Wednesday, May 24, 2006

Road to Therapy (1)

Ngelunasin utang :-) skalian sharing..
Gw mau cerita dari awal sampai akhirnya gw decide bawa Ikel therapy. Ceritanya panjang karena waktunya juga panjang.

Jadi udah dari dulu, Ikel nunjukin beberapa uncommon behaviours. Tapi gw terus amatin aja dulu, sambil ngelihat perkembangannya keseluruhan.
Uncommon behaviours yang muncul di Ikel:


1. Kontak mata. Ikel suka nggak merhatiin orang lain yang nyoba komunikasi sama dia.
2. Attention. Ikel nggak mau merhatiin hal-hal yang nggak bikin dia tertarik. Sebaliknya, kalau ada yang dia suka, dia bisa merhatiin serius banget.
3. Banyak gerak. Banyak lari, jumpalitan, loncat-loncat..energinya kaya nggak ada habisnya.
4. Ikel jijikan sama apapun yang lengket di tangan/badannya, misalnya lem, bekas makan, dsb.
5. Ikel marah-marah kalau dikasih baju renang yang nutup badan (ketat) atau punggungnya kena merek baju
6. Ikel nggak bisa dipotong kuku & rambut kalau nggak tidur. Kalau tidur juga gampang banget bangun kalau kukunya mau dipotong.
7. Ikel nggak tahan sama suara keras, misalnya suara motor, drill, blender, sampai tamborin.
8. Ikel seneng banget ngeliatin benda bergerak, seperti kipas angin, ban mobil

Sejak pertama munculnya uncommon behaviours yang pertama, gw udah lalap buku dan artikel tentang autisme. Begitu Ikel udah lebih dari dua tahun dan belum juga bicara lebih dari satu kata, gw sampai ikut test online buat determine dia autis atau nggak. Hasilnya sesuai dari kesimpulan setelah gw baca buku&artikelnya, Ikel nggak autis. Dia bisa komunikasi walau bukan dengan omongan. Dia juga nggak hidup di dunianya sendiri. Dan dari sisi intelejensia, dia nggak ketinggalan, malah lebih maju. Ini dibahas berikutnya.
Karena banyak gerak dan susah ngasih perhatian, gw beralih cari informasi tentang ADHD. Tapi bocor lagi. Ikel nggak mungkin ADHD karena dia bisa kasih perhatian penuh buat hal yang dia suka. Dia merhatiin kalau lagi diajarin nyanyi, gambar atau apapun yang dia suka. Dia juga bisa duduk lama kalau ngerjain yang dia suka.
Terus gw sampai ke SPD, sensory disorder. Ini gw tambah bingung karena sensory disorder ini ada beberapa jenis dan nggak ada satupun yang cocok beneran sama yang ditunjukin Ikel. Jadi Ikel menunjukkan gangguan sensori, tapi gejalanya tersebar di jenis-jenis itu.

Di sisi lain, Ikel menunjukkan perkembangan yang jauh diatas rata-rata. Memorinya luar biasa. Daya tangkapnya cepet.
1. Umur 1.5 tahun dia tiba2 bikin gw amaze karena ternyata udah hafal ampir semua fungsi laptop-laptopannya. Jadi tiap huruf di laptop ini punya tiga fungsi, buat alfabetnya itu sendiri (A-Z), buat kata (Apple, Balloon), dan buat lagu. Bayangin gimana kagetnya gw ketika ternyata dia udah hafal semua huruf A sampai Z. Begitu gw tanya mana apple, dia pencet A, terus gitu sampai Zipper. Dan begitu gw nyanyi Happy Birthday dia langsung pencet tombol yang keluarnya lagu itu. Dari pertama dia nunjukin sampai dia hafal semuanya, nggak makan waktu lama.
Pertama dia nunjukin hafal A-Z ini juga sebelum dia umur 1.5 tahun. Sebelum dia masuk Gymboree (17 bulan). Kalo trace balik posting di blog ini, Ikel udah bisa lancar mengeja umur 20 bulan. Itu sebelumnya dia udah hafal fungsi mengeja di laptop. A-P-P-L-E buat apple dsb. Jadi dari sisi artikulasi bicara dan kosa kata, Ikel udah bisa ngomong banyak dari umur 13 bulan.
Umur dua tahun pas lagi jenguk Papanya ke KL, Ikel udah bisa ngeja begitu kita sebutin katanya. Misalnya gw bilang umbrella..dia ngeja U-M-B-R-E-L-L-A.

