Sunday, January 22, 2006

Lost in Teleporter, Antara Fakta dan Imajinasi

Tulisan ini dibuat karena banyaknya pertanyaan yang saya terima dari pembaca novel Lost in Teleporter yang pada intinya mempertanyakan apakah yang saya tulis memang mungkin terjadi.
Pertanyaan-pertanyaan seperti:
Jadi manusia nanti bisa berteleport ya? Bahaya nggak?”
“Proses konstruksi dekonstruksi itu beneran ya? Serem dong kalau manusia dibikin begitu?”
“Emangnya ada orang yang melakukan perjalanan astral?”

Dari situ saya terpikir untuk menulis apa saja yang fakta dan apa saja yang khayalan saya belaka dalam novel Lost in Teleporter.


Jadi, apa yang fakta?
1. Perkembangan teleporter yang saya tulis di dalam novel sebagai footnote dalam dialog tokoh Dewey dan Nilam, adalah fakta. Teleporter dimulai dari teleport foton, laser sampai atom. Pada awalnya semua masih menggunakan teknik konstruksi dan dekonstruksi, atau menghancurkan dulu objek yang hendak dipindahkan lalu dibentuk lagi di tempat yang baru. Lalu pada tahun 2003 University of Vienna mentransfer foton dengan mentransfer status kuantum foton tersebut. Cara ini diklaim tidak menerapkan teknik konstruksi dan dekonstruksi. Menurut saya pribadi walaupun tidak menghancurkan tetapi transfer status kuantum ini juga tidak memindahkan secara fisik, tetap ada proses konstruksi.

2. Penggunaan piramida sebagai sumber energi, itu juga fakta. Banyak orang yang menggunakan piramida untuk meningkatkan energinya.

3. Isu cloning dalam teleporter itu juga adalah fakta sebagai akibat dari digunakannya teknik konstruksi dan dekonstruksi.

4. Ada orang-orang yang melakukan perjalanan astral, itu juga fakta. Coba search di search engine dengan kata kunci astral projection atau out of body experience. Mungkin seperti halnya saya, Anda akan tercengang melihat begitu banyak orang yang tertarik pada hal tersebut dan bahkan melakukannya. Banyak juga dijual alat-alat pembantu, seperti kaset dan CD, untuk melakukan perjalanan astral. Di dalam buku Out of Body Experience bahkan dijelaskan secara detail pengalaman-pengalaman dan teknik perjalanan astral.

Lalu yang masih khayalan..

1. Penemuan logam luar biasa sebagai bahan piramida, itu khayalan saya belaka, terinspirasi dari buku-buku tentang UFO yang pernah saya baca.

2. Mind transfer atau proses pemindahan pikiran dari manusia ke mesin, mesin ke mesin atau manusia ke manusia, secara teori mungkin dilakukan. Tapi sampai sekarang belum ada teknologi yang dapat melakukannya. Penggunaan nanoteknologi untuk hal ini seperti yang dikatakan Nilam dalam LIT, sementara ini masih hipotesis belaka. Ini bukan khayalan saya saja, tetapi saat ini memang belum ada aplikasinya di dunia.

3. Manusia bisa direpresentasikan sebagai data, itu juga khayalan belaka.

4. Bentuk teleporter yang piramida, itu hasil pemikiran saya belaka.

5. Proses teleportasi manusia, dimana dilakukan scanning cepat dan transfer dengan energi dari piramida, sampai penyimpanan metadata dengan identifikasi yang unik, itu juga hasil pemikiran..bukan fakta.

6. Bisa ada bug di teleporter, khayalan saya banget!

7. Menggunakan proyeksi astral untuk teleportasi dengan cara mengaktifkan amygdala untuk melepas jiwa, itu sekedar ide saya.

8. Barang-barang canggih seperti hologram untuk rekaman kejadian, smartphone berbentuk unik, visual keyboard..semuanya khayalan saya.

9. Foodporter..itu keinginan saya

10. Penggunaan IVR sebagai customer service, masih khayalan saya.

11. Multitelemachine, mesin untuk teleport lebih dari satu orang..apalagi..itu jelas-jelas imajinasi saya.

Jadi..teleporter itu beneran ada? Memang. Tapi jangan dulu membayangkan teleporter canggih yang bisa mengirim makanan apalagi manusia. Jalan kesana masih panjang dan banyak faktor-faktor lain yang terlibat di luar masalah teknologi. Kloning saja sampai sekarang masih menjadi polemik.
Mungkin ada hal-hal yang terlewat dan Anda masih penasaran apa itu nyata atau khayalan saya, silakan untuk bertanya langsung pada saya. Yang jelas saya tidak mau bertanggungjawab bila ada pihak-pihak yang lalu memutuskan untuk mencoba proyeksi astral setelah membaca Lost in Teleporter :-)






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]