Monday, March 07, 2005

Banjiiir..what a busy day

Yesterday was really a busy day..for those who live near Kali Bekasi especially.
Alhamdulillah banget I and my son lagi nginep di ortu, otherwise..nggak tau deh. Soalnya agak aneh juga, ujan nggak gede-gede amat..cuma gerimis malah asalnya..tau-tau aer udah masuk rumah. Ternyata banjir kiriman. Kalau saat itu gw di rumah, aduh..jangan sampai..soalnya my baby tidurnya kan di kasur lipet bawah..

Gw dapet kabar jam 2 pagi, ketika telepon tiba-tiba berdering and yang jaga rumahku laporan air udah masuk selutut. They were really panic..sure..soalnya pas yang jaga rumah cuma berdua, perempuan semua lagi. Barang2 elektronik udah diungsiin ke lantai atas, tapi mereka nggak kuat gotong kasur, sofa n yang berat2 lainnya. Belum lagi aliran air yang cepet banget naeknya, baru mau angkat yang satu aer udah naek lagi. Tau-tau udah sepaha. Tinggal gue yang bingung gimana caranya gw nolongin mereka kesana..Karena ternyata jam tiga itu air di jalan utama kompleks udah sedada, and yang bisa masuk cuma perahu. Bantuan belum dateng. Gue cek ternyata bantuan baru sampai Kemang yang menderita lebih parah.
Pembantunya saudara gw sampai nangis2 juga di telpon krn cuma sendirian di rumah, mana ternyata lampu mati semua. Setiap gw nelpon ke rumah yang kedenger suara orang-orang, bayi nangis..really2 desperating. Banyak yang udah ngungsi di lantai dua rumah. Yang jaga rumah masih kept trying to safe some other things.
Nothing I could do selain tetep kontrol, nelpon sana nelpon sini cari bantuan and praying of course. Akhirnya aer nggak naek lagi walau belum surut juga..and it was about 4.00 am. Gw sempetin tidur bentar..
Begitu bangun my daddy baru dateng and langsung ke rumah gw naek sepeda. Gue tanya lagi, air udah mulai surut. Nungguin berita dari my daddy. Begitu my daddy telpon, katanya mobil belon bisa masuk..even kijang, and kondisi menyedihkan banget..lumpur dimana-mana. Sekitar setengah jam kemudian, my daddy telpon and minta bantuan orang dari rumah buat ikut beres-beres. Gw kirim pembantu yang biasa bantuin ngasuh Ikel pake ojeg. Begitu dia pergi, gue baru sadar gimana juga caranya org2 disana bisa makan. Akhirnya gw beli nasi uduk and roti ke ruko, beli payung..and pergi naek beca ke rumah gw. Jalanan macet total and becak really2 kurang powerful buat nyela-nyela. Tapi gw bawa plastik2 berat jd nggak mungkin naek ojeg.
Karena nggak maju2 akhirnya gw turun dari becak and memutuskan jalan kaki sampai ke rumah dari depan pabrik pasir. Lumayan jauh juga ternyata. Bukan jauhnya yang bikin susah, tapi plastik2 yang berat banget itu yang bikin susah. Mana dikit2 gw kecebur ke genangan air sampai lutut. Tapi sepanjang jalan itu gue liat pemandangan2 mengenaskan..kompleks2 lain di deket kompleks pada kebanjiran juga..bahkan ada yang begitu gw lewat lagi pada berenang2 orangnya gara2 tinggi air sampai leher. Begitu sampai di depan kompleks, bener2..lumpur dimana-mana. Kaki gw udah susah diangkat, sampe sendal akhirnya lepas. Gw udah nyerah, karena tangan gw penuh and sendal lepas, gw tinggalin aja tuh sendal and nyeker. Untungnya ada saudara yg ternyata dateng ke rmh gw barengan banget timingnya..kita ketemu deket gerbang kompleks..jadi ada yang bantuin gw ngangkut2 and menyelamatkan sendal.
Di rumah gw lagi sibuk banget..kasur gue tenggelem, sofa tenggelem sebagian, baju2 gue and baju2 ikel kerendem semua. Bersih2 juga susah krn nggak ada aer, so aer hujan dan air2 agak bersih lainnya jadi berperan banget. Stelah bagiin makanan, ikut beres2..bawain barang sebagian ke galaxy, nggak kerasa udah sore. Sore gw pulang ke rumh ortu, after kerjaan di rmh gw tinggal sedikit.
Malemnya ada berita air naek lagi. Org2 udah jaga2. Takut yang di rmh gw keisolasi lagi, gw beli macem2 buat dibawa kesana: gas kecil buat kompor gas kecil, bahan makanan, nasi goreng, senter, lilin. Rencananya gw mau kesana naek ojeg. Begitu mau pergi, my lovely son mergokin and marah. Nangisnya baru mau berenti kalau gue temenin maen di kamar. Akhirnya gw tukeran tugas ama maidnya ortu, dia yang ke rumah nganterin bahan2.
Berita slanjutnya aer naek sedikit, tapi kayanya nggak berbahaya. Nggak hujan. Sounds good, so yang gw butuh banget saat itu..sleep.
Tapi ternyata begitu mau bobo..Ikelku sayang bangun. Tiba2 nangis keras dan nggak mau di kamar. Baru diem begitu dipasangin Barney. It was 11.00 pm. So gue nemenin Ikel nonton Barney sampe abis. Begitu abis ternyata Ikel belum mau bobo juga. Gw bawa pindah ke kamar and dia di kamar malah ngajak maen laptop. Nyanyi, teriak2 huruf, sampe bosen. Begitu bosen, bukannya bobo, Ikel malah keluar kamar lagi. Setiap gue bawa bobo sampai gw ketiduran,dia bangunin gue lagi..wakeup! Terus Ikel keluar ngambil poster alat transportasi and teriak2 lagi..pesawat, car, truck, bus...motor..sampe bosen lagi. Seabis bosen, ganti lagi maenan ama mobil2an..gitu terus sampe mata gw udah gak bisa kompromi. Akhirnya gw bawa tidur di ruang tengah, ngampar kasur..gw bobo aja..Ikel kayanya udah cape and mulai ikutan bobo. Dan bobolah kita di tengah ruangan..at 2.30 am in the morning :-(
Berita terakhir..ngga banjir lagi. Tapi berita di TV kemaren katanya harus waspada aliran air dr Bogor and Depok. And sekarang ujan lagi..Selama tanggul belon dibenerin gak bisa tidur nyenyak kayanya. Nggak nyangka banget bisa kebanjiran, biasanya juga nggak kena banjir. Gara2 tanggul jebol nih..tapi gimana lagi bisa benerin tanggul dalam cuaca kaya gini.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]