Wednesday, August 24, 2005

Pesta Rakyat, Setelah Bertahun-Tahun Tanpa Arti

Waktu gw kecil, libur 17 Agustus selalu gw sambut antusias. Di kompleks tempat gw tinggal, 17-an diisi acara bazaar aneka makanan, lomba-lomba dan pentas seni di malam harinya. Sejak sebulan sebelumnya aneka kejuaran olahraga juga digelar, ada tenis meja, volley ball, bulutangkis dan sepakbola.
Lucunya, setiap tambah tahun acara 17-an semakin nggak ada maknanya di hati gw. Semakin kesini libur 17-an buat gw jadi sekedar tanggal merah. Apalagi pas udah kerja, libur 17-an cuma sekedar libur buat rehat doang.

Tahun lalu gw ngerayain 17 Agustusan di kompleks perumahan gw di Bekasi. Suasana 17-an masih terasa, tapi jauh lebih sepi dibanding waktu di Bandung dulu. Pagi-pagi nemenin anak ikut sepeda santai, malamnya nyanyi-nyanyi. Biasa aja rasanya. Walaupun ada pesta nyanyi-nyanyinya tapi kesan yang tertinggal ya sekedar pesta, bukan pesta kemerdekaan.
Kenapa ya waktu kecil gw selalu nunggu libur 17-an dan sekarang nggak lagi? Apa karena waktu kecil gw sendiri masih bisa ikut aktif di lomba-lomba dan olahraga? Apa karena waktu kecil yang gw lihat di pentas seni adalah orang-orang yang gw kenal? Yang jelas dulu gw masih bisa ngerasain semangat 17-an. Gw masih bisa nyanyi Hari Merdeka with feeling, nggak sekedar nyanyi. Apa orang semakin tua semakin terkikis semangatnya menikmati hari kemerdekaan? Atau apakah buat orang-orang, buat gw khususnya, merdeka atau tidak bukanlah suatu masalah?

That was my theory. Tapi ternyata, saudara-saudara gw yang tinggal di desa masih begitu antusias menyambut 17 Agustus.
Honestly, gw penasaran. Seheboh apa sih 17-an di desa sampai saudara-saudara gw yang udah tinggal di kota pun memutuskan pulang kampung buat 17-an? Terakhir gw nikmatin 17-an di desa adalah waktu SD. Terlalu lama buat diingat. Nothing I remember except my own performance on stage :-D
Tahun ini rupanya gw dikasih kesempatan buat kembali ber17-an di tempat kelahiran mama di Tasik.
Begitu gw dateng di H-1, gw takjub liat tumpukan hadiah yang ternyata disediakan buat peserta jalan santai. Gw juga takjub liat kesibukan orang-orang di dapur yang bener-bener kaya Lebaran. Ternyata di hari H-nya, gw dibikin lebih takjub lagi.
Very early in the morning, orang-orang udah sibuk mondar-mandir. Makanan ringan, sirup dan rujak tersaji di meja-meja. Makanan ringannya juga nggak cuma satu dua macem, gw itung ada kali 7 makanan basah dan macem-macem kripik plus kue kering. Nasi-nasi di kardus siap juga. Eh, masih ditambah hidangan prasmanan di meja makan. Ini 17-an atau Idul Fitri sih?
Terus acara pawai dimulai. Pawai diikuti oleh setiap RT n sekolah..jadi kebayang kan panjangnya tu pawai? Tiap RT saling adu kreatif menampilkan yang terunik di pawainya. Ada yang bikin bajay, ada yang bikin mesjid raksasa, ada yang bikin ojeg raksasa, ada yang bawa ular hidup, ada yang bikin miniatur sawah plus tikus raksasa, ada yang bikin meriam boongan tapi beneran bisa meledak, ada drumband, ada calung..seru banget! Jalanan macet total, sempet deadlock juga gara-gara ada rombongan pawai dari arah sebaliknya dateng.
Udah seru nonton pawai, orang-orang pada siap-siap buat jalan santai. Jalanan penuh merah putih dari training pesertanya.
Abis jalan santai orang-orang pada ngerubungin panggung buat penarikan undian hadiah. Musik kemerdekaan plus dangdut terus mengalun dari panggung. Hadiahnya..jangan salah, biar di desa tapi sponsornya lumayan banyak. Hadiah utamanya kulkas Panasonic 1 pintu. Terus ada juga 2 TV berwarna, sepeda, VCD, dispenser n banyak lagi.
Acara penarikan hadiah selesai sekitar jam 2 siang, terus masing-masing orang pulang ke RTnya masing-masing buat ikut lomba yang digelar terpisah. Malamnya bakal ada pentas seni di tiap daerah. Bener-bener nggak ada abisnya.
Tapi gw bener-bener takjub liat antusiasme orang-orang yang ikut acara. Ini baru yang namanya pesta rakyat. Rakyat yang gembira, yang buat sebentar melupakan masalah-masalah mereka buat menikmati pesta kemerdekaan. Rakyat yang memanfaatkan pawai untuk mencurahkan keluh kesah mereka, soal gagal panen yang dilambangkan dengan miniatur sawah dan tikus, soal langkanya minyak yang dilambangkan dengan miniatur tanki-tanki minyak yang ditulisi sindiran-sindiran.
Gw bahagia banget ngelihat wajah-wajah bahagia di acara 17-an kemarin. Yang gw nggak tau, apakah setelah pesta itu rasa cinta terhadap negeri pun meningkat kembali?
Apakah pesta kemarin hanya sekedar pesta juga?

At least, not for me. Tujuh belasan tahun ini bisa membuat gw berpikir ulang. Membuat gw mensyukuri lagi nikmat yang namanya kemerdekaan. Gw nggak bisa bayangin gimana kalo gw hidup di masa negeri ini belum merdeka. Mungkin gw nggak akan pernah bisa mengecap apa yang namanya pendidikan. Sayangnya, di masa merdeka ini pun pendidikan masih jadi barang mewah untuk banyak orang.
Gw diingatkan lagi sama perenungan gw dulu, pasti ada alasan khusus kenapa Allah menempatkan gw di negeri ini. Gw pengen banget bisa nyumbang sesuatu buat negeri tempat gw lahir n dibesarkan ini. Kalaupun sekarang gw pergi, gw yakin one day I'll be back, karena buat gw the best place in the world is my own home town.
Mudah-mudahan gw masih punya umur buat nyumbang sesuatu.
Gw mungkin nggak bisa melakukan hal besar, nggak bisa menghentikan korupsi, kolusi dan nepotisme yang terlanjur merajalela, nggak bisa bikin pendidikan semurah mungkin, nggak bisa naikin gaji guru, nggak bisa naikin UMR, nggak bisa nurunin harga barang-barang..
Setidaknya sekarang gw bisa nyumbang doa. Tulus.
Demi mereka yang sudah berkorban buat kemerdekaan..
demi mereka yang meneruskan..
demi anak cucu kita..
mudah-mudahan ultah negeri kita bisa menumbuhkan kembali semangat masing-masing
buat mengisi kemerdekaan dengan hal positif.

Happy birthday my beloved motherland.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]