Wednesday, October 12, 2005

Hari pertama Ikel sekolah lagi

Hari ini Ikel mulai sekolah lagi di Gymboree KL setelah sebulan lebih ninggalin sekolahnya di Bekasi. Akhirnya balik lagi ke Gymboree..setelah sebelumnya sempet trial di preschool lain. Padahal Gymboree KL jauh dari rumah.
Tapi gw udah sreg sama programnya..nggak terlalu ngeberatin anak, bener-bener learning by playing. Gw pikir2 juga Ikel belum siap buat preschool yang setiap hari. Bukan gw underestimate kemampuannya, tapi gw yakin gw yang paling tau whether he's ready or not buat that kind of preschool. And I think he's not.
Faktor utamanya, Ikel belum bisa lancar bicara, belum bisa express what he wants dalam clear sentences. Dan di sekolah yang tiap hari itu, gw nggak bisa ikut liatin..asli ditinggalin. Dan gw liat juga dia nggak fully dimonitor..jadi dibiarin aja. So there is a chance dia pergi ke wc sendiri, or do something dangerous without anybody looking after him. Apalagi dalam waktu yang sama ada lebih dari satu kelas yang jalan.
Faktor lain, pelajarannya gw pikir masih terlalu strict buat Ikel yang orangnya nggak bisa diem. Keliatannya Ikel justru banyak belajar kalo dia nyoba, kalau dia gerak..dan kalau dia denger. Kasian juga kalau dia mesti duduk terus..ditentuin harus nulis apa, harus gambar apa..tiap hari lagi. He's definitely not ready for it. Mungkin kalau dia udah lancar bicara, udah 3 taun keatas lah..gw baru bisa tenang masukin dia ke that kind of school. For this time being, sekolah kaya Gymboree yang gw rasa paling cocok. Gw ambil dua kelas seminggu, satu buat playing satu lagi buat music.
Ternyata biar namanya sama Gymboree, tapi banyak juga bedanya antara yang di Bekasi sama disini.
Pertama, tentu aja di fee-nya..gila, jauh banget. Ikel waktu di Bekasi ikutan kelas package, sebulan empat kali play, tiga kali art dan satu kali music. Itu semua biayanya 350rb sebulan. Disini, buat empat kali play sebulan doang udah segituan. Kelas art mahal banget, sekitar 430rb sebulan buat empat kali. Kelas music sama ama play.
Terus programnya juga beda. Disini nggak ada kelas package. I was wondering why..tapi akhirnya gue ngerti. Dengan dipisah justru lebih serius jadinya..targetnya lebih jelas dan ada path yang harus diikutin.
Terus gurunya juga cuma satu. Di bks dulu kan satu kelas ada lima teachers..jadi kadang2 nggak perlu ditemenin ortu/maid juga ada teachernya.
Terus method playingnya juga ada bedanya. Kalau di bks perasaan banyak banget lagu dari tape..disini banyakan teachernya yang nyanyi. Ikel jelas lebih suka yang banyak lagu dari tape, tapi dengan berkurangnya lagu dari tape Ikel justru jadi lebih lincah maen..karena perhatiannya nggak keganggu lagu.
Seneng deh liat Ikel seneng banget maen..sekolah lagi. Semangat banget. Cuma salah gw, gw tadi ambil dua program itu dijadiin satu hari. Semula sih reasonnya biar cuma sekali aja ke sekolahnya, soalnya sekolahnya jauh. Lagian satu program kan cuma 45 menit. Ternyata Ikelnya keburu ngambek. Jadi aja pas kelas music dia nggak enjoy..baru enjoy pas akhir2. Kayanya mesti rubah jadwal lagi.
Gw suka kelas music-nya. Diajarin ritme, maen macem2 alat musik yang gampang..terus dance. Kalau Ikel lagi nggak rewel pasti dia suka banget. Kalau kelebihan duit sih gw daftarin juga ke kelas art..hihi..Tapi pikir-pikir, kelas art gw masih bisa lakuin sendiri di rumah. Kalau music sih gw nggak punya dasar. Gw tinggal beli plastik besar buat alas..mmmm..better kalo ada meja belajar lipat buat anak2 itu kali yah. Kemarin pas belanja gw nemu cat yang bisa dicuci dan aman buat anak2..tadi gw liat sekolah Ikel pake yang gitu juga. Tinggal konsistensi gw-nya aja.
Gw jg masih punya peer ngelatih Ikel konsentrasi dan ngomong. Vocabnya udah bertambah banyak..lagu-lagu yang dia bisa juga nambah terus. Tapi masih belum bisa diajak ngobrol. Gw liat sih main reasonnya selain multilingual environment juga emang karena dia nggak bisa diem, nggak bisa serius dengerin orang ngomong. Kasian juga, sekarang dikasih tambahan bahasa Melayu. Belum lagi dengerin mamanya suka pasang film silat yang pake bahasa mandarin. Jadi sekarang dia suka tiba2 ngomong..ada ape, siape, terus jadi wo ye ai! Anyway, bhs mandarin dia bakal tetep belajar juga kalau masuk preschool disini, jadi harusnya no problem.
Ngurus anak tuh ternyata bener-bener susah yah..lot of things to think, to consider. Mesti sabar masak sampe tiga kali sehari biar anak makan. Mesti sabar nyajiin tiga menu sekaligus buat dipilih kalau dia lagi males makan. Mesti sabar ngajarin ini itu..bacain ini itu..butuh waktu n kesabaran yang luar biasa banget.
Yang gw seneng, Ikel sekarang gambarnya makin pinter. Ngeliatnya kaya liat anak TK gambar..hehe..lucu. Dia teriak..queen, ternyata dia beneran bikin mahkota..beneran berbentuk mahkota gitu. Terus teriak motorcycle..ternyata udah jadi dua roda sama garisnya. Bentuk dasar, circle, triangle sampe oval dia udah bisa gambar semua. Paling lucu kalo udah gambar sambil nyanyi itu..lingkaran kecil lingkaran kecil lingkaran besar..nyanyinya bener ampe abis, tapi gambarnya yang bener cuma bagian idung babinya doang :-D Terus dia suka ngikutin gw, gw ajarin cara nulis huruf A itu one..two..three..gw gambar tiga kali garis sampai bentuk huruf A. Dia jg ngikutin ngomong one two three, tapi jadinya triangle bukan huruf A. Terus dia bilang bikin Mama, bikin Papa..tapi jadinya buletan-buletan nggak jelas..
Oya..Ikel tadi ngeselin banget..baru aja gw ajarin bedanya monkey ama gorilla, malem ini dia manggil gw dengan lembut. Mamaa...katanya. Apa sayang?..kata gw. Monkey..katanya. WHAT?? Masa mama monkey??






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]