Friday, October 14, 2005

Yang ramah dong, Mbak/Mas!

Pernah punya pengalaman dilayanin dengan tidak ramah pas mau beli/tanya sesuatu?
Gw sering juga dapet pengalaman eneg gitu. Dan karena gw tipikal orang yang menghindari masalah, biasanya paling banter gw tinggalin aja. Tapi tetep aja bete..
Gw pikir..ketika seseorang sudah memutuskan bahwa dia akan bekerja di tempat yang mengharuskannya berhadapan dengan pembeli/pelanggan, dia harus udah siap untuk terus bersikap ramah. Biarpun pembelinya menyebalkan, pembeli tetap raja.
Tapi dari beberapa pengalaman yang gw alamin dan liat sendiri..seringkali pelanggan malah lebih ramah daripada yang ngelayanin. Apa nggak kebalik?
Gw bilang tadi, gw biasanya males nanggepin kalo dapet yang ngelayanin jutek. Tapi betenya gw pendem cukup lama lho..(hihi..ada bakat mendendam nih gw!). Buktinya, gw masih inget beberapa yang sangat nyebelin menurut gw:
1. Kejadian paling fresh, baru terjadi tadi. Gw mau beli IDD card di MyNews Berjaya Times Square. Gw tanya ke yang jualan, an Indian girl...dan gw yakin gw tanya dengan nada manissss.."Excuse me, do you sell IDD card?"
U know what? No answer! She just stared at me without smile for few seconds and then continued what she did before. Gw dengan begonya masih nunggu and berpikir positif bahwa dia takut lupa dia lagi lakuin apa, terus bakal ngejawab gw selesai dia masukin data entah apa itu. Ternyataaa...tetep no action! Bete banget. Gak jadi deh beli IDD cardnya..and gak bakalan gw beli apa2 kesitu lagi. Gw nggak rugi!
2. Parkiran Metropolitan Mall Bekasi. Gw mau bawa Ikel and saudara2nya maen ke tempat maennya di lantai 4..ternyata begitu masuk gw nggak bisa parkir di deket mall. Si penjaga parkir maksa nyuruh gw turun ke basement. Gw nggak mau parkir di basement MM. Gelap..mobil gw pendek jadi suka jedot bawah..mana pengap lagi. Udah gitu lama banget bisa dapet lift buat naeknya. Kalo cuma gw sendiri sih nggak apa-apa..ini gw bawa 2 baby and 1 toddler gitu! So gw bilang gw nggak mau ke bawah, gw mau parkir di hotel aja. Mendingan gw jalan dikit dari hotel.
Ehhh...si tukang parkirnya ngambek gitu..ngomongnya nggak enak banget. "Ooohh..mau keluar lagi?? Keluar lagi aja! Parkir aja sana di Giant..disana kosong!"
Kurang ajar banget nggak sih? Kalo nggak kasian ama anak2 yang udah terlanjur janji dibawa maen, gw mendingan ke Giant aja deh. Beneran, kalo nggak ada Gramedia di MM gw udah nggak bakalan pernah ke MM lagi kali. Dan ternyataaa...di atas juga gw masih bisa dapet parkir! Deket pintu lagi.
3. Tempat penjualan tiket kereta api di Gambir.
Ceritanya gw buru2..pulang kerja gw langsung ke Gambir, mau beli tiket buat ke Jogya. Antriannya panjang..and ini pertama kali gw beli tiket KA jarak jauh sendiri. Nggak mau salah, gw baca penjelasan yang ditempel. Tapi ternyata penjelasannya ngebingungin gitu, ada dua informasi yang berbeda. Jadi begitu sampe giliran gw di depan si kasirnya, gw tanya lagi dong..yang bener yang mana jadwalnya. Eh..si Mbak dengan muka sok capeknya gitu ngomong dengan judes, "Bisa baca nggak sih? Itu kan jadwalnya!" Jelas aja gw langsung meradang. Gw bilang.."jadwal yang mana?? Katanya yang ini keretanya nggak jalan??" Terus si Mbaknya bukannya ngejawab gitu malah cemberut. Bete, gw nggak jadi beli terus keluar dari antrian. Begitu gw keluar dari antrian, gw liat si Mbak itu langsung diganti sama Mas-Mas yang pasang muka lebih ramah terus si Mbaknya menyingkir dengan muka bete. Come on! Apa dia pikir cuma dia yang cape? Gw jg kerja dari pagi.
4. Ini kejadian beberapa kali...pelayan2 resto fast food di Singapore. Gw beberapa kali dilayanin sama mereka yang pasang tampang luar biasa lelah dan jutek abis. Ngomong ke pelanggan juga nadanya nyentak2. Yang lebih rese..pernah gw pesen something..terus yang keluar nggak sesuai pesanan gw. Jelas aja gw protes. Eh..si Mbaknya itu bukannya minta maaf, malah dia nuker2 isinya sambil dibanting2. Fuiiihhh..gw cuma bisa ngurut dada..bingung. Niat nggak sih kerja?
5. Masih di SG..penjual barang2 elektronik di Lucky Plaza. Nggak semuanya sih..tapi banyak!! Begitu kita nanya barang lebih dari satu, tampangnya mulai asem..terus nanya, "Are you going to buy or not?? If not then go lah! We are busy!" Jadi males banget disuruh belanja disitu. Tapi pas gw baca buku You Can Negotiate Anything, gw jadi tau itu salah satu cara mereka mengintimidasi calon pembeli biar beli. Kalo menurut gw sih..that's totally rude!
Itu cuma beberapa diantara pengalaman yang gw alamin. Kadang gw mikir..gw butuh empati kali ya, gw mesti taro diri gw di posisi mereka..kali mereka lagi ada masalah de-es-be. But, as a customer, I have a right to be served well! Dan skali lagi, itu udah jadi resiko mereka kerja ngelayanin pelanggan. Mereka HARUS ramah.
Kadang gw pengen catet nama mereka terus gw laporin ke bossnya. Tapi hati kecil gw teriak jangan..gw nggak mau juga kalau nanti gw bikin seseorang keilangan pekerjaan misalnya. Serba salah..tapi kalau orang nggak pernah ditegur kesalahannya, dia nggak akan sadar-sadar dia salah kali ya? Lagian perilaku kaya gitu kan bikin orang males kesitu lagi.
Mungkin toko2 pas mau terima pegawai buat jaga di depan gitu mesti nekenin syarat FRIENDLY kali yah.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]