Saturday, March 18, 2006

Maid..Hard to Live Without You

Baru baca postingannya Teh Inong soal maid, jadi pengen nulis juga.
Kalau soal disangka maid, emang nggak ada abisnya. Dulu waktu lama di Singapore, setiap fly back gw selalu berusaha dandan atau at least pake baju kerja lah. Kalau nggak..hueh..di bandara Soekarno Hatta bisa disuruh ke terminal khusus. Mana suara pegawainya itu, nggak ada ramah2nya, main bentak-bentak aja. Gw bete banget, kenapa sih kalau orang berjilbab, gak dandan n baru pulang dari LN langsung aja disangka maid? Akhirnya gw selalu nenteng laptop kalo pulang. Keterlaluan banget aja kalau udah nenteng laptop masih disuruh ke terminal khusus.

Nah..di KL ini sama-sama aja. Kemaren-kemaren gw sempet disangka pengasuhnya Ikel! Bete nggak siiih. Padahal jelas2 Ikel manggil gw mama! Mana gw cukup dandan juga.
Gara2 gw pakai jilbab and ngejawab waktu diajak ngomong Malay!!
Salah satu alesan gw males pake bahasa Malay disini ya itu...kalau gw ngomong Malay pasti langsung ketauan orang Indonesia.
"Awak indon ya?" Deziiig..
Soal bahasa ini sempet bikin gw pusing. Kaya makan buah simalakama. Kalau ngomong Malay ya gitu..mana gw belum bisa ngerti kalo orang ngomong Malay cepet2, jadi sering ngaco ujungnya. Kalo gw ngomong English, lebih lucu lagi..kalau gw ngomong di telepon..ini reaksi orang:
1. I thought you are American!
2. Mmmm...where do you come from? You're foreigner, ya?
3. I thought you're from Arabian!
Cuma karena gw ngomong British English..bukan Manglish. Lucu juga, landlord gw bilang dia bener2 nyangka gw bule..n surprised berat begitu liat lhoooo..kok berjilbab???
Kalo ngomong langsung ke orang pake English..hasilnya..disemprot tukang taksi sekali! Orang malay tak mau cakap malay! Macam mana la??

Balik ke soal maid, yang gw nggak ngerti..what's wrong with becoming a maid actually? Kenapa juga orang2 sg & my banyak yang memandang rendah sama maid?
Padahal..menurut gw maid itu suatu pilihan pekerjaan yang harus dihargai.
Di halaman terimakasih buku gw, gw ngucapin terimakasih buat asisten2 gw..karena tulus dari hati gw yang paling dalem, gw sadar besarnya bantuan yang mereka udah kasih buat gw.
Sedari kecil gw nggak pernah nggak punya maid. Bahkan setelah menikah and punya rumah sendiri, gw memilih punya dua maid. Gw nggak tega aja liat maid gw seorang ngerjain terlalu banyak. Banyak yang nyinyir terus ngata2in gw males lah sampe punya maid dua, gw sok kaya lah..dsb..dsb..So what anyway? Honestly, sebagai wanita, gw nggak gitu suka ngerjain kerjaan rumah tangga. Jadi waktu di Indo dulu, meskipun gw resign dari kerjaan kantoran, gw fokus sama anak & suami gw. Satu-satunya kerjaan rumah tangga yang gw kerjain cuma masak.
Di KL ini, gw hidup tanpa asisten cuma satu bulan setengah. Tapi rasanya bener-bener drove me to hell. Gw yang nggak biasa sama kerjaan rumah tangga mesti ngerjain semuanya sendiri. Punya anak yang lagi nggak bisa diem bikin perhatian gw mecah-mecah. Belum lagi sifat perfeksionis gw yang terus2an muncul disaat yang salah. Ada hari dimana gw penuh semangat ngerjain semua kerjaan dari yang rutin kaya nyuci, ngepel, masak sampai bersihin kamar mandi..dan masih bisa nemenin Ikel sambil ketawa-ketiwi. Ada juga hari dimana mau ngelangkahin kaki ke ruang jemur aja rasanya beraaat banget, dan rewelnya Ikel bikin langit serasa runtuh di kepala gw.
Ada beberapa hari dimana badan gw rasanya ancur banget..kerja beresin rumah, masih harus gendong Ikel ke sekolah, loncat-loncat n nari2 di sekolah, nenangin tantrumnya Ikel, and ngadepin segunung setrikaan..malemnya masih maksain nulis. Curi-curi waktu buat ngerjain pekerjaan rumah tangga sambil dikit2 nengok Ikel yang kalau kelamaan nggak ada suara berarti kondisi bahaya (e.g. tau2 udah diatas meja lagi menuhin meja ama kecap). Sampai tiba-tiba gw sakit aneh, yang akhirnya bikin dokter ngasih obat penenang. Tengsin banget nggak sih.
Lebih bete lagi kalau udah denger komentar "ngapain sih mesti punya maid?" dengan nada dan pandangan 'lu-males-banget-sih'. Huaaa....rasanya gw pengen teriak deh jawabnya..hehe.
Dan maid gw akhirnya dateng..rasanya seneeeng banget. Seneng banget akhirnya ada yang bantuin and nemenin di rumah. Seneng banget akhirnya bisa mandi tanpa gangguan. Bisa tidur siang lagi biar sebentar (sebelumnya tidur siang adalah perjuangan karena Ikel susah banget tidur siang!). Dan gw semakin menghargai maid gw karena gw ngerasain sendiri susahnya kerjaan dia.
Jadi menurut gw keterlaluan banget kalau ada yang memandang rendah maid. Gw ngerasa nggak ada bedanya antara gw ama asisten gw, yang ngebedain cuma kerjaan kita aja. Dan justru maid gw adalah asisten yang sangat2 berharga. Dia ngebantu gw melakukan hal2 lain yang gw suka.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]