Sunday, August 28, 2005

Sedihnya Kehilangan Penyeimbang

Gw dan suami dalam banyak hal berbeda 180 derajat. Gw tumbuh dalam keluarga yang ribut, maklum aja ada empat anak perempuan yang semuanya cerewet. Gw n adik-adik biasa ngumpul, bercanda ngakak sampai berantem seru. Kalo udah ngomong timpal-timpalan, gimana nggak rame? Temen adek gw malah pernah iseng ngitung pake stop watch berapa lama adek gue ngomong tanpa berhenti. Adek gue seenaknya berkilah ama temen-temennya.."Gue segini nggak ada apa-apanya dibanding kakak gue!". Sembarangan banget!

Suami gue sebaliknya. Nggak banyak omong. Rumahnya sepi. Sama saudara-saudaranya nggak pernah teriak-teriakan kaya gw sama adik-adik gw. Awal-awal suami gw sempet bingung liat kok rumah gue rame banget. Keluarga gw jg bingung, katanya suami gw ngomongnya setaun sekali (hiperbola banget nggak sih?).
Gw anak sulung, biasa ngatur, nggak mau ngalah, sering bertindak kayak diktator. Tapi karena anak sulung gw juga biasa ngasuh, biasa jadi tempat curhat dan biasa ngadepin masalah-masalah ajaib. Waktu kuliah gw sering banget disuruh ke sekolah adek gw gara2 kelakuannya yang aneh-aneh (Siapa yang pernah dipanggil ke sekolah gara2 adeknya pake bra warna-warni tanpa kaos dalem??).
Suami gue lagi-lagi sebaliknya. Anak bungsu. Manja..suka ngerajuk..hihi.

Tapi justru karena beda banget itu gw ngerasa damai. Rasanya..jadi komplit. Coba kalau gw yang sering nggak mau kalah and ngotot ini dikasih yang setipe, bisa perang lokal terus dah.
Lucunya, banyak hal yang jadi terbalik. Gw yang keras bisa jadi manja di depan suami. Suami yg anak bungsu bisa jadi pengayom and selalu bantu gue nyelesein masalah.
Dalam soal mengurus anak, jadi aneh juga. Gw yang galak jadi pengalah banget. Suami malah lebih bisa bersikap tegas dan rasional. Gw nggak tahan banget kalo mesti marahin anak.
Sekarang ini, terpisah sama suami, gw sering kebingungan juga. Ternyata gw udah addicted banget to his advices. Gw juga agak kesulitan ngadapin anak karena susahnya buat marah. Tadi misalnya, Ikel nggak bisa diem banget. Guling-gulingan sampai akhirnya nyeruduk mata Mamanya sampai sakitnya nggak ketulungan, padahal sebelumnya udah dilarang jangan terlalu heboh. Gw marahin sebentar, gw bilang, "Berhenti loncat-loncatnya!Mama sakit, jadi Mama marah. Mama nggak mau peluk Ikel lagi." Terus gw ngebalik. Ikel langsung diem, tapi terus bolak-balik gelisah. Matanya ngeliatin gw takut-takut, tapi nggak berani ngedeketin. Asli, gw nggak tahan. Mukanya udah guilty banget. Akhirnya gw acak-acak rambutnya,"Ya udah Ikel sayang, anak baek..jangan gitu lagi ya? Sini sama Mama."
Ikel langsung loncat ke pelukan gw. Semua itu hanya dalam durasi sekitar lima menit. Kalo ada suami, pasti suami yang marah kalau gw sampai hurt gara2 Ikel maen terlalu heboh. Sayangnya ya itu..gw selalu gak tahan, pasti baru bentar jg udah gw belain lagi. Padahal gw suka protes kalo mama gw ngebelain adik gw yang salah. Kenapa susah ya buat gw lakukan sendiri? Beneran, berteori itu gampang..prakteknya yang susah.

Gara-gara kejadian tadi itu gw semakin ngerasa sedih jauh sama suami. Kaya ada yang ilang dari diri gw. Semakin sedih kalau inget gimana antusiasnya Ikel kalo liat cowok dewasa. Kakeknya, oomnya..sampai temen-temen adik gw. Gw tau dia lagi butuh figur seorang ayah. Kadang dia suka nyanyi-nyanyi sendiri..Papa, Papa, Papa. Walaupun ada gw yang selalu nemenin Ikel, tapi tetep aja beda. Kalo Ikel lagi pengen maen berantem-beranteman, gw nggak kuat layanin lama..sakit bo! Kadang Ikel naek ke punggung gw kalo gw lagi baring, nyuruh gw jadi mbek. Gw mana kuat?? Atau tiba-tiba ngalungin tangan ke leher gw terus manjat punggung, pengen ditaro di pundak..mana bisa?
Makanya gw nggak sabar nunggu minggu depan. Pengen cepet gabung lagi sama suami..melengkapi diri gw sendiri.
Miss u so.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]