangun my daddy baru dateng and langsung ke rumah gw naek sepeda. Gue tanya lagi, air udah mulai surut. Nungguin berita dari my daddy. Begitu my daddy telpon, katanya mobil belon bisa masuk..even kijang, and kondisi menyedihkan banget..lumpur dimana-mana. Sekitar setengah jam kemudian, my daddy telpon and minta bantuan orang dari rumah buat ikut beres-beres. Gw kirim pembantu yang biasa bantuin ngasuh Ikel pake ojeg. Begitu dia pergi, gue baru sadar gimana juga caranya org2 disana bisa makan. Akhirnya gw beli nasi uduk and roti ke ruko, beli payung..and pergi naek beca ke rumah gw. Jalanan macet total and becak really2 kurang powerful buat nyela-nyela. Tapi gw bawa plastik2 berat jd nggak mungkin naek ojeg.
Karena nggak maju2 akhirnya gw turun dari becak and memutuskan jalan kaki sampai ke rumah dari depan pabrik pasir. Lumayan jauh juga ternyata. Bukan jauhnya yang bikin susah, tapi plastik2 yang berat banget itu yang bikin susah. Mana dikit2 gw kecebur ke genangan air sampai lutut. Tapi sepanjang jalan itu gue liat pemandangan2 mengenaskan..kompleks2 lain di deket kompleks pada kebanjiran juga..bahkan ada yang begitu gw lewat lagi pada berenang2 orangnya gara2 tinggi air sampai leher. Begitu sampai di depan kompleks, bener2..lumpur dimana-mana. Kaki gw udah susah diangkat, sampe sendal akhirnya lepas. Gw udah nyerah, karena tangan gw penuh and sendal lepas, gw tinggalin aja tuh sendal and nyeker. Untungnya ada saudara yg ternyata dateng ke rmh gw barengan banget timingnya..kita ketemu deket gerbang kompleks..jadi ada yang bantuin gw ngangkut2 and menyelamatkan sendal.
Di rumah gw lagi sibuk banget..kasur gue tenggelem, sofa tenggelem sebagian, baju2 gue and baju2 ikel kerendem semua. Bersih2 juga susah krn nggak ada aer, so aer hujan dan air2 agak bersih lainnya jadi berperan banget. Stelah bagiin makanan, ikut beres2..bawain barang sebagian ke galaxy, nggak kerasa udah sore. Sore gw pulang ke rumh ortu, after kerjaan di rmh gw tinggal sedikit.
Malemnya ada berita air naek lagi. Org2 udah jaga2. Takut yang di rmh gw keisolasi lagi, gw beli macem2 buat dibawa kesana: gas kecil buat kompor gas kecil, bahan makanan, nasi goreng, senter, lilin. Rencananya gw mau kesana naek ojeg. Begitu mau pergi, my lovely son mergokin and marah. Nangisnya baru mau berenti kalau gue temenin maen di kamar. Akhirnya gw tukeran tugas ama maidnya ortu, dia yang ke rumah nganterin bahan2.
Berita slanjutnya aer naek sedikit, tapi kayanya nggak berbahaya. Nggak hujan. Sounds good, so yang gw butuh banget saat itu..sleep.
Tapi ternyata begitu mau bobo..Ikelku sayang bangun. Tiba2 nangis keras dan nggak mau di kamar. Baru diem begitu dipasangin Barney. It was 11.00 pm. So gue nemenin Ikel nonton Barney sampe abis. Begitu abis ternyata Ikel belum mau bobo juga. Gw bawa pindah ke kamar and dia di kamar malah ngajak maen laptop. Nyanyi, teriak2 huruf, sampe bosen. Begitu bosen, bukannya bobo, Ikel malah keluar kamar lagi. Setiap gue bawa bobo sampai gw ketiduran,dia bangunin gue lagi..wakeup! Terus Ikel keluar ngambil poster alat transportasi and teriak2 lagi..pesawat, car, truck, bus...motor..sampe bosen lagi. Seabis bosen, ganti lagi maenan ama mobil2an..gitu terus sampe mata gw udah gak bisa kompromi. Akhirnya gw bawa tidur di ruang tengah, ngampar kasur..gw bobo aja..Ikel kayanya udah cape and mulai ikutan bobo. Dan bobolah kita di tengah ruangan..at 2.30 am in the morning :-(
Berita terakhir..ngga banjir lagi. Tapi berita di TV kemaren katanya harus waspada aliran air dr Bogor and Depok. And sekarang ujan lagi..Selama tanggul belon dibenerin gak bisa tidur nyenyak kayanya. Nggak nyangka banget bisa kebanjiran, biasanya juga nggak kena banjir. Gara2 tanggul jebol nih..tapi gimana lagi bisa benerin tanggul dalam cuaca kaya gini.
Read more!


