Wednesday, August 02, 2006

Catch Ikel!



Sedikit percakapan gw sama dokter gigi gw..
Gw: "Anakku tuh belon lancar ngomong juga.."
Drg: "Lah..sama sama keponakanku. Tapi anaknya pinter skali, nggak bisa diem..kalo masuk rumah orang semua tombol dinyalain. Tapi ya itu, ngomongnya nggak bener2 juga padahal udah kelas 1 SD!"
Semua tombol dinyalain?? Waaaa..itu Ikel banget!! Kalo udah masuk rumah orang, pasti ada satu orang dewasa yang lari2..tried to catch him..gara2 kelakuan isengnya ituh. Dia tuh pengen tauuuu aja ini tombol buat apa, tombol itu buat apa..Yang ini gimana kerjanya, yang itu gimana. Kalau ini dicampur itu jadi apa.

Hasilnya?
Masuk ke rumah PakPuh: nyalain TV, mencet dispenser, buka pintu lemari, terus asik di depan compo.
Masuk ke rumah eyangnya: compo, TV, lemari, bongkar isi dus, nasi gak mateng2 gara2 tombolnya dipindah.
Rumah kakek nenek: banjir (dari dispenser tentu..), konci mobil korslet gara2 masuk ke gelas teh manis, minuman di meja dimasukin bubuk kue
Terus pernah gw mau minum ternyata di dalem gelas gw dimasukin uang receh! Untung gak ketelen! Aduh, pusing deh. Bahaya banget kalo di depannya ada macem2 minuman n makanan. Bisa bikin resep sendiri dia. Masih inget gw sama kejadian tujuh belasan taun lalu di Tasik, waktu dia campurin satu tempat es timun sama rujak! Untung rujak yang masuk baru satu sendok sayur, jadi maaf ya tamu2 kalau rasa es timunnya aneh :-(
Coca cola asisten gw pas lagi di resto juga dicampur sama cream soup. Hmm..yummy..

Tapi gw tau, di balik semua keisengannya itu sebenernya dia cuma pengen memuaskan rasa ingin taunya. Sama sekali gak ada niat buat nakal. Gw tau waktu dia nungging2 di meja bilyar, terus2an masukin bola dari atas..terus diliatin gerakan bolanya ampe bawah..itu bukan repetitive behaviour tanpa maksud. Bener juga, berikutnya dia ganti masukin bola dari bawah, dilempar ngikutin bentuk jalur yang melingker2. And believe it or not, ternyata anak2 lain jadi ikutan lempar bola dari bawah. Tinggal papa gw aja yang ngelus dada liat meja bilyarnya jadi sarang anak2.
Prinsip gw buat nggak ngasih maenan elektronik mahal karena gampang banget dirusak terbukti juga. Wktu ultah dia dikasih becak2an, baru juga dipake maen bentar dia teriak marah. Ternyata lutut tukang becanya udah ngadep belakang, entah gimana caranya. Kadang gw bingung sendiri..ini diapain sih bisa begini?? Idenya tuh adaaa aja. Nggak ada deh sehari ceritanya tanpa dia iseng.
Gw tinggalin sama adek gw di rumah, eh adek gw ngadu. Katanya Ikel pengen maen aer, pas cuci mobil dia udah deketin pengen disiram, tapi nggak dianggap. Akhirnya dia nyebur sendiri ke genangan aer di tanah, terus cuci muka disitu..sampai mau nggak mau disiram beneran deh.
Atau waktu gw larang makan coklat lagi karena udah kebanyakan. Dia nggak berani deketin gw, akhirnya deketin suami gw sambil nyodorin coklat.."Pa, ini enak!", katanya pake nada nawarin.
What?? Gw ampe bengong dengernya! Dia yang jarang mau ngomong ternyata bisa ngomong gitu demi kepentingannya..hihi..idenya itu lho!!

Makanya kadang gw sebel juga kalo udah diomongin sama orang..ngapain sih khawatir banget sama anaknya, pake dijagain segala..biarin aja, biar dia lepas! Iyaaaa...tiap anak kan beda. Kalo anak gw dilepas di tempat rame, dibiarin sendiri..dia bisa beneran ilang! Anak gw bukan tipe yang ntar juga sebentar balik sendiri. Iya, balik sendiri..tapi nanti kalo udah bosen, and bosennya itu entah kapan!

Tapi gw juga sekarang jadi belajar lebih percaya sama Ikel. Walaupun dia nggak banyak ngomong, tapi dia ngerti. Dia mandiri. Dia bisa ngapa-ngapain sendiri. Pernah gw panik ngeliat dia nyamber digicam, ternyata dia bisa makenya! Adek gw aja nggak bisa kalo nggak diajarin. Padahal selama ini dia cuma liat gw pake beberapa kali aja.
Gw percaya sama akalnya.
Yang paling penting, gw percaya sama Allah. Gw yakin Allah sayang sama gw. Sedari Ikel di perut, gw selu berdoa hal yang sama..supaya Allah menjadikan anak gw bagian dari generasi yang dijanjikan-Nya. Supaya anak gw jauh lebih baik dari gw. Kalau sekarang Ikel memiliki kelebihan dan kekurangan, gw yakin itu bagian dari tugasnya di dunia.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]