Wednesday, June 08, 2005

Sharing buat yang mau punya baby: Caesar

Posting ini dedicated buat temen2 yang mau ngelahirin. Semoga bisa ngelahirin normal. Tapi kalau terpaksa harus caesar atau memilih caesar,
ada beberapa point yang pengen gw share.
Sebenernya ini bukan cuma caesar buat ngelahirin doang kali ya, tapi buat semua yang mau operasi.


1. Ensure sampai last minute dokter2 yang ngoprasi tau kamu alergi apa.

Gw alergi penicillin n turunannya. Dari dulu2 sebelum operasi gw udah bilang ke dokter tentang alergi gw itu. Eh, ternyata pas hari H dokter lupa. Alhamdulillah banget sebelum operasi (pas udah diiket2) gw teriak..dokk..saya alergi penicilin lhoooo.
Dokternya kaget..terus bilang,"O iyaaa, alergi obat apa lagi??". Na lho..ternyata gw dikasih turunan penicillin. Diganti deh obat gw.Kebayang kan kalau semua pihak lupa?? Mana insiden yang pernah gw rasain gara2 alergi ini cukup parah. Sampe pingsan coba!
Terus satu lagi, gw lupa bilang kalau gw alergi dingin. Kalau kena dingin lama gue suka asma. Berhubung seumur hidup nggak pernah dioperasi, gue bener2 nggak tau kalau ruang operasi itu dingin banget. So gue santei aja. Gue kira dingin2 biasa. Operasinya cepet banget, cuma 15 menit. Tapi begitu selesai operasi...gw susah nafas. Bodohnya, gw bingung kenapa gw sesek nafas. Gw pikir emang kalo abis operasi itu sesek nafas gitu. Jadi pas dipindahin ke ruangan gitu and ditunggu ampe badannya bisa digerakin lagi, gw bukannya tidur, malah berjuang biar bisa bernafas. Jadi disaat seharusnya gue tidur itu gue bisa denger dikiri kanan gue ada anak2 kecil teriak2 lagi disunat.Setelah lama kemudian gw baru ngeh bahwa waktu itu asma gw kambuh.

2. Kalau mau kasih ASI eksklusif, jangan lupa TEKANKAN kepada pihak rumah sakit, terutama dokter kita. Kalau nggak bilang..good bye deh,langsung aja anak dikasih PASI (itu di Indo sih, gak tau di tempat lain).

3. Kalau ada yang bilang bius lokal, yang disuntiknya di punggung itu, pas disuntiknya sakit banget...jangan dipikirin deh. Enggak sakit kok.
Pengalaman gw karena gw ketakutan banget pas mau disuntik, tensi gw naek ampe 190 sampe suster2nya panik. Begitu disuntik, gue bingung..lho, kok nggak sakit???

4. Ensure sang suami tau bahwa operasinya bentar banget, cuma sekitar 15 menit, jadi suaminya ngga ilang entah kemana :-)

5. Jangan makan mie instant pasca operasi! Ini mungkin udah standard ya?? Tapi suer, dulu gw nggak tau!
Begitu pulang ke rumah, gw langsung minta mie goreng kesukaan..nyam..nyam. Beberapa menit abis makan..diare. Beberapa jam kemudian, perut mulai bergolak-golak. Muntah. Perut sakitnya luar biasa, kaya semua organ di perut tiba-tiba didorong ke atas gitu. Malem2 gw lari ke UGD, dokter umumnya ngasih gw obat diare! Bingung gw, jelas2 gw bilang gw nggak mules diare lagi. Pertamanya emang iya. Jd gw mesti nunggu seharian buat ke internis. Selama itu menderita banget, gw teriak2 nggak tahan ama sakitnya. Ngga bisa ngasih ASI, orang duduk aja susah kok. Nggak bisa makan apa-apa. Mama maksa terus masukin makanan, at least susu. Tapi dimasukin susu segelas langsung muntah lagi.
Begitu ke internis, internisnya ketawa.."Kamu abis operasi ya?" katanya. Gw ngangguk. "Makan apa?" dia nanya lagi. "Mie instant.." gw jawab.
Dokternya senyum lagi, "Gerakan usus kamu keganggu, pasti sakit banget sih..". Huaa..gw pengen teriak, "Bukan sakit lagi!!"
Terus dikasih obat, sembuh deh malemnya. Asli kapok banget. Perasaan sakit bekas operasi nggak ada apa2nya dibanding sakit perut itu.

6. Paksain jalan begitu disuruh latihan jalan abis operasi. Biar sembuhnya cepet. Sakit siiih, tapi sakitnya jadi nggak lama2. Waktu itu seminggu gw udah bisa mandi beneran, jahitannya udah kering.

Itu dulu. Ntar2 dicariin lagi apa lagi yang bisa dishare. Baru sekali ngelahirin sih..hehe. Mudah2an kalau dikasih Allah anak kedua nanti bisa ngelahirin normal.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]