Thursday, March 03, 2005

Blog & Friendster, Norak??

Semula gw nggak mau kasih komentar, tapi kok lama-lama gatel juga ya..abis berkali-kali gw ngeliat surat yang sama dari Roy Suryo di berbagai media yang gw baca, sampai ke media seperti Kartini & Cosmopolitan coba! Apa coba maksudnya?? Kenapa sih Roy Suryo harus merasa penting mengumumkan bahwa banyak ID di friendster itu palsu? Semua orang yang ber-Friendster juga tau..dan rasanya itu bukan ancaman yang luar biasa penting sampai harus diumumkan di berbagai media.

Terus what's wrong with personal homepage and blog? Kenapa Roy Suryo ngerasa penting untuk menekankan bahwa itu hanya tren sesaat dan sebagian orang menganggapnya norak. Sebagian orang? Kok gw nangkepnya malah mas RS yang nganggap personal homepage & blog itu norak. Honestly, as blogger, friendster user, I felt offended.
Kalau mas RS bilang itu tren sesaat, mungkin dulu beliau juga nganggap mailing list and chatting cuma tren sesaat. Tapi sekarang chatting udah jadi makanan pokok di Internet. Jangan bilang kalau mas RS gak ikut mailing list..
IMHO, Friendster and Blog are very-very helpful buat semakin menarik orang ke Internet. Bahkan anak2 sekolah yang semula nggak suka nginet juga sekarang jadi seneng nginet gara2 friendster, terus mulai melirik blog, chat and fitur lainnya. Friendster menolong banyak orang buat ketemu temen-temen lamanya, termasuk gw. Blog mendorong orang untuk kreatif menulis. Jadi...apa pantes dibilang norak?
So..dengan pesan damai, gw harap mas RS bisa ngejelasin ke publik apa sih maksud surat tercintanya itu yang disebarin ke berbagai media. Kenapa blog, homepage, and friendster dianggap tren sesaat yang norak. Kalau perlu media perlu mengklarifikasi dengan menghadirkan dua sisi yang pro and kontra dng pendapat mas RS. Menurut gw sih it's needed, otherwise masyarakat yang hanya sedikit2 mengenal inet bakal kebingungan. Apalagi pernyataan norak itu datang dari mas RS yang katanya seorang pakar.
Read more!


Susahnya ngajarin anak

Ikel: Ma...squey..(square, red) -> pointing to the red square on a top of his toy
Me: Correct..hoorayy...Ikel pinter.
Ikel: Oval --> pointing to the green circle besides the square
Me: It's not oval, Ikel..it's circle.
Ikel: Squeeeyyy..
Me: Circle, sayang..
Ikel: Sekeh (circle, red)
Me: pinter. Lagi..
Ikel: squeyy....ovall...
Me: :-(

Film English&Me: C is for Car
Me: What's that, Ikel?
Ikel: C!! --terdiam sebentar-- C apa, Ma? (Siapa-red)
Me: Bukan siapa, itu C, huruf C.
Ikel: Siapa???

Ikel: Zeee -> nunjuk huruf Z di karpetnya
Me: Good. Where is O?
Ikel: Ow..-> nunjuk huruf O, Exxx..->nunjuk huruf X
Me: J?
Ikel: Jeyyy..-> nunjuk huruf J.
Me: S?
Ikel: Eccchhh..-> nunjuk huruf H
Me: mm..right..it's eich..but where is S? essss...
Ikel: ecchhhh...(keep pointing to H)

Huah..masih banyak peerku selain yang diatas...
1. Ngajarin Ikel not to call meng when seeing tiger
2. Ngajarin Ikel that papah <> kapal..hihi...

Tapi at least..Ikel skarang udah tau bedanya abis sama sampe :-)
Susahnya, Ikel banyak belajar dari lagu..kaya lagu old mac donald..
jadinya kalo liat sapi dia teriak moooo...kalo liat kuda dia teriak nei nei..as the song..
Kadang2 bener sih..ada kuda dia teriak kuda, atau horse. Tapi seringnya nei nei. Jadinya selain emak bapaknya nggak ada yang ngerti kalo dia teriak neinei itu maksudnya nenek atau kuda :-(
Read more!


Test Kepribadian

Menurut gw, test kepribadian itu seringkali bikin bingung, ya nggak sih?
I mean..dulu gw pernah test yang personality itu (sanguin, melankolis etc), and kayanya hasilnya selalu berubah. Kalo nggak nilai setiap kepribadiannya ampir sama. And gw nggak pernah puas ama hasilnya.

