Friday, October 28, 2005

Fight for RUD..

Banyak yang bilang gw cerewet atau sok tahu kalau udah berurusan sama obat-obatan . Padahal sebenernya gw cuma concern. Kalau nggak boleh concern sama orang lain, boleh dong gw concern sama apa yang masuk ke tubuh gw sendiri dan tubuh anak yang gw sayang? Gw emang bukan dokter, bukan juga ahli medis..tapi gw rasa semua orang perlu tahu setidak-tidaknya sedikit tahu tentang penanganan penyakit. Leave it to the doctor? Okay..but dokter juga manusia yang bisa khilaf. Kalau kita bisa mengurangi resiko hal-hal yang tidak diinginkan dengan ikut berpartisipasi aktif belajar sendiri..kenapa nggak?
Selama masih bisa nggak pakai obat chemical, gw berusaha nggak pakai obat. Bukan sok pinter atau melebihi dokter in that case, tapi gimanapun obat chemical itu ya dari bahan chemical yang sangat mungkin ada efek sampingnya.
Ada untungnya juga tinggal jauh dari ortu dalam kasus begini..gw jadi lebih leluasa menerapkan prinsip gw untuk lebih rasional terhadap penggunaan obat. Kalau di Indo dulu, giliran Ikel sakit terus gw terapin cara gw..gw mesti tahan menghadapi reaksi2 cemas dari nenek2 dan kakeknya. Yang akhirnya sering berujung ke wasting money and energy karena gw kudu ke dokter ahli udah gitu dikasih obat-obatan yang kebanyakan setelah gw cek ternyata not recommended for children under 12, atau malah antibiotik buat flu! Nggak mungkin dong gw kasih sama anak gw. Sering juga gw bawa konsultasi buat ngeliat apa treatment yang gw kasih udah oke, tapi dokter malah kasih obat..yang kalau nggak gw kasihin bakalan kena omelan neneknya deh. Susah sih buat dapetin dokter yang reliable kaya dokter Wati and the ganks..hehe..
Kaya sekarang Ikel lagi batuk..udah ampir seminggu. Batuknya lumayan..grok-grok gitu, penuh dahak. Gw amatin ini batuk biasa, gara-gara virus..soalnya sebelumnya dia pilek juga. Gw nggak kasih apa-apa selain air yang banyak, virgin coconut oil sama vitamin kalau dia lagi males makan. Terus gw kasih copal dada sama punggungnya setiap mau tidur ama abis mandi. Makan juga nggak gw force harus banyak, yang penting minum anget. Ikelnya juga adem-adem aja, malah tetep lari-larian kesana-sini. Sekarang malah makannya buanyak banget. Dibanding kemarin hari ini batuknya lebih berisi, berarti dahaknya udah bisa keluar. Pipis sama pupnya juga banyak, berarti dahaknya keluar juga dari sana. I feel relieved. Tidurnya juga udah mulai nyenyak. Tapi dia masih batuk-batuk walau nggak terlalu sering..dan gw a bit worry..besok pulang ke Indo keliatan lagi batuk bisa kena omelan lagi deh gw! Makanya gw tadi ngebut nyelesein artikel tentang obat batuk pada anak yang gw ambil dari artikelnya WHO buat disodorin kalo masih diprotes juga..hihi. Kayanya gw masih harus terus berjuang buat menerapkan rational use of drugs ini..






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]