Monday, April 18, 2005

Review Buku Remaja

Setiap bulan gw pasti belanja buku-buku remaja buat taman bacaan karena langganan tb rata-rata emang remaja. Dan karena gw emang ampir selalu baca buku yang dibeli, jadinya akhir2 ini gw banyaaak banget baca buku remaja, apalagi ada banjir teenlit yang lagi ngeboom itu. Tapi sayangnya dari sekian banyak buku itu, yang lokal maupun impor, nggak banyak yang berbekas di hati.

Mungkin karena temanya yang rata-rata nggak jauh dari cinta. Tapi sbenernya kan masalah cinta juga bisa dibikin berkesan.
Ada beberapa yang gw suka: All American Girl, Pangeran untuk Putri,Anny's Baby dan terbitan2 Kaifa for teens.
All American Girl udah pernah gw review sebelumnya.
Pangeran untuk Putri. Pertama2 gw sampai nggak ngeh kalo ini ditulis penulis lokal, soalnya jarang2 penulis teenlit lokal yang idenya ajaib kaya Regina Feby ini. Tapi gw salut sama ide and cara Regina bertutur, ceritanya kocak banget dan sangat imajinatif.
Terus Anny's Baby. Kalo yang satu ini emang bukan fiksi, ini diambil dari buku harian seorang gadis yang hamil di luar nikah.Buku ini termasuk top hits di taman bacaan gw selain KPGnya Ninit and Fairish. Reaksi gw sendiri begitu gw selesai baca buku ini adalah terpesona..hehe. Bukan terpesona karena ceritanya, tapi karena gw yakin buku ini bisa jadi semacam sarana penyuluhan untuk mencegah hamil di luar nikah. Gw pikir buku ini mesti dibaca banyak remaja biar mereka mikir lebih jauh kalo mau bertindak. Lampiran2 di belakang buku ini juga bikin gw mikir kurangnya informasi ttg hal2 seperti itu buat remaja kita. Bagus banget kalo di sekolah2 di negara kita ini, terutama di kota besar kaya Jakarta, menjalankan program such as mengurus bayi2an. Tiap anak harus mengurus boneka bayi yg bener2 mirip bayi hidup, bisa pipis, perlu makan, perlu dikelonin kalo nangis dan mencatat kalo diperlakukan buruk. Keren banget. Biar kerasa susahnya ngurus anak. Gw aja yg udah lewat seperempat abad masih sering ngurut dada kalo pusing ngurus anak, kebayang kalo remaja2 yang emosinya relatif belum stabil dikasih ngurus bayi.

Kalo buku2 terbitan Kaifa for Teens..gw suka karena ceritanya semua unik. Yang terakhir gw baca Sssst..Ada Apa dengan Melinda?, menurut gw bagus banget. Buku2 yang menurut gw nggak mudah dilupakan dalam sehari. Terus yang gw juga suka banget..serial Hutan Pesona-nya Patricia C.Wrede. Ngekhayal, kocak..tapi bener2 buku yang asyik diikutin.

IMHO, remaja2 kita masih membutuhkan buku2 yang sarat hikmah tapi nggak berkesan terlalu teoritis or menggurui. Buku kaya Anny's Baby yang datang dari kisah nyata bakal lebih mudah membuat remaja tertarik. Buku2 FLP untuk remaja adalah contoh cerita yang sarat hikmah, sayangnya belum bisa menarik banyak remaja kita membacanya. Mungkin karena label buku islami, banyak yang mikir wah..ini buku pasti mau ngedakwahin nih..bla..bla..bla.I have to admit, yang baca buku FLP rata2 memang mereka yang berjilbab, yang alim-alim, dan susah menjangkau mereka yang katanya remaja gaul. Buku2 Kaifa for Teens, sering terkesan terlalu serius dan menakutkan, kecuali buat mereka yang emang hobby baca. Larinya memang akhirnya pada novel pop seperti teenlit.
Jadi..pe-er buat para penulis dewasa yang peduli sama remaja kali ya buat membuat cerita yang bisa diterima setiap kalangan remaja, dari yang gaul sampai yang alim, dan nggak sekedar cerita cinta. Tapi sekali lagi gw mesti mengakui..susah bo!






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]