Terus gw iseng ikutan left brain and right brain lagi..entah yang keberapa kalinya, cuma kuisnya aja yang beda..and hasil terbaru:
You Are 15% Left Brained, 85% Right Brained

The left side of your brain controls verbal ability, attention to detail, and reasoning.
Left brained people are good at communication and persuading others.
If you're left brained, you are likely good at math and logic.
Your left brain prefers dogs, reading, and quiet.

The right side of your brain is all about creativity and flexibility.
Daring and intuitive, right brained people see the world in their unique way.
If you're right brained, you likely have a talent for creative writing and art.
Your right brain prefers day dreaming, philosophy, and sports.

Are You Right or Left Brained?


Ajaib juga. Padahal test2 yang dulu..gw tuh selalu either di tengah2..or very left brain!

Jangan2..gw punya multiple personality????Hiiiii...
Read more!


Dominant Intelligence?

Your Dominant Intelligence is Linguistic Intelligence
You are excellent with words and language. You explain yourself well.An elegant speaker, you can converse well with anyone on the fly.You are also good at remembering information and convicing someone of your point of view.A master of creative phrasing and unique words, you enjoy expanding your vocabulary.
You would make a fantastic poet, journalist, writer, teacher, lawyer, politician, or translator.

Kind of Intelligence Do You Have?
Read more!


Wednesday, March 02, 2005

Why I bring my child to school early?

Several times I got the same question. Then I think it's better to share my opinion and experience with others through this blog. Sure..it's open for discussion.

Previously, I had a thought that I would not put my kids to school before 3 years old. But then I saw my son is very active. Though I spent much time with him, teaching him this and that, but I don't have enough playing skill :-) Luckily there are Barney's films and Baby Einstein's that had given me some ideas. Bought some books already about playing, the educative ones, but I myself felt bored..let alone my kid..I thought. And sure he cannot always play with me, he should play with other kids in his age. But after I notice, the kids in my environment play together only in the afternoon after taking a bath, or very early in the morning. And the kids play the same thing every day, either riding a bicycle or running..playing cat and mice perhaps if they understand already.

So I and my husband did a survey to some preschool for kids below 2 years old. We took some free trials as well. Our criterias are simple: we were looking for a playing place. We do not want our kid to be forced in learning how to read or how to count. We just want him to play-in a safe, healthy and educative way- and learn to socialize. So we directly ignored some preschools that offer reading&drawing class for my child (who was only 1 year old at that time!) and also those that has two hours of one session (come on..my son will cry if he has to play that long in one place only).
In the end of the survey, we have two places in our choices: Tumble Tots and Gymboree. We chose Gymboree at last for the price matter :-) I like the school's way of learning by playing. The children are guided to play with tools to improve their motoric skills, then they are gathered in the middle of the room, made as a circle, then sing and dance together.

I never regret the decision to put him to preschool, in fact I feel that's one of my best decisions.
The advantages are not just for my son, but also for me. Actually, I'm the one who learn a lot.
Everytime I accompany my son, I notice what kind of play they do, what songs they sing, what kind of toys they use. I recited almost all the songs given. That's actually for me, in future, if I have my second kid, my third, my fourth..or perhaps if I open my own preschool one day (that has been my desire for a long time).

In the other hand, there's a bounding problem. As a mommy who stays at home, my bounding with my son is very strong. Especially after his dad went abroad, my kid became closer and closer to me. It makes my effort to make him more independent harder as he keeps looking for me everywhere he goes. It happens also when he's at school. I notice that he needs more time to adapt than some other kids. I will say it's a kid-with-full-time-mommy-syndrome..cause after talking to other parents that have similar problem, it seems to happen only to kids with mommy at home, especially boys. The funny thing, he does not show the same thing when playing with neighbours. However, he's getting more and more cheerful through the days.

Bottom line, bringing him to school has helped me and my kid to use our time as qualitative as possible. As he just come to school twice a week, I always repeat what he did at school while playing at home. I still make him playing with neighbours, do running, watching and playing some toys.
Ikel still has problem with his speaking skill till now but I think he's quite excell in some other things. Now he can speak some words very clear (not in a baby language anymore..): mau, papa yang (papa eyang), mamaya (mama iya)...so I feel more relieve :-D When I teach him a new song, I notice that what he recites is the movement that I make, not the text! He does not want to sing all or even some of the texts (except the last part only) though he know the text. When I sing he dances or moves his body/hand as what I've shown.

So back to the topic, I will recommend early school for children. But check the curriculum first. What do u think?
Read more!


Tuesday, March 01, 2005

Expression..is it genetic??

