Friday, September 08, 2006

Kartu Keanggotaan, Perlu Nggak?

Belon setaun gw menetap di KL, tapi di dompet gw udah bertambah banyak kartu-kartu keanggotaan toko ini itu. Waktu di Indonesia, kartu gw cuma ada dikit (setelah bertahun-tahun tinggal di Jakarta!). Cuma Gramedia, Matahari, Metro sama Century. Itu pun jarang banget kepake. Paling sering dipake cuma Matahari.
Terus kenapa disini kartu gw bisa jadi banyak?
Simple. Karena disini kartu keanggotaan memang menguntungkan.

Let's see kartu-kartu keanggotaan di dompet gw.
1. BonusLink
Kepake banget! Buat ngumpulin point di banyaaak tempat. Dari pom bensin sampe Tesco. Hadiahnya juga bagus-bagus. Tadi liat hadiah redeem di Parkson asyik-asyik juga. Mengingat kartu ini free membership, bener-bener menguntungkan kan? Lagipula tempat-tempat yang terdaftar memang tempat-tempat yang gw suka datengin. Pom bensin gitu lho!
2. Toys R Us
Semula Toys R Us pake BonusLink, terus dia bikin kartu sendiri. Karena gw seneng banget maen kesini, akhirnya gw bikin juga. Free. Bisa dapet harga spesial. Why not??
3. IKEA
Biar nggak gratis, tapi rugi banget kalo sering ke Ikea tapi nggak punya member card. Discount makanan-minuman, harga spesial buat barang-barang tertentu tiap bulan, potongan yang lebih gede, plus ngumpulin point.
4. The Body Shop
Spend 300rm in 6 months, dapet 35RM voucher. Bisa jadi body spray White Musk satu tuh. Mau beli apa aja 300rm dalam 6 bulan??? Aha. Di KL harga Body Shop jauh lebih murah dari di Indo, yang nitip sih banyak-banyak aja. Sebulan kemaren aja gw udah berhasil dapet voucher. Daftar? Gak pake bayar2. Asyik kan?
5. Times Book shop
20-25% discount untuk buku-buku tertentu setiap bulannya!! 10% buat semua buku. Bayar sih. Kemaren lagi promo dapet RM 15 buat 2 taun. But discount buku setiap beli?? Ngiler! Mana buku2 yang didiscount 20-25% juga bagus-bagus!!
6. Big Book Shop
Discount 15% setiap beli!!
7. Popular Book shop
Discount 20% untuk buku2 tertentu setiap bulan, plus 10% untuk setiap pembelian. Bayar juga, 10RM staun. Worthed for me.
8. Kids Zone (yang ini atas nama Ikel)
Jadi member jelas lebih murah kalau mau main sering-sering. Terus ortunya juga dapet akses bebas keluar masuk.

Berikutnya in my list:
1. Padini
Vincci. As gw seriiing banget beli Vincci (dari titipan sampe buat sendiri) plus Padini product laennya, kartu anggota ini jadi a must-have one. Sayang gw terlambat menyadari adanya Padini membership. Begitu mau daftar, lagi tutup. Skarang baru buka lagi...next time I go to Vincci deh.
2. Jusco/Sogo/Isetan
Nggak usah semuanya, at least satu. Mengingat gw dulu punya Matahari & Metro, aneh juga kalau sekarang nggak punya satu pun buat department store. Cuma masih milih-milih. Parkson not in my list. Mahal. Mungkin prioritas gw Jusco. Tapi Sogo juga menarik. Aduh...jadi pusing!

Gw semula juga meragukan, mengingat pengalaman di Indo dulu kartu anggota biasanya gak banyak gunanya. Kecuali Matahari yang berhasil membuahkan beberapa kali voucher belanja, yang lain bener-bener nggak kepake. Tapi ternyata disini kartu keanggotaan benar-benar jadi sarana untuk menarik orang pada suatu produk/tempat. Hadiahnya serius. Kemudahan dan keuntungannya juga serius. Bukan basa-basi. Hasilnya, customer memang lebih loyal. Yang punya kartu Jusco seneng banget belanja di Jusco. Yang punya kartu Sogo juga seneng banget belanja di Sogo. Apalagi kalau lagi sale :-)
Mungkin ini perlu ditiru juga oleh retailer2 di Indo. Spoil your customer.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]