Tuesday, October 25, 2005

Sedih..

Sedih..ramadhan sekarang batalnya banyak banget. Udah batal dua hari gara-gara sakit ditambah tujuh hari standar gara-gara tamu bulanan. Nggak enak rasanya nggak puasa..tapi gimana lagi. Nggak nyangka juga, udah setaun lewat sejak asma terakhir kambuh..dan sekarang kambuh di negeri orang. Dan sampai sekarang gw belum juga nemu apa yang bikin alergi gw kambuh.

Setaun lalu gw kabur dari dokter gw..hehe..gara2 divonis mesti terapi steroid setaun. Gila aja, gw orangnya pelupa, susah banget buat inget jadwal terapi. Padahal acara semprot-semprot itu dua kali sehari..dan nggak boleh kelewat! Gimana nggak kacau? Tapi alhamdulillah..sejak gw minum virgin coconut oil once a day, alergi gw nggak kambuh-kambuh lagi. Till now..
Nggak enak banget rasanya kalau alergi lagi kambuh. First, of course, gw susah nafas. Rasanya dada gw berat banget. Second, batuk yang bikin nggak tahan..gateel banget, sampe berdarah2 gara2 batuknya kekencengan. Dalam tiga hari ini gw udah dua kali ke dokter, coz dengan tololnya gw lupa bilang ke dokter pertama bhw asma gw karena alergi jadinya nggak dikasih antihistamin. Yang bikin sengsara justru side effect dari obatnya. Semua asthma medication efeknya sama..badan jadi nggak enak, shivering..kaya meriang gitu. Tangan gemeteran..jadinya lemeees banget. Karena nggak kuat akhirnya sama dokter diperingan lagi, cuma sekali sehari obat asthmanya. Tapi in total jumlah obat yang mesti gw makan..ada 6! Eneg duluan gw liatnya.
Mana gw diultimatum lagi..nggak boleh sama sekali makan minum dari kulkas (sehari sebelumnya gw nggak kuat makan ice cream pas buka..hihi..).
Tapi cara tergampang nyegah kejadian gini lagi sebenernya ya nemuin apa penyebab alergi gw. Asli gw bingung, ac udah dimatiin..kamar juga bersih nggak banyak debu. Padahal yg gw tau gw cuma alergi penisilin, dingin and debu. Terus apa lagi?
Oya..gw ke dokter panel di klinik deket rumah. Dua kali kesana dapet dokter yang beda. Tapi gw amaze, dua2nya bagus..komunikatif banget, and ngejelasin detil tentang sakit kita. Pengetahuannya juga luas, tentang asma and alergi misalnya, padahal mereka bukan spesialis paru asma atau alergi. Ngasih obatnya juga wise, nggak sembarangan. Diterangin satu-satu obat apa yang dikasih, efek sampingnya..dan kita bisa enak nanya-nanya. Selama gw di Indo, jarang banget gw nemu dokter umum kaya gitu, jadinya selalu langsung ke spesialis..itupun jarang nemu yang komunikatif. Mungkin karena di Indo hubungan dokter pasien masih banyak satu arah itu ya? Jadi pasiennya pasrah, terserah kata dokter. Kadang2 dokternya juga jadi jutek kalau kita nanya. Terakhir waktu bawa Ikel ke dokter buat imunisasi, dokternya enak sih..ramah and komunikatif. Kalo gitu kan enak..cuma ya jarang. Ya..nggak mengeneralisasi sih..I know banyak dokter yang care about hubungan pasien-dokter, rational use of drugs etc. Gw juga nggak akan tau about that kalau nggak pernah ikut program pesatnya dokter Wati and group sehat. Alhamdulillah gw dapet kesempatan ikut dan belajar banyak sehingga gw bisa lebih rasional sbg pasien.
Pfuiih..jadi kemana-mana..anyway..doain sembuh ya. Semoga batalnya nggak nambah lagi.
Btw..it's only five days to go...I'll be coming home soon!






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]