2. Umur 20 bulan juga gw mulai kasih poster-poster. Dan Ikel hafal semuanya cepet sekali, dari nama binatang, sampai transportasi. Huruf alif sampai ya udah hafal semua.

3. Kemampuannya menghafal lagu juga ajaib. Sekali denger dia langsung hafal iramanya. Beberapa kali denger, apal teksnya. Yang keteteran malah gw. Bayangin aja, gw beliin VCD isinya 30-50 lagu dia hafal duluan, cuma seminggu kali. Begitu ngajak nyanyi gw yang nggak apal, cuma tau itu lagu ada di vcd itu. Kepaksa deh gw belajar harot, ngapalin teks lagu. So kalau soal nursery rhymes, boleh deh tanya gw..hihi.
Terus ada juga cerita yang gw inget banget, soal kaset lagunya di mobil.Itu kaset cuma dia denger di mobil, itupun karena ketinggalan jadinya mendarat di mobil neneknya. Otomatis itu kaset ngga terlalu sering dia denger.Nah, gw bengong karena suatu hari di mobil nenek, dia bisa nyanyi sesuai teks..dan ternyata dia hafal urutan lagunya. Jadi di kaset muter lagu A, dia udah nyanyi lagu lain. Ternyata lagu itu lagu setelah lagu A. Terus gitu sampai lagu-lagu seterusnya.

4. Dia cepet banget diajarin nulis. Begitu dikasih tau cara nulis huruf arab, alif sampai ya, dia cuma ngikutin nggak lebih dari tiga kali. Terus dia bisa nulis perfectly. Begitu juga waktu diajarin nulis latin. Kejadian yang sama waktu diajarin gambar. Dia niru gambar persis gambar gw atau papanya. Mobil ya bentuk mobil, bajaj ya bentuk bajaj, motor beda lagi, sepeda beda lagi.
Nah tapi gw merhatiin juga ada yang aneh. Suatu masa dia suka banget nulis arab, tapi terus pas dia lagi suka gambar objek gw suruh nulis huruf Arab dia nggak mau. Kaya yang lupa. Begitu lagi suka nulis huruf, gw suruh gambar bunga, sok lupa lagi. Tapi ternyata sebenernya dia inget, karena kadang2 kalau lagi nggak disuruh gw liat dia lagi gambar bunga.

5. Biar nggak bisa ngomong, tapi vocabularynya banyak banget. Gw beli buku yang first 1000 words itu. Kalau satu hari gw bacain dia dua topik (yang berarti empat halaman, total lebih dari 20 objek), besoknya dia bisa duduk sambil buka halaman yang sama terus nyebutin semua nama objek yang gue kasih tahu kemarin. Tapi ini juga nggak bisa gw lakukan secara konsisten karena kalau lagi nggak mood jangan ditanya deh. Bisa dilempar tuh buku.

6. Dia juga cepet ngikutin cara gw begini-begitu. Ngeliat gw masang dvd, besoknya dia udah bisa masang dvd sendiri sampe2 sekarang tuh dvd player gw taro jauh diatas. Dan nyebelinnya, dia ngikutin gaya gw baca..gw suka ketawa sendiri ngeliat dia numpukin bantal tinggi, terus baca buku sambil nyender dan kakinya satu diangkat, ditaro diatas kaki yang laen. Gw banget. Itu sih ga papa, tapi kalo udah alat elektronik..puyeeeng..

