Thursday, July 15, 2004

Story behind renovation

First..mesti ralat..jumlah cat gue ternyata 15,bukan 14! The tangerine orange is left!
Waduh, benar-benar penuh perjuangan acara renovasi ini..supported by the fact that I’m no longer working woman, so all the burden goes to my dear hubby.
Gimana nggak penuh perjuangan, dari waktu, biaya, sampai bentuk rumah meleset semua dari rencana!
Pertamanya…kita cuma berniat mau ngebangun diatas sedikiiiit..buat library and kamar pembantu, and ngebongkar bawah dikit buat gedein dapur and nambah satu kamar.
Meleset yang pertama…aduh, ternyata atap bagian depan bobrok abis. Gimana kalo ikut didak juga?
Hmmm..okelah..didak aja juga.
Meleset yang kedua…aduh, kalo cuma didak doang sayang..mendingan sekalian aja dibangun juga, kalo nanti-nanti tambah mahal lagi deh.
Hmm..bener juga, ya udahlah..sekalian aja. Mumpung ada tukangnya.
Jadinya..malah seluruh bagian rumah jadi ditingkat! Padahal kalo dipikir2, gue di rumah cuma berlima. Our family and two maids. Buat apa coba nambah kamar banyak-banyak..
Yang ada jadi kelimpungan soal budget..hihi..Ternyata yang serba tidak terduga itu yang banyak..wah..sampai saat-saat terakhir kayak gini masih aja ada yang tidak terduga..
Tiba-tiba satu lantai di mushola pecah…padahal ngga ada lagi cadangan! Kepaksa beli satu dus buat ganti satu lantai yang pecah.
Kejadian yang sama terjadi juga di lantai ruang atas, yang nyisa sembilan biji dan udah dipas-pasin buat ganti lantai yang kurang panjang. Eh..tau-tau pecah satu juga..bete nggak sih!
Yang lebih nyebelin lagi, lantai kamar mandi lama kebongkar gara-gara kita ubah letak pintu. Eh begitu cari ke toko keramik udah nggak diproduksi lagi! Huaaa…kepaksa beli enam dus!
Atau pas gue sadar..bahwa our existing closet’s colour is blue. Padahal kamar mandi yang mau dipasangin kloset itu nuansanya kuning-hijau. Following my perfectionist instinct, diputuskan buat tuker tambah ama yang warna kuning..hihi..untung bisa tuker tambah. Sayangnya semprotan klosetnya nggak ada warna kuning , jadi kepaksa gue mesti puas ama warna ijo. Asalnya gue mau nyocokin, tutup klosetnya gue minta yang ijo aja juga..tapi nggak dikasih ama yang jualannya :-D
Belum lagi keinginan gue yang emang rada macem-macem..:-D..sering bikin pusing tukangnya. Untung tukang catnya kenal baek, kalo nggak..wah udah disemprot gue! Begitu liat daftar cat gue yang lima belas warna itu dia udah pusing sendiri. Setiap dinding akhirnya ditulisin juga pake pinsil, tapi tetep ada juga yang salah..hehe..And gue selalu dengan manisnya begitu ngeliat ada kombinasi warna yang gue nggak suka, minta tolong ditimpa. Kejadian berapa kali ya..tiga kayanya. Belum waktu gue minta supaya dinding orange dihias pake efek washed. Bengong langsung deh dia..soalnya tu dinding letaknya di void..yang kalo mau dicat mesti pake tangga!
Yang bertugas bikin kamar mandi juga gue bikin pusing…ada kamar mandi yang gue minta ceruk-ceruk di dindingnya lah, ada yang lantainya gue minta pake batu koral plus semen warna lah, belum yang harus nempelin kerang-kerang hasil buruan gue di pasar ikan ke semen warna. Padahal sebelumnya beliau udah dibikin pusing gara-gara gue minta pindah-pindahin letak pintu yang sebelumnya jelek sekali kalo dilihat dari feng shui :-D
Nggak cukup tukang gue yang pusing, PLN yang mau pasang lampu juga ikutan pusing..gara-gara gue n hubby yang keukeuh nggak mau pasang lampu gantung di void. Jadilah mereka mesti pasang dua neon di kiri kanan plus masang lampu sorot di langit-langit.
Jadi feeling guilty..udah bikin banyak orang pusing, termasuk my lovely parent yang pusing ngeliat Ikel berantakin rumah tiap hari.
Tapi asli..gue puas. Puas ngeliat rumah yang udah 90% jadi, tinggal tangga and pager atas. Walau dana membengkak 100% dari budget semula..higs..but I got many good things. Rumah kerasa lebih homey, guenya juga jadi tambah pengalaman belanja barang, sampai ke pasar ikan coba..Believe it or not, tirai yang di pangandaran ditawarin ke gue seharga 125 rebu perak, di pasar ikan cuma 20 rebu perak! Kerang yang di pangandaran harganya 25 rebu, di pasar ikan cuma 2500! Terus tambah kenalan..hihi..sampe2 orang di toko bangunan udah apal gitu ama muka gue, saking seringnya hilir mudik.
Nanti kalo udah beres tinggal pusing soal furniture ajah..
Oya, ini tips trik yang gue kumpulin buat yang mau renov atau bangun rumah:
1. Kalo mau beli barang dalam jumlah banyak, misalnya keramik, mendingan beli di toko biasa daripada di supermarket bahan bangunan buat dapetin discount. Survey dulu harga, biasanya kalo keramik paling beda serebu dua rebu, tapi kalo beli 100 dus kan lumayan!
2. Alat-alat listrik kaya fitting, stop kontak dsb juga mendingan beli di toko alat listrik, jangan di supermarket bahan bangunan atau toko yang campur-campur. Sebagai perbandingan, harga steker AC bisa beda 5000.
3. Buat kran & shower, pilih merek yang bagus. Pengalaman gue beli shower yang ngga bermerek, tiga kali beli gara-gara bocor terus. Diitung-itung lebih murah gue beli yang San Ei aja langsung.
4. Beli besi di toko khusus besi, atau yang jualan utamanya besi. Jangan di toko material biasa. Perbedaan harga and kualitas cukup signifikan.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]