Just have that thought cause Ikel really looks like me when he's staring at something very seriously.
And his expression when he's mad...
and when he's disturbing others while watching..
So maybe it's not his face that looks like me, but his expression..
and bring me back to the question..is expression a genetic thing?
Read more!


The Apprentice

Hua..asli, suka banget reality show yang satu ini!The best so far. Baru nonton satu episode, dan bakal jadi tontonan wajib nih tiap minggu.
Buat yang belom pernah liat, show ini tentang Donald Trump yang nyari president director buat satu companynya, jadi semacam recruitment yang ditayangin langsung gitu. Pasti seru, karena kandidat2nya kan udah dipilih seselektif mungkin. And udah gw bayangin, si kandidat2 ini kan rata2 dari background yang sama, orang2 yang udah sukses di bidangnya masing2.
Ada yang boss ini, owner itu, the best ini, the best itu..so mostly gue yakin karakter2 mereka banyak yang mirip satu sama lain. Kebayang kan kalo orang2 yang biasa jadi penentu, pengambil keputusan, orang2 yang biasa diiyain, suddenly mesti kerja in a team and they should listen..they should cooperate. Baru episode pertama aja udah gedubrak! And tipical mereka tuh kan..apa ya...a bit nekat gitu..(iya lah..rata2 orang sukses gitu kan nekat..hehe..), jadi lucu juga liat mereka rada2 promosi diri, berusaha bikin Trump tertarik ama mereka.
Jd pengen analyze episode pertama kemaren..
udah agak kebaca kemaren, gw yakin si Sam nggak akan dipecat. Begitu tiga orang yang masuk ke ruang rapat ditentuin: Troy, Sam and David..even semua orang blame Sam for their lost, gw yakin David yang bakal ditendang. Cause if I were one of the judges..gw juga pasti bakalan pecat someone yang nggak keliatan actionnya. Diantara mereka bertiga, Troy definitely keliatan rolenya as project manager. Walau gagal, and menurut gue emang dia gagal as project manager, tapi segi positif and usahanya keliatan. Troy keliatan good in handling people. But he's not managed, not a kind of person who can plan things in detail. Menurut gue, as a leader, dia nggak bisa gitu aja nyetujuin usul satu orang terus act. Better if he did brainstorming then analyze their competitor's power first. Soalnya gimanapun juga mereka kan dalam suasana kompetisi, so analisa lawan itu penting. Apalagi mereka mesti saingan jualan lemon yang menurut gue sih udah jelas lebih gede chance-nya kelompok women daripada mereka. That's why it's SPG not SPB right?
And gue sebenernya setuju ama usul Sam, they should do something more than just selling lemonade for 1$! Sam is an out-of-the-box thinker. And it's often needed in a company right? Tapi emang, Sam tipe orang beresiko..hehe. Tapi kalau gue jadi Trump juga gue bakalan take a risk to keep him first for few episodes, liat kelanjutannya. Kalo dia tetap bermasalah ama temen2 yang lain then goodbye. Cause somebody who cannot listen to others also is not a good candidate for a leading position.
But though Sam is creative, tapi dia kemaren agak ngga make sense waktu mau jual lemonade for 1000$ and offered nothing but dream! I mean..siapa yang mau beli coba buat something yang gak jelas gitu? Kan lebih masuk akal..jual lemonade for 100$, kalo ada yang beli ntar si Sam give massage service gitu..misalnya..
The guys' team kemaren bener2 did nothing but selling..gak ada spesial2nya gitu. Emang sih ladies' team used their beauty, offered their kisses etc...tapi itu kan their way of selling and they knew that people would pay 5$ for their kisses..hehe..
Padahal sebenernya mereka kan bisa did something to attract people. Jadi mereka bisa jual performance with lemonade as bonus. Misalnya bikin pom-pom boys attraction gitu, musical drama..etc.
Back to the three guys...so jelas, diantara tiga orang itu cuma David yang nggak keliatan ngapa2in. Sebenernya pria2 lain jg gak keliatan aksinya sih, cuma sial aja si David ini harus ikutan masuk ke ruang meeting jadi dia yang jadi korban.
Dari ladies team,..Ereka looks good. Dia lumayan bisa managed people. Yang menurut gw rada2 in dangerous position definitely Tammy Lee yang istirahat tanpa ijin and malah bersikap offensive. Terus Omarusa (siapa ya namanya..lupa), yang keliatannya selalu pengen mengclearkan suasana, even disaat2 yang nggak perlu. Malah bikin kacau.
Huaa..ngga sabar nonton kelanjutannya. Indosiar mau bikin versi Indonesia..siapa ya Donald Trumpnya?? Bakrie? Atau jangan2 pak JK?? Hehe..
Read more!


This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]