Nah, uncommon behaviours ditambah memorinya yang ajaib, ditambah umurnya yang nyaris tiga tahun tapi belum juga bisa ngomong satu kalimat lengkap. Itu semua bikin gw decide buat mulai konsultasi ke yang ahli. Sambil mulai speech therapy, gw juga terus nyari di Internet.
Sampai akhirnya gw nemu istilah ini: visual spatial learner with auditory processing disorder.
Dan klik. Cocok banget sama Ikel. Semua yang gw jadiin pertanyaan selama ini rasanya terjawab.

Apa sih visual spatial learner? Mungkin udah pada tahu ya, bahwa cara berpikir manusia tuh ada yang visual ada yang auditory. Di posting2 sebelumnya gw pernah bahas juga tentang hasil test gw dulu yang dominan visual.Orang-orang visual spatial learner melihat sesuatu dari garis besar, melihat sampai ke detil. Dia belajar dengan melihat. Katanya, matanya adalah telinganya.
Dari yang gw pelajarin, dan akhirnya dikonfirm juga sama psikiaternya, cara berpikir Ikel terlalu visual. Sangat visual. Gw sebut aja extreme visual.
Karena terlalu visual, dia kesulitan belajar lewat kata-kata dan pengertian. Dan biasanya orang yang terlalu visual, dia mengalami masalah sensori. Persis seperti uncommon behaviours yang gw tulis semua diatas. Sayangnya, karena negara berkembang masih ketinggalan dalam masalah deteksi children with special needs ini, seringkali didiagnosis jadi autis atau ADHD. Padahal seperti yang gw tulis diatas, gw udah yakin sebelum gw konsul bahwa Ikel nggak autis dan bukan ADHD dari hasil pengamatan gw di rumah.

Teori ini menjelaskan banyak hal yang selama ini muncul di Ikel dan ternyata adalah ciri-ciri anak visual spatial learner:
1. Ikel nggak suka film kartun, maunya film berbentuk orang, kaya barney. Kalau diajarin pakai buku yang dua dimensi juga susah banget masuknya. Akhirnya dari dulu buku-buku dan filmnya kebanyakan selalu 3 dimensi.
2. Anak visual spatial learner kebanyakan punya fotografik memori. Ini ngejelasin memorinya Ikel yang ajaib.
3. Dalam perkembangannya, anak visual spatial learner suka mengalami lonjakan perkembangan. Jadi tiba-tiba jauh lebih cepat dari yang lain, tapi terus turun jauh.
Ikel bisa ngebalikin badan sendiri umur 2 bulan dan ini bikin panik. Dulu gw sampe disangka ngada-ngada, tapi terus asisten gw juga confirm. Terus dia melewati fase merangkak. Langsung berdiri di umur 9 bulan dan langsung merayap. Tapi dari fase jalan dituntun sampai jalan sendiri lama banget.
4. Ikel sering keliatan ragu-ragu kalau mau melakukan sesuatu, apalagi yang baru. Dari mukanya keliatan lagi mikir gitu. Jadi kalau dibawa main ke tempat main, anak-anak lain bisa langsung nyerbu maenan. Ikel meriksa dulu satu-satu.
5. Teori itu ngejelasin juga ketertarikan Ikel sama benda-benda bergerak. Psikiaternya nyebut contoh, Ikel pasti kalau main kereta api yang di track nggak bisa ngeliatin kereta apinya jalan. Memang bener, dia pasti ambil kereta apinya, dioprek terus. Itu karena visual spatial learner tertarik sama hal detil.
6. Ini juga ngejelasin obsesinya sama huruf & angka. Ikel tuh overexcited banget kalau urusan huruf & angka. Seneeeeng banget. Kalau lagi pusing gara2 dia nggak bisa diem tinggal dikasih alfabet aja, langsung deh anteng. Katanya anak2 visual spatial learner ini banyak yang menunjukkan ketertarikan pada huruf & angka di usia dini.

