Monday, December 18, 2006

Masih Soal Macet di Bandung

Gw orang yang terbiasa sama macet, tapi tetep aja giliran nyetir sendiri waktu macet bawaannya bete. Tapi yang jelas macet di Bandung masih lebih beradab daripada macet di jalan tol dalam kota Jakarta. Lebih beradab lagi macet di KL yang bikin gw bingung, segini aja dibilang macet.
Yang bikin pusing nyetir di Bandung sekarang buat gw sebenernya bukan macetnya. Yah, macetnya masih jalan gitu lah, still can be handled. Yang bikin pusing adalah seliweran motor yang menguasai jalanan. Di kiri, kanan, depan, belakang, semua motor!

Fenomena menjamurnya motor ini emang nggak cuma di Bandung. Di Bekasi juga sama aja. Lihat deh lampu merah depan mall Metropolitan Bekasi. Siapa yang berbaris di garda depan? Berlapis-lapis motor yang siap maju walau lampu belum berubah hijau.
Di Bandung juga sama, mobil2 rasanya jadi susah bergerak karena jalanan dipenuhi motor. Pagi tadi sampai ada tiga jalur dalam satu arah, dua mobil dan satu motor. Motor di satu jalur itu nggak cuma sebaris, tapi ada sampai tiga baris. Belum lagi motor2 yang ada di tengah-tengah dan sisi lainnya. Sooo crowded! Gw ngeliat motor & mobil di jalanan ini jadi kaya balatentara raksesa Alengka dikerumunin barisan wanara dari goa Kiskenda. Kaya gajah dikerubunin semut.
Yang jelas membanyaknya jumlah motor ini memunculkan masalah baru buat dinas perhubungan & polisi lalu lintas. Macet, so pasti. Kecelakaan, lebih banyak lagi. Pelanggaran, gak keitung kali. Satu masalah, yaitu angkot yang suka berhenti & ngetem sembarangan, belum selesai, udah nambah masalah baru.
Tapi siapa yang bisa disalahin? Perusahaan/dealer motor yang bikin harga motor murah? Dealer yang ngasih kebijakan DP rendah, terus bisa dicicil lagi? Yah, namanya juga bisnis. Pembelinya? Yah, kalo transportasi umum di Bandung udah enak ngapain juga orang beli motor. Kalo sekarang sih kan cuma ngandelin angkot yang waktu ngetemnya aja bisa dipake nambah-nambah waktu tidur :-P
Lingkaran setan. Selama transportasi umum belum layak orang bakal terus mencari alternatif angkutan mudah & murah. Untuk sementara ini, motor. Tapi kalau nunggu Bandung punya LRT, monorail dan sebagainya sih, mesti nunggu sampai kapan? Jakarta aja masih RENCANANYA selesai tahun 2010. Gw rasa sih Bandung perlu lebih banyak jalan layang. Pasopati sangat membantu mengatasi kemacetan yang sebelumnya terjadi di banyak titik. But still, UUD...ujung2nya duit, duitnya dari mana?? :-D

Yah, I can't blame anybody. Buat para pengendara mobil, ya ekstra hati-hatilah dan ekstra sabar tentunya. Buat para pengendara motor, please hati2 di jalan, jangan mentang2 kecil terus jadi asyik pindah2 jalur tanpa liat kiri-kanan nyaingin bajaj di Jakarta. Gw yang nggak sepanjang waktu di Bandung aja udah terlalu sering ngedenger cerita serem seputar kecelakaan yang semuanya melibatkan motor. Dalam dua bulan ini aja anggota keluarga gw mengalami kecelakaan2 lalu lintas:
1. Adik ipar gw dua kali tabrakan pas mengendarai motor, sekarang masih bengkak2 tuh.
2. Adik bungsu gw tabrakan beruntun di Simpang Dago, dan korban paling parah adalah pengendara motor yang motornya masuk ke kolong mobil.
3. Adik ipar gw satu lagi alhamdulillah selamat dari kecelakaan fatal di Ciamis mengingat mobilnya ancur. Padahal mobilnya lagi diem tenang nunggu antrian macet waktu tiba2 ada mobil boks melayang menghantam mobilnya. Ternyata mobil boks itu tabrakan sama motor, dan ngebanting diri sedemikian rupa.






<< Home |

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]