Tuesday, January 04, 2005

Tipikal Orang Sakit..menurut gw..

Hasil pengamatan gue, jenis orang yang lagi sakit itu ada tiga macem:
Satu, those yang jadi super manja and rewel kalo lagi sakit-pengen dilayanin segala sesuatunya, and sakit ringanpun bisa jd kaya sakit berat.
Dua, those yang rata-rata, kalo sakit-ringan atau berat-reaksinya sama, kasih obat..etc..etc..pendek kata, normal reaction lah.
Tiga, those yang baru ketauan sakit kalo sakit berat.
Hebatnya, my parents punya empat anak yang punya tipe sakit beda-beda. Satu goes to number one, dua go to number two and satu lagi goes to the last one. Kasian juga nyokap gue.
Kalo dipikir2, kayanya nyokap paling tenang kalo lagi ngerawat yang dua orang. Kalo lagi ngerawat yang tipe satu, nyokap cape fisik..and sdikit cape batin gara2 pusing ngadepin rewelnya.Nah..kalo lagi ngerawat yang tipe ketiga..yang kebetulan adalah gue...ini juga baru kepikir ama gue, keliatannya my mommy kaya yang jantungan gitukalo ngeliat gue sakit.
Gue kan emang jarang bilang kalo sakit. Kalo sakit ringan doang sih cuek aja, masih bisa kerja ya kerja, obatin seperlunya. Apalagi stelah gue blajar soal obat2an, soal macem2 sakit. Yang ada gw malah jadi suka ceramah kalo lagi demam, batuk ringan, pilek trus disuruh ke dokter.Isi ceramahnya..hehe..bahwa itu semua adalah gejala and gejala nggak usah diobatin, yang diobatin itu penyakitnya. Bahwa demam, batuk, pilek, itu mekanisme tubuhbuat fighting pas lagi sakit.
Jadi kalo tiba-tiba gue ngeluh sakit, apalagi sampe ke dokter, nyokap gue langsung waswas.
Waktu dulu kena gejala DB, gue inget sempet bete..abis lagi tidur nyokap slalu bangunin sambil manggil2 gitu. Ternyata beliau panik gara2 gue lama nggakbersuara, kaya orang mati gitu. Waktu tipes dulu, nyokap juga bingung..gara2 gue yang keliatan seger and udah narik2 koper mau balik ke sg tiba-tiba pingsan di ruang tamu..hihi..
And kemaren, I caught the same worry in her eyes waktu gue bilang mau ke lab buat cek darah and mau ke dokter.Mommy langsung panik, nanya kenapa sih, ada apa sih, emangnya ngerasa apa etc. And gue kayanya malah bikin beliau tambah panik, padahal suer gw jawabnya juga nyantai banget kok.."Ngga apa-apa kok, cuma takut keterusan, batuknya udah berdarah2." Nyokap gue ribut, takut kena radang paru. Gue aja masih tenang kok..I thought..
Gue bilang aja, "Nggak kok, udah biasa..setiap batuk parah kan suka berdarah tenggorokannya."
Mana gue suka keukeuh lagi kalo soal obat. Kalo obat dari dokter ada yang gue yakin will not work, ya ngga gue makan. Tambah pusing deh mommy. Untungnya gue open to traditional treatment.
Tapi tetep, gw jd feeling guilty juga ama beliau. Ya itu..stelah dipikir2, gw kan a mommy juga, kalo anak gw kaya gitu ya gw pasti panik luar biasa.
My hubby juga tipe sakit yang ketiga, sama ama gw. Jadi kalo lagi di rumah sih kita udah biasa, nggak ribut kalo sakit.Dari kombinasi gue and hubby yang sama-sama tipe ketiga, Ikel juga harusnya tipe ketiga. Tapi ternyata, Ikel tipe kesatu! Ikel kalo lagi sakit luar biasa, ini salah itu salah. Telat bikin susu aja pas dia lagi haus, ngambeknya bisa kepanjangan. Gw takjub juga, kalo smua anak sakit kaya gini pada stress dong semua ortu pas anaknya sakit. Tapi even my mommy bilang, Ikel itu paling rewel pas sakit dibanding semua anak mama dulu.
Ya..mungkin Allah tau, gw nggak akan terlalu cape kalo anak gue tipe kedua atau ketiga. And buat ngerasain pusingnya my mommy ngadepin gw dulu, dikasihlah gw anak dengan tipe sakit kesatu.
Tapi dng ngerawat anak rewel pas lagi sakit, gue jadi kebuka..nyadar, perjuangan ibu itu berat sekali ya..biar lagi sesakit apapun kalo anaknya sakit tetep aja yang dinomorsatuin ya anak. Adek gue aja ngeliat Ikel sakit ampe ngomong..apa dulu waktu kita kecil kita juga kaya gitu kalo lagi sakit? And my mommy said, emang! Makanya kalo udah gede jangan ngelawan ama ortu. Higs..Iya juga waktu belon jadi ortu suka ngelawan. Skarang kalo mau ngebantah, biar kata ngerasa bener juga, jadi mikir berkali-kali.
Anyway, happy belated mother's day deh buat semua ibu. You're the key to better generation.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]