Tentang penanganan anak visual spatial learner dengan masalah auditori ini juga gw masih perlu belajar banyak. Tapi gw ceritain aja apa yang terjadi dengan psikiater dan terapinya.
Sebelum datengin psikiaternya, ada ibunya temen Ikel di sekolah yang bilang jangan ke psikiater itu nanti divonis ADHD terus dikasih obat. Gw nggak bisa generalize dong, jadi gw tetep decide buat datengin dia. Katanya dia terbaik di KL, sesuai feenya! Sekali dateng 240 ringgit!! 600rb rupiah! Gubrag banget nggak sih? Gw cek di Bekasi biaya psikiater sekitar 85rb!
Terus ternyata psikiater ini nggak kasih vonis Ikel begini begitu. Instead dia ngasih gw kerjaan sampai 4 lembar, buat merangsang sensori Ikel. Dia bilang dari sisi intelejensia Ikel termasuk tinggi jadi mending dia pakai approach stimulasi dulu.
Terapi juga ditentuin, terapi okupasi dan terapi bicara. Terapi bicara sebenernya bisa setelah terapi okupasi, tapi buat hasil optimal bisa dua-duanya sekaligus.
Apa yang terjadi di sesi terapi bicara? Ternyata nggak seperti dugaan gw, Ikel nggak dipaksa ngomong, nggak disuruh monyong2 segala. Yang pertama justru sisi disiplinnya, kaya harus nyodorin tangan kalau minta sesuatu.
Banyak kejadian lucu. Ikel keliatannya kesel banget begitu harus terus ngasih tangan. Tangannya disembunyiin. Udah gitu begitu terapisnya nyuruh bilang I want, Ikel keukeuh membisu. Terapisnya nggak mau nyerah, terus bilang I want. Akhirnya Ikel dengan muka galak teriak.."I...JKLMNOP!!". Katanya satu ciri anak seperti ini adalah luar biasa keukeuh. Ya itu Ikel banget. Begitu disuruh lagi ngomong I want...yang keluar "I...aaaaambrellaaaa!". Begitu kesel dia lempar mainannya. Terapisnya nyuruh dia ambil mainannya, Ikel dideketin ke maenan yang dilempar. Sama Ikel emang diambil tapi buat dilempar lagi. Gitu terus. Gw pusing sendiri deh liatnya, soalnya di rumah juga gitu.
Gw belum mulai terapi okupasi, ntar gw ceritain lagi ngapain aja.

Terus terang gw sendiri sekarang masih belajar, karena gw masih bingung apa terapi seperti ini tepat nggak buat Ikel. Gw juga masih mau minta second opinion dari psikolog. Soalnya kalau dibilang nggak bisa ngomong sebenernya nggak juga. Misalnya gini nih..kalo gw ajarin Ikel, Ikel kalau mama tanya "What's your name?" Ikel mesti jawab "My name is Ikel."
Nah..diajarin gini udah berapa kali juga Ikel nggak ngerti2!
Akhirnya gw bawa boneka jari dan bikin puppet show sendiri. Itu boneka saling ngobrol, terus Ikelnya juga gw jadiin bagian, ditanya-tanya sama boneka..tapi yang jawabnya masih gw..Ikel nonton doang.
Eh..begitu hari berikutnya itu boneka gw keluarin, Ikel udah ngomong duluan! "How are you?? I'm fine..thanks!", "wo o name?? My emm i Ikel. I am a boy!"
Panjang kan? Bengong nggak sih gw?
Skarang udah lumayan, karena sering gw ulang2 dia kadang2 bisa jawab kalau gw tanya "What's your name?".
Itu kan bikin gw mikir, kalo diajarin ngomongnya cara konvensional, kapan dia bisanya? Gw juga jadi mesti cari cara kreatif buat ngajarin dia ngomong.

Segitu dulu..ntar gw sambung lagi.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]