Sunday, August 07, 2005

The Story of Jilbab

Aduh senengnya, baru dapet kiriman buku Jilbab Pertamaku dari Mbak Ria. Yang autographed version lagi..hehe..Thanks Mbak Ria!
Bukunya bagus, jadi inget masa pertama-tama jilbaban dulu. Ternyata cerita tiap orang di balik masa pertamanya berjilbab beda2 yah, dan seru juga.

Jadi inget hari pertama pake jilbab ke sekolah, pake rok abu2 panjang hasil beli di pasar yang jahitannya ampe bawah! Otomatis susah banget jalan. Jadi kaya putri keraton gitu jalannya. Udah jalan anggun (kepaksa) kaya putri keraton, eh bawahnya pake sepatu olahraga model cowok! Bener-bener deh gak enak diliat.
Waktu itu jilbab nggak serame sekarang, jadinya mau pake jilbab tuh ijinnya susah banget. Dengan terpaksa, saat itu daku ngelawan ortu, dan tetep mutusin untuk b'jilbab. Resikonya..yah..seadanya aja :-P
Semasa sekolah n kuliah, jilbab bukan barang aneh lagi. Udah banyak yang berjilbab.
Lucunya justru pas kerja. Di multinational company tempat gue pertama kerja, bossnya kebingungan gitu pas liat gue with jilbab. Dia terus2an nanya, are you sure to go abroad with that suits?? Will it be okay? Won't you feel strange?
Gue jawab..what's wrong? It's a common thing. I still can work and I don't care what people say. Terus gue tried my best to show them that I still can work well with jilbab. Kayanya mereka cukup puas and gak nanya2 lagi.
One day gue dapet assignment ke Dominican Republic yg 99% penduduknya Roman Catholic. Udah gitu kita ditempatin di kota wisata, di pinggir pantai. Jadilah gue bahan tontonan. Di tengah2 orang-orang berbikini, even topless, gue muncul dengan busana muslimah gitu lho! Kebayang nggak sih!
Ampir setiap gue jalan2 ada yang nanya..dari mana kamu, baju model apa ini..Malah ada yang amaze banget and nanya, baju kamu model baru ya? Dapet darimana? Bingung nggak sih? Paling sering sih ditanya apa gue kepanasan atau nggak.
Pernah gw pulang malem, ketemu orang2 yang baru mabok keluar dari bar..one of them yelled.."Bunda Maria!!" pas liat gue! Gimana temen gue nggak ngakak?
Alhamdulillah, gw nggak pernah kesusahan dng jilbab di negeri orang. Gw masih inget ramahnya petugas2 di bandara di US..padahal di US gitu lho..malah mereka nyangka gw crew airlines gara2 gw punya dua visa US dng tipe yang berbeda n ngasih seat paling enak buat gw :-D
Sayangnya perlakuan nggak enak untuk pemakai jilbab justru gw liat di negeri sendiri. Liat deh kalo di bandara. Kalo yang pake jilbab dateng dari luar negeri,jalan sendirian, terus gak dandan gitu..pasti dibentak, dikira tkw and disuruh ke baris khusus. Makanya gw setiap mau pulang ke indo selalu pake baju kerja resmi. Tapi gw kasian deh sama tkw2 kita itu..:-(
Enaknya pake kerudung, selalu ada yang ngingetin soal makanan. Gw pernah mau makan bakmie di daerah setiabudhi, terus pelayannya kasihtau gw bahwa disitu nggak halal. Kejadian kaya gitu sering banget..Tapi yang bikin miris, kasian dong saudara2 gw yg blm pake jilbab terus makan disitu?
Ahh..kok cerita gue jadi banyak tapi-tapinya..
Anyway..inspiring book, bisa jadi reminder juga ama niat pertama dulu. Oya, jadi inget lagi..keputusan gw pake jilbab dulu emang mendadak banget. Gue dulu suka nunda2..ah ntar aja..ntar aja. Then one day, satu temen gw (laki lagi!) nanya ke gue..kapan gue mau berubah. Gue jawab nanti aja. Terus temen gw itu nanya lagi, lho..kalau kamu mati besok gimana? Gw mati kutu, gak bisa jawab..tapi asli dari situ hati gw nggak tenang banget.
To my friend whereever u are, thanks a lot. Pertanyaan itu terus jadi reminder gw sampe saat ini kalau gw berniat menunda something good. Gimana kalau gw mati besok?






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]