Sunday, March 20, 2005

Poster yang sangat membantu

Ternyata poster-poster yang gw beli buat Ikel very-very helpful. Ikel loves them very much..and dia seneng belajar yang ada di poster-poster itu tanpa ngerasa dipaksa. Tiap pagi atau malem dia dateng with one or some of them and mulai nunjuk-nunjuk, minta ditepukin kalo yang ditunjuk ama yang diomonginnya bener :-D
Dari poster alat-alat transportasi..Ikel paling hafal pesawat, car (disebutin lengkap ama bunyinya..ngeng ngeng), bus, sepeda, horse (maksudnya delman!) and truck. Sempet ngotot2an sama mamanya gara2 Ikel ngotot bilang motor itu truck..dibilangin itu bukan truck tapi motor malah teriak Nggak!!. Dari poster alfabet alhamdulillah udah ampir apal semua, termasuk huruf M yang dibacanya emmmmeh. Dari poster buah baru nambah satu..Ikel rada2 gak gitu favoritin poster satu ini..semula taunya cuma apple sama banana, sekarang tambah papaya.
Dari poster binatang lumayan juga, ada rabbit, cat, dog, horse, elephant, singa, tiger, mbek. Lucunya buat binatang2 ini dia selalu sebutin lengkap sama bunyinya..like auuummm for singa and tiger, meong buat cat, gugug for dog and neinei for horse. Sayangnya, poster binatang yang gw beli nggak gitu bagus gambarnya. Ikel aja berulang kali salah nyebut kuda jadi emmoh.
Dari poster angka, nggak nyangka juga..perasaan gw cuma sering bacain aja one to ten, terus yang ditunjuk cuma sampai five. Ternyata yang dia hafal justru 1,2,3,4,6,0 and 9. Ikel masih belum ngerti konsep belasan, kalo ada angka 19 dia baca one nine. Kalo ada 20 dia baca two-o.
Yang bikin gw amaze, ternyata daya tangkap balita itu luar biasa..gw baru beberapa kali nunjukin poster huruf hijaiyah, krn semula gw takut dia bingung. Udah gitu gw baca alif sampai ya cepet2, and baca pelan2 alif sampai kho. Sekitar 3 hari gw do the same thing and ask my maid buat bacain kalo lagi ngajak Ikel maen. Ternyata sekarang Ikel udah bisa teriak alif ba ta tsa, nunjuk huruf alif ba ta tsa itu correctly, plus huruf kho and ain. Kayanya ain paling gampang disebutin kali ya..soalnya Ikel seneng banget teriak ain.
Udah gitu terakhir gw beli poster isi nursery rhymes..sebenernya buat gw krn ikel toh nggak bisa baca. Ternyata Ikel suka juga. Beberapa kali denger gw nyanyi skarang dia suka teriak2 dock..dock..sambil nunjuk rhymes hickory dickory dock, asking me to sing.
Gw baca di salah satu buku katanya sebaiknya mommynya pakai satu bahasa aja, kalo mau ngajar multilingual biar daddy or teachernya yang kasih bahasa lain. But it's difficult for me, apalagi daddynya lagi jauh. So gw kebanyakan bilingual, tapi lebih banyak pakai English, toh yang laen ngajak ngomong Ikel pake bhs Indonesia. Hasilnya ya itu..gw ajarin tiger and lion, jadinya tiger and singa. Maidnya yang sering bingung krn nggak ngerti Ikel ngomong apa..teriak-teriak tiger..aum.., mereka nanya..ngomong apa sih? Begitu diterjemahin baru ngeh. Atau tiba-tiba teriak mbeya (umbrella).Solusinya, gw usahain sering2 nunjuk something in English to Ikel di depan maid, biar mereka ngerti jg.
Oya, jadi inget kejadian lucu pas di skolah Ikel. Teachernya bawa boneka anjing besar warna item putih and nunjukkin sama Ikel and temennya. Ikel langsung teriak..emoooohhh..niruin suara sapi, and temennya Ikel langsung teriak juga "Sapi!". Tinggal teachernya yang bengong..kenapa dognya jadi sapi?? Hihi..kenapa juga warnanya item putih ya..mana bentuk doggienya ndut lagi, emang jadi mirip sapi.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]