Monday, September 19, 2005

Semakin tua semakin bodoh??

Dua hari lalu gue ikut Brainbench IQ test, dan hasilnya membuat gue tertohok. Dulu setiap test IQ gue selalu ada di range yang sama, paling naik turun 1 point. Tapi kemaren gue turun 13 point. What's wrong?? Gue bertanya pada diri sendiri. Apa intelegensi gue emang semakin melemah? Atau testnya emang lebih susah? Hehe..alesan banget.
Waktu gue ngadu sama my lovely hubby, my hubby bilang itu wajar. Karena aktivitas gue sekarang emang lebih banyak melibatkan otak kanan dibanding otak kiri. Sedangkan dulu gue banyakan pakai otak kiri. Test IQ lebih banyak melibatkan otak kiri. So..that's something acceptable.
Gue pikir2 lagi..emang bener sih. Buktinya di bagian kreativitas di test IQ itu gue bisa dapetin perfect score..dan di bagian probabilitas gue jadi kepayahan.
Omongan my hubby bisa menghibur gue..toh intelligence nggak cuma IQ..
Terus gue pikir2 lagi..kenapa gue begitu ketakutan kalau IQ gue turun? Jauh dari lubuk hati gue, ternyata gue takut juga..gue takut kalau itu jadi alasan beberapa orang untuk membenarkan pendapatnya bahwa keputusan gue jadi housewife salah. Bahwa tinggal di rumah cuma membuat otak gue tumpul.
Padahal otak itu tumpul kalau nggak dipakai. Dan kata siapa jadi ibu rumah tangga nggak perlu otak?
Jadi seorang istri dan seorang ibu ternyata sama sekali nggak gampang.
Buat gue, jadi istri dan ibu bukan main-main. Bukan hal yang nggak perlu belajar sama sekali. Untuk jadi istri, gue belajar..dari buku, dari pengalaman orang-orang..Untuk jadi ibu juga gue belajar. Ikut seminar, tanya sana-sini, dan baca banyak sekali buku. Setiap hari gue dipaksa kreatif..ngajak main Ikel apa hari ini, kasih makan apa. Bahkan pas makanan udah ada pun kadang2 masih butuh kreatifitas buat ngajak dia makan.
Physically gue juga ngerasa lebih sehat..apalagi sejak gabung lagi sama suami. Waktu masih kerja gue kebanyakan duduk. Dulu di Jakarta gue selalu punya one maid dan one nanny. Sekarang gue cuma punya satu maid yang hobby banget nonton TV. Alhasil gue mesti lebih banyak kerja fisik. Nyapu, ngepel..dan yang menurutku paling banyak ngabisin waktu adalah masak! Rasanya susah sekali buat cari waktu luang. Anak gue mesti ditemenin, rumah mesti diberesin..ide di kepala udah numpuk pengen disalurkan.
Huaaa...gue jadi kena masalah lack of time. Padahal kalau gue pikir2 lagi, seharusnya gue masih bisa ngelakuin banyak hal lain.
Dari dulu gue selalu sibuk. Pulang sekolah masih aktif sana-sini. Tapi gue masih bisa lakuin banyak hal. Masih bisa kursus, masih bisa organisasi.
Jadi mungkin sebenernya gue cuma perlu set prioritas. Gue perlu menata ulang apa yang harus gue kerjain tiap harinya. Bikin agenda per jam..kaya dulu. Spare time buat anak, buat rumah, buat nulis dan buat belajar hal lain. Menajamkan otak kiri gue lagi dengan belajar. Masih banyak yang harus gue lakuin..masih banyak keinginan gue yang belum tercapai. And I think I have to start to fight again..
Aza aza fighting!






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]