Thursday, May 04, 2006

Preschool hunting 2: Checklist-ketinggalan satu

Ketinggalan satu: keterlibatan orang tua.
Faktor ini berkaitan juga sama sistem reporting preschool tersebut.
Gw expect preschool yang terbuka, yang melibatkan orangtua dalam proses pengajarannya karena bagaimanapun juga pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama orangtua dan sekolah.
Kebanyakan sekolah yang gw datengin, bikin report cuma satu term sekali. Dan mereka nggak melibatkan orangtua, nggak merasa orangtua perlu tahu apa yang anak kita pelajarin.

Sebaliknya, satu sekolah bikin daily report. Mereka maintain buku yang nyatet kosa kata apa aja yang anak pelajarin dan minta orang tua mengulang kata-kata itu di rumah. Sekolah itu bahkan minjemin buku ke orangtua supaya orangtua kerja sama mengulang semua yang dikasih di sekolah di rumah. Kalau aja sekolah ini deket ke tempat gw, udah pasti gw ambil karena faktor lainnya juga oke.
Sekolah yang akhirnya gw ambil, maintain report 3 hari sekali. Sistemnya sama, pakai buku yang nyatet semua perkembangan mereka dalam tiga hari itu biar orangtua tahu anaknya gimana di sekolah.
Buat gw ini faktor penting karena gw perlu tau apa aja yang anak gue lalui. Gw decided buat take over some factors buat gw ajarin sendiri di rumah dan kerja sama sekolah-orangtua jelas sangat gw perlukan. Supaya nggak tumpang tindih, supaya nggak bersebrangan.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]