Saturday, October 07, 2006

Stop the Haze, please!

Waktu dulu rame2 soal efek kebakaran hutan ke negeri tetangga, gw nggak ngerasain sendiri. So, gw cuek aja sama berita yang beredar. Tapi ternyata kadang harus mengalami sendiri buat ngerasain penderitaan orang lain.
Setelah beberapa minggu ini KL diselimuti asap yang makin hari kayanya malah makin tebel aja, gw semakin gemes. Mau marah, nggak tau mesti marah sama siapa. Gw nggak tau kondisi sebenernya jadi nggak bisa gitu aja nyalahin pemerintah Indonesia yang keliatan kurang tanggap sama efek asap ini.

Indeks pollutant di KL semakin tinggi. Di beberapa tempat malah udah masuk tahap unhealthy, termasuk di Putrajaya, pusat pemerintahan.
Baru setelah baca koran gw ngeh kenapa sinusitis gw yang udah lama nggak kambuh tiba2 kambuh lagi. Ternyata ada penderita sinusitis yang sampai ngungsi ke Thailand gara2 asep ini. Belum lagi asma. Gw udah bingung aja kalau mesti ke dokter lagi gara2 asma gw terus2an kambuh. Sekarang bisa tiap hari gw sesek. Sakit idung, sakit tenggorokan, eungap! Stress nggak sih? Mana Ikel juga masih batuk-batuk. Sembuh beberapa hari, terus batuk lagi. Sekarang my lovely hubby juga kena. Arrrgh!
Gw udah nggak tahan pengen cepet ke Bandung. Tapi ngeliat langit putih sama asap jadi bingung juga, bisa nggak pesawat jalan dengan kondisi kayak gitu?
Gw bingung, as efek asap ini sampai ke banyak negara tetangga, seharusnya kan bisa rame-rame pemerintah Indonesia dibantu negara2 tetangga buat berhentiin asap. Hujan buatan kek, apa kek...tau ah.
Pokoknya please....stop the haze!! Gak enak banget shaum dengan tenggorokan sakit and dada berat susah nafas :-(






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]